7 Resiko Usaha Cafe Penyebab Kebangkrutan dan Cara Mengatasinya

Anginbisniss.com - Usaha cafe terlihat santai dan menguntungkan karena menghadirkan berbagai menu kuliner dan aneka jenis minuman. Usaha cafe juga memiliki resiko yang besar hingga membuat usaha anda jadi gulung tikar alias bangkrut. Kelemahan usaha cafe dapat anda lihat dari segi kondisi.

Jika ekomoni masyarakat stabil, lumayan banyak orang-orang menghabiskan waktu bersantai sambil nongkrong di cafe. Kelemahan usaha cafe terkadang tidak jadi persoalan bagi para pemilik usaha.

Padahal resikonya bikin pusing, yang ada pemilik cafe jadi rugi dan buntung. Itulah kenapa anda mesti berfikir ulang ketika ingin membuka usaha cafe. Jangan sampai habis modal, waktu, dan tenaga saja tanpa menghasilkan keuntungan.

7 Resiko/Kelemahan Usaha Cafe

Coba pahami resiko usaha cafe yang jarang diketahui, kelemahan usaha cafe memberikan pemahan agar anda biss lebih waspada dan berfikir ulang untuk menjalankan usaha ini. Berikut resiko usaha cafe yang menyebabkan kerugian besar:

1. Kondis Ekonomi Mepengaruhi

Tempat cafe banyak digunakan untuk tongkrongan. Mereka yang datang paling cuma pesan minuman kopi, dan kudapan kuliner biasa. Kondisi keuangan masyarakat mempengaruhi pendapatan para pemilik usaha termasuk cafe.

Kebanyakan orang-orang yang nongkring di cafe didominasi oleh kalangan pemuda. Jadi wajar kalau sewaktu-waktu tempat cafe bisa sepi. Apalagi ketika harga kebutuhan pokok meningkat, lapangan kerja sedikit, akan jarang orang-orang yang menghabiskan waktu di cafe. Kondisi ini mesti diperhatikan oleh para pemilik cafe.

2. Ramai Diawal Saja

Jika kita lihat disetiap cafe yang ada, pada awal-awal dibuka memang ramai pengunjung. Dihari-hari berikutnya mulai sepi. Tidak mungkin orang-orang akan nongkrong tiap hari di cafe. Terkadang yang datang ke cafe juga tidak banyak memesan makanan atau minuman. Kadang mereka hanya kumpul-kumpul atau diskusi santai, arisan, bahkan ada yang hanya datang untuk sekedar bernostalgia dan berfoto-foto.

3. Modal Tidak Sedikit

Resiko kelemahan lain usaha cafe adalah modal yang tidak sedikit. Cafe yang dibuat hanya minimalis tanpa konsep yang lebih menerik dan lebih modern tidak akan bertahan lama. Belum perlengkapan pernak-pernik ruangan, alat musik, sewa penyanyi, dan segala perlengkapan yang dibutuhkan. Itulah kenapa usaha cafe itu butuh modal besar.

4. Lokasi Mempengaruhi

Lokasi usaha cafe memang mempengaruhi pendapatan dan keramaian orang. Jika memilih lokasi yang kurang tepat menyebabkan usaha cafe anda langsung sepi. Jika sepi otamatis pendapatan pun sepi. Jadi pilihlah lokasi yang strategis disekitaran jalan yang ramai lalulalang kendaraan atau tempat-tempat disekitaran pusat perbelanjaan. Tapi lokasi yang strategis butuh modal yang besar pula untuk sewa ruko/kios.

5. Menu Tergolong Mahal

Menu kuliner yang tersedia biasanya mahal. Untuk melawan persaingan maka harga menu harus sesuai dengan target konsumen. Ketika para pengunjung cafe kebanyak muda-mudi maka harga satuan menu harus murah meriah. Ini sebagai pemikat supaya usaha anda diburu konsumen. Tapi sebagai pemilik usaha harus mencapai target keuntungan dan modal kembali, makanya rata-rata harga menu di cafe itu mahal.

6. Persaingan Melambung Tinggi

Tidak bisa dipungkiri, usaha cafe persaingannya banyak. Jika anda hanya membuka cafe yang sederhana tanpa ada kreasi yang besar siap-siap akan kalah dalam persaingan. Inilah kelemahan dan resiko usaha cafe yang wajib anda ketahui. Mestinya sebelum memutuskan membuka usaha cafe, modal utama harus besar dan
Kondisi keuangan anda benar-benar ada yang bisa diandalkan.

7. Sulit Mendapatkan Pelanggan

Usaha cafe sulit mendapatkan pelanggan. Rata-rata mereka yang datang hanya ingin mencoba nuansa baru saja. Mereka tidak akan datang untuk yang kesekian kalinya. Logika saja karena jenuh pula jika hanya nongkrong di cafe itu saja. Jadi pelanggan ini sulit didapatkan. Wajar jika usaha cafe banyak yang langsung tutup dan bangkrut.

Dari resiko dan kelemahan usaha cafe diatas, maka perlunya mengantisipasi bagaimana cara mengatasinya supaya usaha cafe anda tetap berjalan. Secara perlahan saja yang penting modal dan keuangan yang besumber dari penghasilan yang lain tetap ada. Supaya anda lebih mudah membangun dan mengembangkan usaha cafe anda kedepannya.

7 Cara Mengatasi Resiko/Kelemahan Usaha Cafe Agar Tetap Lancar

Perlunya memahami dengan baik untuk mengatasi resiko kelemahan usaha cafe supaya tetap berjalan lancar. Anda punya sudah terlanjut memiliki usaha cafe, coba simak tips menjalankannya berikut ini:

Membuka usaha cafe harus ditopang dengan usaha lain yang sudah berjalan. Sehingga usaha cafe yang anda jalankan sebagai tempat nongrkrong rekan bisnis, kerabat, dan keluarga. Ketika berjalan mulus anda bisa mengembangkannya secara bertahap untuk dijadikan sarana bisnis dan ladang penghasilan.

1. Mengatasi resiko usaha cafe lainnya ialah dengan kreasi tampilan desian ruangan yang menarik dan modern. Kuliner menu yang disajikan harus murah, dan terdapat spot foto yang dapat jadi tempat favorite pengunjung.

2. Sediakan hiburan dan live music. Agar mereka betah, kalau bisa adakan kuis dan dorprice menarik untuk membuat pengunjung terhibur.

3. Adakan diskon menarik untuk pengunjung yang sering ke cafe. Berikan diskon minuman atau makanan.

4. Jagalah kebersihan tempat, makanan, dan ruangan supaya mereka betah berlama-lama.

5. Sediakan tempat merokok, karena merokok sudah menjadi gaya hidup masyarakat. Supaya mereka betah dan lebih leluasa sambil menimati kopi dan rokok.

6. Pelayanan yang ramah dan usahakan karyawan anda tidak cuek. Ini akan menyebakan pengunjung benci nantinya.

7. Kerersediaan tempat yang mumpuni. Misalnya nobar, toilet yang bagus, dan ruangan meeting khusus yang bisa di sewa.

Perlu anda ingat bahwa jika punya modal pas-passan kemudian langsung membuka usaha cafe tanpa memiliki usaha yang lain, ini akan cepat merosot dan terhenti. Coba bayangkan jika anda punya usaha kos-kosan bulanan yang lumayan banyak, atau punya usaha sewa properti, dan lainnya. Artinya anda bisa memanfaatkan cafe sebagai tempat menjalin loyalitas, dan memperluas jaringan.

Sebelum memutuskan membuka usaha cafe lebih baik pikirkan dulu dengan matang. Jangan sampai modal anda habis karena ambisi sesaat. Bangunlah usaha yang ringan terlebih dahulu dan terus kunpulkan modal sebagai persiapan ketika usaha anda berkembang menjadi maju.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel