6 Kelemahan Usaha Laundry dan Cara Mengatasinya

Anginbisniss.com - Usaha laundry memang menguntungkan jika ditekuni dengan baik. Sebagai usaha jasa yang layak dilakukan karena tidak terlalu rumit, namun butuh modal yang tidak sedikit. Sebelum membuka usaha laundry pahami resiko kelemahan membuka usaha laundry.

Bukan hanya berbicara keuntungan tapi perlu memahami resiko suatu usaha untuk mengantisipasi agar usaha anda awet selamanya. Memulai usaha laundry cukup ribet walaupun terlihat sederhana. Bagi kamu yang akan membuka usaha laundry coba simak resiko kelemahannya.

6 Kelemahan Usaha Laundry dan Cara Mengatasinya


Usaha laundry memiliki kelemahan sama seperti usaha dibidang jasa lainnya. Bagaimana cara mengatasinya? Jangan khawatir. Kali ini kita membahas terlebih dahulu kelemahan usaha laundry yang wajib anda tahu, agar bisa menjalankan usaha laundry anda dengan baik dan lancar.

1. Persaingan usaha laundry

kelemahan usaha laundry diataranya ialah persaingan usaha yang makin banyak artinya usaha laundry juga sangat mudah ditiru dan dijalankan orang lain sehingga banyak pesaing akan bermunculan. Apalagi tempat usaha laundry juga mempengaruhi, maka akan banyak toko laundry yang akan dibuka disekitar tempat lokasi strategis yang lebih banyak.

2. Faktor cuaca

Faktor cuaca jadi penghambat kelemahan usaha laundry. Walaupun kondisi musim penghujan masyarakat lebih banyak waktu menggunakan jasa laundry ketimbang mencuci sendiri tapi itupun jadi resiko bagi usaha sendiri. Misalkan dalam proses pengeringan yang lama dan harus menunggu pelanggan secara sabar.

3. Perkembangan usaha tergolong sulit

Sebagai usaha yang bergerak dibidang jasa, ternyata usaha laundry sulit untuk berkembang. Hanya mengandalkan penghasilan dari konsumen yang khusus menerima cucian. Usaha laundry tidak bisa dikreasikan dengan usaha lain, misalnya usaha warung yang tidak hanya mendapatkan keuntungan dari 1 produk bahkan bisa menjual produk lain diluar makanan.

4. Uang lambat berputar

Uang akan lambat perputar, itulah kelemahan usaha laundry. Apalagi modal usaha yang dikeluarkan tergolong besar, maka penghasilan untuk membalikkan modal pun harus perlahan. Letak keberhasilannya pada banyaknya konsumen, lihat saja usaha laundry anda sekarang dimana penghaslan dalam kesehariannya pun berbeda-beda yang tidak bisa dikerja taget.

5. Listrik dan air pemicu utama

Listrik dan air adalah modal utama yang mesti stanby. Ketika listrik mati secara keseluruhan maka usaha laundry anda pun ikut menurun. Modal tambahan untuk menjalankan usaha harus ada agar konsumen nyaman. Kondisi air yang bersih juga mempengaruhi hasil cucian, jangan sampai air yang anda gunakan berwarna. Otomatis cucian pun tidak akan terlihat bersih.

6. Harga bisa tidak stabil

Persaingan yang banyak kian melambung maka jalan satu-satunya adalah menurunkan harga satuan perkilonya. Ini bertujuan untuk menarik perhatian pelanggan sebanyak-banyaknya. Ketika hasil cucian bersih, wangi, dan memuaskan tentu modal pun harus bertambah. Adanya permasalahan ini membuat anda berupaya berfikir keras untuk mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin.

Kelemahan usaha laundry diatas tak banyak orang mengetahuinya. Sehingga banyak pula pelaku usaha yang gulung tikar. Usaha laundry terlihat memang santai namun ketika konsumen mulai sepi akan sangat terasa kerugian yang akan dialami. Nah pilihan usaha laundry cukup baik anda tekuni, yang penting harus berani dengan semua resikonya.

Cara Mengatasi Usaha Laundry Agar Sukses

Lalu bagaimana cara mengatasi kelemahan usaha laundry agar lancar dan berhasil? Coba anda pelajari caranya berikut ini;

1. Beri Diskon

Diskon cucian pasti diburu konsumen. Strategi ini cukup menarik perhatian konsumen untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Anda mesti menerapkan cara ini agar usaha laundry anda awet. Mengatasi resiko kelemahan usaha laundry harus kreatif, jangan dulu berfikir untung kecil. Lebih baik untung kecil tapi banyak konsumen dan konsisten menghasilkan ketimbang untung besar jarang dapat konsumen.

2. Kebersihan Cucian

Kebersihan cucian akan jadi nilai plus usaha anda. Bersih, harum, dan wangi akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Cucian yang kotor siap-siap usaha mu semakin sepi. Jadi jangan asal nyuci, perhatikan selalu kebersihan pakaian konsumen.

3. Pelayanan yang baik

Pelayanan yang baik adalah cara agar usaha laundry anda awet dan berhasil. Ketika pelayanan kurang maksimal maka konsumen akan menjauh. Inilah penyebab usaha anda dijauhi pelanggan. Ingat konsumen butuh cara yang baik untuk diharga. Minimal pelayanan yang ramah, senyum dan salam agar konsumen akrab.

4. Beri kartu tanda pelanggan

Kartu tanda pelanggan berguna untuk membangun loyalitas hubungan kepada konsumen. Sehingga mereka akan lebih percaya dengan usaha laundry anda bahkan mampu menitipkan segala jenis pakaian kotor yang lebih banyak. Ketika ini sudah berjalan anda bisa memberikan hadiah laundry gratis bagi pelanggan yang sudah memakai jasa anda dalam jumlah yang sudah ditentukan.

5. Pasang pemberitahuan

Pemberitahuan misalnya apabila ada pakaian hilang maka anda siap menggantinya dengan yang baru, menggantinya dengan 50% uang atau memberikan uang berapa persen dan jasa cucian gratis selama beberapa kali. Cara ini akan membuat konsumen langganan mu nyaman dan merasa keamanan pakaian yang terjamin.

itulah info kelemahan usaha laundry dna cara mengatasinya. Jika anda tertarik untuk membuka usaha ini silahkan pahami informasi diatas dengan baik. Artikel diatas telah kami sampaikan secara detail guna memberikan solusi bagaimana cara mengatasi kelemahan usaha laundry yang sebenarnya. Sehingga anda akan lebih mudah memulai dan mengelola usaha laundry kedepanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel