5 Usaha di Pengunungan Yang Melimpah !

Kondisi tempat bukan menjadi alasana untuk berbisnis. Bagi yang memiliki jiwa usaha, tempat bukan menjadi alasan untuk tidak berusaha. Sehingga tidak perlu mempermasalahkan kondisi tempat agar dapat memperoleh penghasilan. Banyak peluang usaha yang dapat dijalankan baik di kota dan daerah pegunungan. 
Desa sekilas tidak layak untuk dijadikan tempat usaha. Paradigma ini adalah hal yang keliru. Faktanya di daerah pegunungann, menyimpan potensi bisnis yang luar biasa karena tersedianya sumber daya alam yang banyak.

Peluang Bisnis di Pegunungan yang Menguntungkan

Peluang bisnis di desa khususnya didaerah pegunungan sangat banyak  Memang tidak semua jenis usaha bisa dilakukan di desa tapi ini bukan jadi alasan untuk tidak berbisnis walaupun tinggal dipedesaan. 

Terdapat banyak peluang bisnis yang dapat dijalankan untuk lebih jelas perhatikan peluang usaha dipegunungan berikut ini;


1. Usaha Madu hutan

Usaha madu hutan banyak yang tidak memanfatkannya sebagai bisnis.
Madu adalah produk dari alam yang dihasilkan oleh lebah yang kaya manfaat dsn tersedia di hutan pegunungan.
Manfaat dan khasiat madu hutan sangat beragam. 

Madu yang dihasilkan lebah dapat dijadikan bisnis. Produk alami banyak diminati oleh masyarakat. Walaupun dipegunungan dapat tetap berbisnis dengan menjual madu hutan. Harga madu hutan asli tanpa campuran dipasaran cukup mahal, sehingga sangat menguntungkan.

2. Usaha Gula aren

Bisnis Gula Merah adalah usaha yang cocok walaupun dipegunungan yang makin menjanjikan. Gula aren sebagai pemanis alami yang banyak digemari. Gula aren dihasilakan dari pohon aren yang tumbuh dipegunungan. Sehingga sangat layak dijadikan usaha.

Hasil produksi gula aren dapat dijual kepada masyarakat. Salah satu keuntungannya adalah tidak perlu repot dalam memasarkan. Sebab, ketika masyarakat sudah mengetahui ketersedian gula aren akan langsung datang kelokasi. Jadi walaupun di pegunungan konsumen akan memborong gula aren untuk mereka jual kembali.

3. Berkebun sayur Organik

Contoh usaha di desa pegunungan berpotensi ialah usaha sayuran organik. Belakangan ini, masyarakat modern mulai menyadari bahwa pentingnya mengkonsumsi makanan organik. 

Membuka usaha sayuran langsung dengan melalui proses penanaman akan tumbuh subur. Selain untuk dkonsumsi juga dipasarkan kepada pengecer. Kondis tempat tinggal dipengunungan bukan jadi alasan untuk tidak bisnis, dengan menanam sayuran sudah termasuk bisnis dipegunungan yang tepat.

Tidsk perlu khawatir dalam pemasaran karena masyarakat yang membutuhkan akan datang langsung bahkan pengecer sekalipun. Sayur organik akan terus dibutuhkan masyarakat. Seiring pentingnya mengkonsumsi sayauran organik untuk kesehatan tubuh.

4. Usaha mebel

Mebel merupakan kebutuhan sekunder yanh dapat dijalankan baik didesa maupun perkotaan. Usaha mebel sangat cocok dilakukan walaupun kondisinya dipegunungan. Kebutuhan bahan membel juga mudah didapatkan dari kayu yang tumbuh subur di pegunungan tersebut. 

Kebutuhan akan yang mebel berkualitas hasil produksi kayu langsung dari pegunungan terus meningkat dan harga jelas berbeda dari kayu biasanhya. Usaha mebel akan lebih menguntungkan bila dilakukan di pedesaan karena dapat memasarkan bagian kerangka, bahan kayu diberbagai daerah. 

Kemudian menajalankan usaha mebel di pegunungan tidak perlu biaya mahal. Mulai dari tenaga kerja yang dapat digaji dengan harga standar dan murah karena bahan baku yang murah dari pegunungan sekitar tempat tinggal.

Usaha di pegunungan seperti mebel sangat tepat karena pemasukan akan didapat cukup besar. Bahkan dapat dijadikan usaha yang besar dengan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat. Usaha mebel dipedesaan akan lebih mudah dalam memproduksi dan menjual hasil produksi mebel hingga menjangkau kota dengan harga yang relatif tinggi.

5. Usaha ternak

Bingung mengenai usaha apa yang cocok dijalankan di pegunungan. Jangan khawatir, silahkan tekuni usaha dibidang ternak. 
Di desa maupun daerah pegununhan yang jauh dari keramaian memiliki peluang usaha yang melimpah dan menyimpan banyak potensi yang perlu dimanfaatkan.

Memilih usaha ternak dipedesaan dengan membuka lahan ternak dipegunungan jauh lebih berhasil ketimbang usaha ternak dikota. Kondisi lahan kandang dan pakan ternak tidak perlu mengeluarkan banyak biaya karen tersedia disekitarnya.

Usaha peternakan dapat dijadikan bisnis dipegunungan ialah ternak ayam potong, ayam petelur, sapi, kambing, ayam kampung dan ternak ikan. Cara beternak dipegunungan dengan menggunakan metode yang modern melalui internet, buku, dan lainnya supaya cepat menghasilkan penghasilan besar.

Kondisi pegunungan dan suasana yang berbeda dari perkotaan menyimpan potensi bisnis yang luar biasa. Tergantung kemauan untuk mengambil peluang tersebut. Usaha dipegunungan sangat melimpah, dengan memafaatkan hasil tumbuhan hutan seperti pohon aren, madu yang dihasilkan lebah dan lainnya. 

Oleh karena itu, usaha dipegunungan dapat menggunkan modal berupa uang, bahkan tidak menggunakan modal uang. Itulah peluang usaha di desa pegunungan yang bisa mendatangkan keuntungan tanpa harus bingung untuk mencari usaha lainnya.















Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel