Resiko Usaha Pangkalan Pasir Bikin Rugi !

Bisnis pangkalan pasir merupakan usaha di bidang jasa yang menguntungkan. Namun sebelum membuka dan menjalankan usaha tersebut perlu pertimbangan dan legalitas yang lengkap. Jika tidak sesuai dengan aturannya maka besar kemungkinan akan menjadi resiko yang lebih besar.

Kemudian jika terjadi kesalahan yang tidak sesuai dalam perjanjian kepada pihak yang telah menjalin kerjasama dalam hal pengelolaan maka akan sangat beresiko kerugian hingga bencana. Membuka usaha pangkalan pasir memang tidak mudah. Maka perlu persiapan yang matang. Mulai dari modal dan kelengkapan legalitas yang resmi agar dalam menjalankan usaha tidak mendapatkan masalah dalam hal perizinannya.

Berikut usaha pangkalan pasir untuk pemula, yang mesti di pelajari. Diantaranya terkait dengan;

Hukum Mengambil Pasir di Sungai

Resiko menjalankan usaha pangkalan pasir perlu memperhatikan tempat pasir yang akan dijadikan sumber utama dalam mengelola usaha. Apabila dalam membangun usaha pangkalan pasir tidak terdapat izin yang resmi maka menjadi pelanggaran. 

Misalnya dalam mengambil pasir di sungai yang berdekatan dengan pemukiman warga yang mesti di pertimbangkan. Artinya tidak dapat seenaknya dalam mengambil tanpa surat izin resmi dari pemerintah daerah, aparat desa, dan warga setempat. 

Sanksi Tambang Pasir Ilegal

Membangun usaha pangkalan pasir memang harus jelas secar legalitas karena sudah di atur dalam undang-undang dalam bidang pertambangan. 

Sanksi usaha pangkalan pasir yang tidak resmi/menyalahi aturan ialah sanksi berupa penjara dan denda yang bersifat tegas dan berlaku pada praktik mahkamah konsitusi RI. 

Sehingga ancaman bagi usaha pangkalan pasir yang ilegal tidak dapat di remehkan atau di sepelekan karena menyangkut kerusakan ekosistem. 

Jika hal tersebut terjadi yang akan merusak lingkungan hidup maka aturan dalam penegakan hukum sesuai undang-undang tidak dapat di ganggu gugat. 

Penyesuaian Harga

Setelah mengetahui hukum dan sanksi yang diberlakukan kepada pemilik usaha pangkalan pasir, terdapat resiko lain saat mengembangkan dan menjalankan usaha seperti harga pasarannya.

Usaha pangkalan pasir memang memiliki persaingan yang lumayan. Perlu memperhatikan harga jual kepada konsumen agar usaha pangkalan pasir mendapatkan pelanggan. Maka pastikan harga yang sesuai supaya menghasilkan keuntungan yang berlipat.

Lokasi Pangkalan Pasir

Lokasi usaha pangkalan pasir sangat menentukan. Pentingnya memilih usaha pangkalan pasir yang tepat penting dilakukan. Supaya usaha tersebut dapat berjalan lancar maka pilih lokasi usaha yang tepat. 

Misalnya memilih di pinggir jalan raya, dan mudah di akses oleh kendaraan roda empat maupun kendaraan truk. Hal ini bertujuan supaya dalam menjual kepada konsumen akan lebih mudah. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel