Modal Awal Usaha Tanaman Hias Bagi Pemula

Hobi menanam tanaman hias sangat bermanfaat. Tanaman hias banyak dibutuhkan konsumen mulai dari ukuran tanaman kecil, sedang, dan besar. Memulai usaha tanaman hias membutuhkan modal yang tidak sedikit. Tapi usaha ini sangat menjanjikan karena dibutuhkan untuk menghiasi pekarangan rumah, maupun instansi.

Modal awal usaha tanaman hias tak perlu langsung besar khususnya bagi pemula. Secara bertahap dengan modal seadanya juga bisa menjalankan usaha tanaman hias yang menghasilkan.

Modal Usaha Tanaman Hias Untuk Pemula

Bagi pemula besaran modal awal menekuni usaha tanaman hias disesuaikan dengan modal kecil saja. Kemudian memahami apasaja kebutuhan yang harus disiapkan. Nah, untuk memberikan refrensi tersebut, simak modal awal usaha tanaman hias bagi pemula berikut ini:

1. Memahami jenis tanaman hias

Sebelum memutuskan untuk memulai usaha tanaman hias, perlu anda anda pahami lebih awal jenis tanaman hias yang cepat laku dipasaran. Kemudian berbagai macam tanaman hias dan cara merawatnya juga penting diketahui dan dipelajari lebih awal. Supaya tidak buang-buang waktu, tenang, dan modal dalam membangun bisnis tanaman hias yang dijalankan.

2. Menentukan Lokasi

Lokasi sangat mempengaruhi kemajuan dan kelancaran dalam menjalankan usaha tanaman hias. Lokasi sebagai modal awal bagi pemula agar lebih fokus mengembangkannya untuk kedepan. Lokasi yang dipilih usahakan berada dekat atau dipinggiran jalan lalu lintas kendaraan.

Ini bertujuan supaya para konsumen mudah menjangkau lokasi yang nampak di jalan. Jika lokasinya jauh dari keramaian, dan jauh dari jalan raya maka usaha tanaman hias akan sulit berkembang. 

3. Keamanan Lokasi

Tanaman hias pasti menarik perhatian banyak orang. Jangan sampai tanaman hias dilokasi usaha tidak ada keamanan untuk menghindari pencurian dan gangguan dari hewan yang akan merusaknya. Tanaman hias harus dirawat agar tidak terjadi sentuhan benda lain yang akan merusak tangkai, batang, daun, bunga, akar, dan pot bunga. 

Untuk usaha pemula, maka selau memperhatikan dan merawat tanaman hias tersebut dengan baik agar tumbuh subur secara sempurna. Namun apabila usaha tanaman hias sudah menghasilkan dan berkembang dengan maju maka jangan sungkan untuk menyewa jasa keamanan. Supaya usaha anda terus berkembang dan terus menghasilkan.

4. Modal bibit

Modal lain bisnis tanaman hias untuk pemula ialah bibit tanaman. Membeli bibit tidak perlu banyak dalam satu jenis tanaman. Lebih baik membeli dengan banyak jenis bibit tanaman hias. Supaya sambil menunggu bibit tanaman tumbuh, secara bertahap akan menghasilkan banyak jenis tanaman. 

Bibit tanaman hias memiliki harga yang beragam tergantung ukuran tanaman dan jenisnya. Maka carilah tanaman dengan ukuran yang kecil atau membeli dari biji supaya meringankan modal. Bisnis tanaman hias tidak bisa instan dan memaksakan modal langsung besar, khusus pemula awali secara kecil-kecilan dengan modal seadanya.

5. Modal untuk promosi

Promosi bisnis tanaman hias dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan sustem berbayar atau gratis. Langsung berbayar misalnya dengan membuat poster atau benner yang menerangkan usaha anda, iklan di media massa, dan bergabung dalam pameran komunitas tertentu. Untuk promosi gratis bisa menggunakan media sosial pribadi dan memberitahukan kepada orang-orang terdekat. 

6. Perlengkapan

Modal awal bisnis tanaman hias lainnya ialah perlengkapan seperti pot bunga, biaya perawatan pupuk, air, selang, dan lainnya. Biaya ini duluar modal untuk membeli bibit tanaman. Maka modal awal usaha tanaman hias perlu dipersiapkan dengan baik. 

Bagi pemula memahami strategi marketing dalam memasarkan usaha tanaman hias juga penting. Supaya saat menjalankannya tidak hanya menunggu pembeli datang. Tepi bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan/instansi agar mereka membeli tanaman hias dengan anda. 

Modal awal usaha tanaman hias memang tidak sedikit. Tapi usaha ini cukup menjanjikan dan layak ditekuni dengan baik agar mendapatkan penghasilan yang maksimal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel