Pengertian Fintech, Jenis dan Manfaatnya !

Perkembangan teknologi banyak menghadirkan berbagai jenis transaksi secara online. Salah satunya kehadiran Fintech yang memberikan sistem kemudahan layanan transaksi, pinjaman dana tanpa jaminan, dan mudah dicairkan dengan serba online. 

Kemudahan menggunakan Fintech sebagai manfaat yang akan diraskan oleh masyarakat. Ini dikarenakan semua proses transaksi dilakukan hanya dengan menggunakan Smartphone.

Pengertian Fintech

Fintech kepanjangan dari Financial Technology merupakan peranakan dalam sektor ekonomi dengan bantuan teknologi. Sedangkan menurut Bank Indonesia, Fintech adalah suatu inovasi di bidang finansial yang telah mengkonversi pengembangan model bisnis yang lebih moderat.

Fintech memiliki konsep dalam mengkombinasikan sistem keuangan yang dikembangkan dalam teknologi modern sesuai perkembangan zaman yang dapat menjadikan transaksi keuangan lebih praktis, aman dan efesien. 
Fintech bukan hanya melayani bidang pembayaran namun telah menjangkau  berbagai sektor bisnis transaksi finansial di bidang jual beli saham.

Fintech dapat menjadi solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan financial kehidupan sehari-hari yang dapat membawa kemudahan bertransaksi, seperti transfer, pembayaran, dan lainnya.

4 Jenis Inovasi Dalam Fintech

Menurut Financial Stability Board (FSB), Fintech dikelompokan dalam 4 jenis sesuai inovasinya sebagai berikut;

1. Payment, Clearing dan Sttlement, karena fintech dapat melayani sistem transaksi yang diselenggarakan Industri perbankan, termasuk pada Bank Indoensia. Meliput, Bank Indonesia Real Time Gross Settlment (BI-RTGS), sistem kliring nasional BI (SKNBI), dan BI scripless securities settlement system (BI-SSSS). Hal ini dapat dilihat pada, Doku, kartuku, Finnet dan Xendit.

2. E-aggregator, karena fintech mampu mengumpulkan dan mengolah data dengan baik oleh konsumen yang memanfaatkannya. Tujuannya adalah untuk membantu mengambil keputusan. 

Startup dibidang Fintech mampu memberikan perbandingan produk yang tersedia, meliputi harga, dan manfaat fiturnya. Sebagai contoh Cekaja, Cermati, KreditGogo dan Tunaiku.

3. Manajemen resiko dan investasi yang dapat memberikan layanan, seperti Robo Advisor. Perangkat lunak ini dapat memberikan layanan perencanaan keuangan, platform e-trading dan e-insurance. Sebagai contoh; Cekpremi, Rajapremi dan Bareksa.

4. Peer To Peer Lending (P2P), yang dapat mempertemukan antara pemberi pinjaman. Mulai dari investor ke pencari pinjaman dalam satu platform. Dimana para Investor nantinya akan memperoleh bunga dari hasil yang dipinjamkan. 

Sebagai contoh; pinjaman secara online yang dapat dicairkan. Pinjaman tersebut dapat dicairkan dengan modal KTP tanpa jaminan, yang dapat diperoleh dari P2P yang sudah tersedia dengan banyak.

Manfaat Fintech Dalam Keuangan Masyarakat

Belakangan ini, berkat peluang pasar yang cukup besar maka Fintech terus berkembang pesat yang dapat memberikan peran penting dalam kehidupan sehari-hari yang akan mempermudah segala macam transaksi pada kebutuhan.

Manfaat Fintech dalam keuangan digital sehari-hari begitu terasa. Berikut manfaat Fintech:
  1. Fintech mampu memberikan solusi bagi masyarakat yang tidak memiliki akun Bank dan tetap mempermudah aspek transaksi.
  2. Memberikan solusi bagi masyarakat yang tidak memiliki jaminan dalam pinjaman.
  3. Fintech sebagai alternatif  untuk mendapatkan layanan jasa keuangan bagi masyarakat.
  4. Layanan Fintech lebih mudah dan praktis untuk memenuhi kebutuhan.
  5. Produk pada Fintech menawarkan pinjaman online dengan cicilan mulai dari 6-12 bulan.
  6. Tidak memberatkan dan menyulitkan konsumen karena sistem pinjaman non Bank.
  7. Menawarkan pinjaman secara online yang dapat dicicil tanpa jaminan.
Kehadiran Fintech memberikan kemudahan bagi masyarakat kedepannya. Perkembangan Fintech akan merambah diberbagai fitur layanan transaksi secara online meliputi pinjaman, dan pembayaran yang lebih mudah. 

Sehingga masyarakat dapat memperoleh modal untuk berbisnis dari pinjaman yang dapat diterima tanpa memberikan jaminan. 
Menggunakan Fintech akan terasa manfaatnya. Mudah dan cepat dalam segala prosesnya. Inilah manfaat yang akan didapatkan oleh masyarakat dalam menggunakan Fintech dalam keuangan digital masyarakat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel