4 Cara Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Yang Tangguh

Berwirausaha adalah salah satu pintu rezeki. Namun tidak semua orang sukses dalam berwirausaha, walaupun sebagian mereka beranggapan berwirausaha sangat mudah karena memiliki modal yang cukup. Hal itu tidak 100% benar. Agar sukses dalam berwirausaha, hal mendasar yang harus dimiliki yakni menumbuhkan jiwa wirausaha agar lebih tangguh.

Menumbuhkan usaha dalam diri yang tangguh tidaklah dengan instan. Artinya butuh cara dan strategi pembelajaran dalam bisnis agar mampu berhasil. Cara menumbuhkan jiwa wirausaha butuh waktu, yang konsisten dipelajari dan dipraktekan secara langsung.

Cara menumbuhkan jiwa wirausaha agar lebih taangguh dapat kita rumuskan sebagai berikut:

1. Niat dan kegigihan

Niat adalah kunci utama untuk bisa menumbuhkan jiwa wirausaha yang tangguh. Niat yang lurus serta diiringi kegigihan maka akan membuat diri kita siap untuk menghadapi segala rintangan yang akan dihadapi dalam menjalankan berbagai macam usaha.

Sejatinya berwirausaha memiliki pasang surut dan halang rintang yang sangat tajam. Untuk itu kita harus berperan layaknya nahkoda kapal ditengah laut yang siap menghadapi hujan badai yang akan terjadi. Dengan demikian kita akan tetap kuat dalam segala hal dan semakin tangguh.

2. Bergabung dengan komunitas pengusaha

Tidak dapet dipungkiri bahwa lingkungan sangat menentukan dan berpengaruh besar terhadap pola pikir. Memiliki komunitas yang menanamkan visi dan misi yang sama akan menjadi pedoman untuk terus berkembang.

Belajar dari pengalaman rekan-rekan agar terus membangun mindset yang tangguh. Sehingga usaha yang dipilih akan tetap lancar karena susah terencana dengan baik.

3. Tumbuhkan kepekaan terhadap peluang bisnis

Setelah bergabung dengan komunitas pengusaha, maka kita akan terlatih untuk memiliki mindset wirausaha yang kuat. Disamping itu sedikit banyak kita akan belajar kepekaan terhadap peluang usaha dari mereka. 

Dengan demikian kepekaan terhadap peluang usaha akan semakin mantap tertanam didiri kita, dan hal ini lebih mempermudah kita dalam membaca segmentasi pasar serta mempercepat arus berwirausaha.

4. Membuat target dan planning usaha jangka panjang

Dengan memiliki target dan planning/rencana usaha jangka panjang, akan sangat memacu kita berfikir maju dan memberikan cambukan untuk terus berfikir kreatif dan inovatif sesuai perkembangan yang ada.

Dunia usaha memiliki persaingan yang kuat, jika tidak dibekali sejak awal, maka akan sulit untuk berkembang. Walaupun semuanya sudah ada ketentuan masing-masing.

Sebab, pengalaman secara teori dan praktek tentu harus sejalan dengan baik. Jangan sampai terjadi ketimpangan hingga membuat usaha yang kita bangun malah menurun.

Itulah beberapa cara untuk menumbuhkan jiwa wirausaha yang merupakan pondasi sukses tidaknya kita dalam berwirausaha. 

Lekas tumbuhkan jiwa berwirausaha dan segera action dalam dunia ekonomi yang nyata. Karena teori tanpa action sama halnya dengan memiliki banyak umpan namun tidak memancing. Semoga kita semakin maju dan sukses dunia akhirat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel