4 Kunci Sukses Bisnis Menurut Islam

Mendengar kata Bisnis sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, karena berbisnis/berniaga sudah ada sejak zaman Rasulullah. Menjalani usaha dibidang bisnis memang bukan perkara mudah. Artinya butuh mental, fokus, dan konsisten menjalankan.

Berbisnis adalah sebuah kewajiban seperti yang terdapat dalam QS. Al-Jumu'ah : 10 "Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu dimuka bumi, dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung".

Dalam ayat tersebut kita dianjurkan untuk mencari karunia Allah. Hal ini merupakan kewajiban, yang apabila dikerjakan mendapat pahala dan ketika ditinggalkan mendapat dosa.

Kunci Sukses Dalam Islam (Al-Qur'an)

Diketahui berbisnis hendaknya dilakukan dengan ikhlas semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT. Akan tetapi, dalam menjalankan bisnis perlu mengetahui bagaimana cara/kunci untuk menjadi pembisnis yang sukses. Disini kita akan membahas secara tuntas kunci sukses dalam berbisnis

Adapun 4 kunci sukses berbisnis dalam Islam sebagai berikut:

1. Memiliki landasan yang kuat

Dalam berbisnis landasan sebagai pondasi yang dibangun haruslah kuat. Misalnya pada mindset yang harus dibentuk tetap bernilai ibadah. Dengan demikian kita akan lebih berhati-hati dalam melangkah dan menjalankannya. Pentingnya strategi yang tepat sebelum memulai suatu bisnis harus diketahui, diantaranya:

a. Produk yang dibutuhkan konsumen

b. Memahami kompetitor guna peningkatan kualitas produk

c. meningkatkan promosi melalui "face to face" antar kelompok, brosur, dan promosi di media sosial. Tujuannya untuk memperluas target pasar yang ditujukan.

2. Jujur dan Amanah

Dunia bisnis memang sangatlah keras, baik dengan cara berlandaskan agama maupun sebaliknya. Tanpa kesadaran diri bisa saja menghalalkan berbagai cara. Sejatinya menjalankan suatu bisnis utamakam niat untuk ibadah, maka kita juga harus memiliki sikap jujur dan amanah, karena bisnis merupakan sumber kehidupan yang memiliki jangka waktu yang panjang bagi keberlangsungan hidup kita

3. Pengembangan sumber daya manusia secara maksimal

Keberlangsungan suatu bisnis dipengaruhi oleh sumber daya manusia (SDM), dan SDM merupakan ujung tombak berjalannya bisnis secara maksimal. Oleh karenanya pengembangan SDM sangatlah penting yang dapat dijalankan sebagai berikut:

a. Menjalin komunikasi yang baik

b. Membangun hubungan kerja yang sangat positif

c. Memahami kondisi karyawan

d. Mengambil keputusan terbaik demi meningkatkan kekeluargaan dan kenyamanan karyawan

e. Menjadi atasan yang baik (role model).

4. Bertanggung jawab

Tidak sedikit kita ketahui persoalan bisnis dapat memicu berbagai permasalahan. Sehingga kita dituntut untuk mampu bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan transaksi bisnis yang dijalankan, baik dalam produk, karyawan, partner bisnis, keuangan dan juga konsumen.

Dengan sikap tanggung jawab yang baik dalam mengelola dan menjankan bisnis, akan menciptakan keharmonisan dalam mengembangkannya lebih maju.

Itulah 4 kunci sukses dalam berbisnis yang kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai kesimpulannya bahwa:

a. Berbisnis haruslah diniatkan untuk beribadah karena semua hanya titipan dan bersifat sementara.

b. Jujur dan amanah dalam berbisnis pastilah mendatangkan berkah.

c. SDM merupakan ujung tombak berjalannya sebuah bisnis.

d. Tanggung jawab terhadap segala aktivitas bisnis dapat mengambangkan serta memperluas bisnis yang ada.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi amal jariyah untuk kita semua, Aamin, Salam Sukses !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel