Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchisee

Tidak sedikit masyarakat mengetahui kelebihan dan kekurangan saat memilih suatu bisnis. Selain modal yang dibutuhkan perlunya memiliki konsep manajemen usaha yang tepat, seperti ide bisnis, strategi marketing, sumber daya, dan menentukan pangsa pasar.

Sehingga bisnis franchisee dapat dijadikan usaha alternatif bagi masyarakat. Bisnis franchisee adalah jenis bisnis antara franchisor (Pemilik Brand) yang memberikan hak atas usahanya termasuk menggunakan brand sesuai kesepakatan. Adapun franchisee merupakan istilah asing dari waralaba. Bisnis franchisee tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tak ubahnya seperti usaha pada umumnya.

Kelebihan Bisnis Franchisee

Melalui sistem waralaba pemilik modal dapat menjalankan usaha franchisor dengan brand yang tersedia. Akan tetapi dalam menentukan sebuah bisnis terdapat banyak resiko baik jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang. 

Sehingga pelaku bisnis dituntut untuk memahami kelebihan dan kekurangan bisnis franchisee agar dapat diantisipasi dengan baik. Adapun kelebihan bisnis franchisee sebagai berikut:

a. Brand sudah terkenal

Brand yang sudah terkenal dapat dijadikan sebagai mitra usaha agar lebih mudah menjalankannya. Memilih brand tidak sembarangan, yang pasti perlu disesuaikan dengan produk yang akan dipasarkan.

b. Pangsa pasar lebih luas

Bisnis dibidang Franchisee memiliki kelebihan lain salah satunya pangsa pasar yang lebih luas. Artinya lebih mudah untuk memasarkan produk usaha karena sudah jelas dengan pasarannya.

c. Peralatan, perlengkapan, dan bahan baku disediakan franchisor

Kelebihan usaha franchisee ialah dari segi material produk yang akan dipasarkan disediakan oleh franchisor. Misalnya segala peralatan dan bahan untuk kebutuhan suatu usahanya.

d. Manajemen keuangan telah tersistem

Bisnis franchisee memiliki manajemen keuangan yang sudah tersistem. Sehingga bagi pelaku usaha franchisee kedepan dapat lebih mudah mengelola keuangan baik jumlah pengeluaran, pendapatan, dan keuntungan dari penjualan.

e. Pembimbingan dan pelatihan oleh franchisor

Para pelaku bisnis franchisee akan mendapatkan pembinaan dan pelatihan sesuai pengalaman dari frachisor untuk persiapan para pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya. Ketika bisnis franchisee telah mulai, maka konsep dan strategi pemasaran tinggal saling memakai agar meraih keuntungan.

f. Memiliki peluang sukses yang lebih cepat

Kelebihan usaha franchisee lainnya ialah memiliki pelung cukup besar dalam meraih keberhasilan. Kesuksesan bisnis franchisee tak lepas dari pemahaman konsep bisnis yang telah dipelajari sebelumnya dengan frachisor. Kolaborasi produk bisnis yang dipasarkan akan sejalan dengan penerapan penjualannya.

Kelemahan Bisnis Franchisee

Selain kelebihan bisnis franchise, juga memiliki kelemahannya. Namun ketika sudah memahami konsep bisnis yang matang, memahami kelemahan atau resiko suatu usaha tidak dapat dijadikan alasan untuk tidak menjalankan suatu bisnis dengan baik. 

Agar dapat meminimalisir terjadinya kesalahan menjalankan bisnis franchisee maka simak kelemahannya berikut ini:

a. Kemungkinan kecil pemilik modal dapat menginovasi produk

b. Tidak bisa membeli bahan baku dengan harga lebih murah pada franchisor lain

c. Apabila franchisee lain bermasalah akan berdampak pada semua franchisee terkait

d. Pemilik modal tidak sepenuhnya memiliki kendali atas usahanya

e. Para konsumen terjebak dalam tren pasar yang kian berubah dengan inovasi baru.

Jika dilihat dari kelemahan bisnis dibidang franchisee tentu berpeluang besar untuk memilih dan menjalankan usahanya. Sebab, semua sistem sudah termanajemen dengan baik. Sehingga tak perlu khawatir dengan resikonya. 

5 Cara Sukses Menjalankan Bisnis Franchisee

Bagaimana strategi menjalankan bisnis dibidang franchise? Kesuksesan suatu bisnis tak lepas dari produk yang dipasarkan, sistem pelayanan, dan manajemen keuangan. Berikut ulasannya berikut ini:

- Produk Bisnis

Memilih bisnis franchise harus tepat sasaran. Ketika produk usaha yang dipilih sesuai kebutuhan pasar maka bisnis franchisee tersebut akan lebih mudah dalam berkembang. Karena banyak dibutukan oleh konsumen.

- Harga Terjangkau

Harga satuan produk bisnis dibidang franchise harus terjangkau disemua kalangan. Baik sasaran untuk orang tua, dewasa, dan anak-anak. Persaingan harga dapat jadi alasan kemajuan atau kemunduran suatu bisnis yang dijalankan.

- Pelayanan

Pelayanan yang tepat adalah salah satu kunci keberhasilan dalam bisnis. Keramahan dan kecepatan baik dalam penyajian dan interaksi dengan konsumen sangat berpengaruh. Itulah pentingnya melayani dengan tepat dan cepat agar konsumen datang menjadi pelanggan setia anda.

- Penentuan Lokasi

Lokasi suatu usaha memiliki pengaruh terhadap ramainya konsumen dan pendapatan yang akan diraih. Lokasi yang kurang strategis tentu akan sepi. Maka jika sudah memilih untuk menjalankan bisnis dibidang apasaja khususnya franchisee akan menentukan segala kemajuannya.

- Pengelolaan

Pengelolaan managemen keuangan dan perputaran modal perlu di perhatikan. Supaya bisnis dapat berjalan lancar. Ramainya konsumen tak menjadi jaminan kesuksesan dalam bisnis kecuali didukung pengelolaan keuangan yang tepat. 

Bagaimana apakah tertarik bisnis dibidang franchisee? Jika iya, maka anda telah satu langkah meraih keberhasilan. Kuncinya yakin dengan kemampuan bisnis, dan jalankan dengan konsep yang menarik. 

Walaupun setiap bisnis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tapi jika dijalankan dengan baik akan ada harapan untuk lebih maju. Fokus dan buatlah ide bisnis semenarik mungkin termasuk dalam menjalankan bisnis franchisee. 

Dengan memahami kelebihan dan kekurangan bisnis franchisee, pelaku bisnis dapat mempertimbangkan secara matang keputusan yang akan dipilih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel