Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Sukses Usaha Laundry, 7 Tips Untung Bisnis Laundry !

Tertarik jalankan bisnis laundry? Untung dari bisnis laundry lumayan besar. Perlu cara yang tepat agar usaha laundry semakin berkembang dan maju. 

Tips menjalankan bisnis laundry perlu dipahami dengan baik. Setiap usaha perlu memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen. 

Salah satu hal yang berpengaruh terhadap kemajuan usaha ialah strategi bisnis yang baik. Bisnis laundry mengandalkan jasa, tapi tetap utamakan pelayanannya. 

Salah satu tips sukses agar untung dari usaha laundry. Coba pertimbangkan trik berikut.

1. Pilih lokasi strategis

Apapun bisnisnya, memilih lokasi usaha sangat mempengaruhi keberhasilan, termasuk saat akan membuka usaha laundry. Lokasi yang tepat lebih mudah mendapatkan pelanggan.

Tentukan lokasi tepat sasaran, contohnya di sekitaran kampus, sekitaran perumahan, perkantoran, dan jalan raya. Tujuan supaya masyarakat sekitar mengetahui dengan mudah.

2. Pelayanan baik

Pelayanan yang maksimal terhadap pelanggan akan berdampak terhadap kemajuan usaha. Seperti tepat waktu dalam pengerjaan, dan ramah. 

Pelayanan kepada konsumen sering kali dianggap sepele. Padahal dampaknya sangat besar dalam mendapatkan pelanggan yang lebih banyak. Ingat, ramah, sopan dan santun kepada konsumen sangat penting !

3. Harga standar

Harga juga menentukan kelancaran bisnis laundry. Harga yang relatif murah salah satu strategi dalam bisnis, tak terkecuali bisnis laundry. Hindari memberikan harga standar secara umum. 

Jika mampu lebih murah, mengapa tidak ! Tentukan rincian keuntungannya. Untung sedikit ramai pelanggan, lebih baik daripada untung besar tapi sepi dan gulung tikar. 

Lihat juga sasarannya apabila mahasiswa maka cukup berikan harga yang relatif murah. Jangan sampai membuat harga lebih mahal. Usaha laundry bisa langsung tak berpelanggan !.

4. Berikan garansi

Memberikan garansi kepada konsumen jangan terlewatkan. Berikan  keterangan, apabila pakaian yang hilang akan segera diganti berupa uang atau dibelikan yang baru. 

Tinggal ikuti keinginan konsumen. Aturan tersebut tidak masalah jika dibuat himbauan di nota pembayaran atau di tempel di dinding toko. Tujuannya sebagai pengingat kepada konsumen yang memakai jasa laundry anda.

5. Bersaing sehat

Strategi sukses bisnis laundry lainnya ialah bersaing secara sehat. Pastinya setiap usaha tentu ada kompetitor. Maka bersainglah dengan baik. Tunjukan bahwa profesionalisme dalam bisnis mesti di jalankan.

Hilangkan iri dan dengki dalam bisnis. Jangan sampai penyakit hati mengakar dalam diri, karena akan merugikan diri sendiri. Maka jika ingin berbisnis maka bersabarlah dengan kompetitor, apabila lokasi laundry anda berdekatan. 

6. Buat poster

Poster sangat penting, berisi petunjuk harga jasa laundry dari berbagai jenis pakaian. Sampaikan keterangan, yang diperuntukan khusus pada pelanggan. Misalnya pelanggan yang sudah 5x laundry, diberikan 1x gratis tanpa bayar. 

Buatlah pengumuman pada poster yang unik. Jangan lupa, buat strategi sistem jemput bola Kepada konsumen dengan  mencantumkan kontak person yang jelas. ataupun kontak person yang dapat 

7. Cucian bersih tak hanya wangi !

Selain itu, berikan hasil cucian yang bersih, tidak hanya wangi. Hindari pencucian yang sepele dengan cara memperbanyak pengharum pakaian tapi mencucinya tidak maksimal.

Cara menjalankan usaha laundry tersebut dapat dicoba untuk menerapkannya di usaha yang akan di jalankan. Strategi bisnis laundry yang baik akan menghasilkan keuntungan yang terus meningkat. 

Jadi, dalam pikiran setiap konsumen yang memakai jasa laundry, merasa nyaman dan puas terhadap profesional dalam bisnis laundry yang anda jalankan. Jangan sekali-kali mengecewakan pelanggan.