Resiko Usaha Mebel Wajib Diketahui !

Usaha mebel merupakan peluang bisnis yang dapat ditekuni dengan baik. Mebel sebagai bahan perlengkapan untuk membuat kursi, meja, lemari, dan lainnya. Bisnis membel cukup menjanjikan.

Keuntungan usaha mebel sebanding dengan modal yang dijalankan. Potensi bisnis mebel terbilang besar, unit price nya diperkirakan di atas 1 juta rupiah, dengan margin 10%. Artinya keuntungan usaha mebel dapat diperkirakan Rp100.000 sampai puluhan juta. Lalu apa kendala usaha mebel yang menjadi resiko dalam menjalannya?

Misalnya mengenai modal membuka usaha dan biaya perawatan yang mesti diperhatikan. Karena ketika resiko mebel dapat diketahui guna menjalankan usahanya dengan baik dan meminimalisir kerugian. Berikut beberapa resiko usaha mebel yang wajib diketahui:

1. Jenis Kayu

Resiko usaha mebel ialah pemilihan jenis kayu yang tepat. Jika menggunakan kayu semabrang tentu kualitas kurang baik yang akan akan membuat hasil produksi mebel anda cepat rusak. Kayu untuk hebel usahakan memilih yang berkualitas agar mencegah kendala lainnya.

2. Penjualan Lama

Kendala usaha mebel tergolong lama karena proses pemasaran yang harus menunggu konsumen yang memesan dan harus memiliki sistem penjualan yang tepat. Supaya dapat menjual hasil produksi mebel dengan konsisten. 

3. Modal

Resiko usaha mebel juga terdapat pada modal. Modal menjalankan usaha mebel tidaklah sedikit karena bahan untuk menyuplai cukup besar. Ketika memilih usaha mebel maka modal untuk perlengkapan kayu dan karyawan mesti disiapkan.

4. Sewa Lokasi

Lokasi sewa juga diperhatikan, agar tak jadi kendal. Jika memilih sembarangan tempat  akan berpengaruh terhadap jalannya usaha mebel. Inilah salah satu resiko yang perlu dihindari. Carilah lokasi yang strategis, misalnya dekat jalan raya, atau tempat yang ramai penduduk. 

5. Pemasaran Mebel

Memasarkan hasil produksi mebel butuh cara yang bagus. Misalnya menjalin kerjasama, promosi iklan di media massa, dan membuat situs/media sosial khusus. Sehingga mudah dikenali dan dijangkau oleh pembeli.

6. Karyawan Kreatif

Resiko kemajuan bisnis mebel mempengaruhi hasil produksi yang dihasilkan. Usahakan memilih karyawan yang berpengalaman supaya menghasilkan produk mebel yang berkualitas. Salah memilih karyawan akan berdampak pada kemajuan bisnis yang dijalankan.

Analisis peluang usaha mebel memang dapat dijadikan usaha prioritas. Namun konsep mebel berbeda dari usaha pada umumnya. Paling penting adalah melihat kondisi pasar disekitar lokasi tempat yang dipilih. Supaya resiko bisnis mebel yang merugikan dapat diatasi dengan sistem yang tepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel