Kelebihan dan Modal Usaha Pangkalan Pasir Bagi Pemula !

Pangkalan pasir adalah usaha yang menyediakan jasa jual beli pasir untuk bahan bangunan. Memilih usaha pangkalan pasir ternyata memiliki kelebihan yang dapat menghasilkan pemasukan besar. 

Bagi pemula sebaiknya mengenali dan mempersiapkan lebih detail terkait kebutuhan operasional yang akan di jalankan. Menjalankan usaha pangkalan pasir bagi pemula memang di rintis lebih awal supaya mendapatkan konsumen secara perlahan. Untuk pemula menjalankan usaha pangkalan pasir mesti mempersiapkan modal yang cukup supaya perlengkapannya dapat terpenuhi. Tertarik usaha pangkalan pasir? Simak kelebihan dan modal awal bagi pemula.

Kelebihan Usaha Pangkalan Pasir

Kelebihan bisnis pangkalan pasir ialah mampu menghasilkan omzet yang besar, diantaranya;
  • Perkembangan dan kebutuhan pasar yang luas
  • Usaha yang awet dan jangka panjang
  • Mempunyai target pasar yang jelas
  • Tidak mengenal daerah karena pasti di butuhkan
  • Pemesanan dalam jumlah yang sangat fantastis
  • Dapat dijalankan perorangan maupun tim
  • Kerugian akibat adanya kesalahan dapat diminimalisir
  • Salah satu investasi yang menguntungkan.

Bisnis pangkalan pasir tentu banyak di cari oleh masyarakat. Kebutuhan akan bangunan saat ini kian meningkat. Maka usaha pangkalan pasir adalah peluang usaha yang tepat untuk di jalankan degan baik. Namun perlu mempertimbangkan modal untuk menjalankannya.

Modal Usaha Pangkalan Pasir Bagi Pemula

Modal awal menjalankan usaha pangkalan pasir bagi pemula menyesuaikan tempat yang strategis agar lebih mudah menjalankannya. Apa saja perlengkapan memulai usaha pangkalan pasir bagi pemula, ? Berikut informasinya:

1. Lokasi 

Lokasi sangat berpengaruh terhadap jalannya usaha pangkalan pasir. Lokasi pangkalan pasir dapat di sewa secara tahunan di kisaran 15-20 juta/tahun. Namun harga sewa bersifat kondisional dan tergantung nego masing-masing dari pemilik tanah. 

2. Peralatan Operasional

Peralatan operasional perlu di persiapkan, mulai dari mesin penyedot, kendaraan yang mumpuni misalnya truk, kendaraan mobil sesuai kapasitas muatan. Peralatan akan sangat berpengaruh dalam menjalankan usaha pangkalan pasir khususnya pemula.

Berikut rincian perkiraan modal peralatan/ perlengkapan usaha pangkalan pasir bagi pemula:
  • 1 Unit excavator : Rp.300.000.000
  • 1 Unit stone crusher dengan genset : 150.000.000
  • 1 unit Dump Truk : Rp.100.000.000
  • 2 Unit saringan pasir manual (saringan dinding): Rp.500.000
Maka, total biaya modal di luar biaya operasional dan perawatan lainnya ialah Rp.550.500.000. angka ini hanya bersifat perkiraan, untuk besaran modal dapat di sesuaikan pada modal awal secara bertahap.

3. Pengalaman

Pengalaman yang di maksud adalah mengetahui sistem usaha pangkalan pasir, penjualan, dan management pemasarannya. Untuk pemula setidaknya sudah pernah bekerja dan mengerti dalam hal penangkalan pasir.

4. Izin Usaha

Izin usaha perlu dilakukan supaya bisnis pangkalan pasir legal. Jika tidak ada izin usaha maka dapat tersandung kasus hukum bagi penambangan ilegal. Izin usaha kepada pemerintah harus jelas.

Dalam membuka usaha pangkalan pasir perlu mempertimbangkan segala kebutuhannya. Memahami kelebihan dan modal persiapannya adalah hal utama sebelum memutuskan untuk memulai. Sejauh ini kelemahan usaha pangkalan pasir adalah modal yang diperlukan lumayan besar dan bahan material pasir yang sulit di dapatkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel