5 Resiko Usaha Toko Emas, Hati-Hati Jangan Sampai Merugikan !

Anginbisniss.com - Usaha toko emas memang menghasilkan keutungan yang berlipat. Namun dibalik usaha ini tersimpan resiko yang besar. Banyak pedagang emas rugi karena masalah yang beragam. Dalam membangun dan mengembangkan usaha membutuhkan strategi yang tepat dalam mengatasi resiko kedepannya.

Anda tertarik membuka usaha toko emas? Sebaiknya dipikir-pikir dulu, sebelum mencoba terjun dibagian usaha perhiasan ini karena kendala dan kejahatan selalu mengintai anda. Banyak orang mengira usaha toko emas dianggap sepele, jika berbicara keuntungan memang sangat untung. Tapi masalah resiko usaha toko emas memang banyak yang tidak mengetahuinya.

Emas adalah harta yang banyak dimiliki dan diburu orang banyak. Selain menabung sambil berhias, banyak masyarakat menyimpan emas untuk sarana investasi jangka panjang. Faktanya banyak orang
menginvestasikan uang mereka dalam bentuk tabungan emas. Artinya emas memang simpanan masyarakat yang selalu jadi andalan.

Jika anda tertarik untuk berbisnis emas dan mendirikan toko emas secara mandiri dapat dimulai dari skala kecil, namun jika modal anda sudah tersedia dalam jumlah besar silahkan saja membuka toko emas dengan cepat. Tapi pahami juga resiko usaha emas yang jarang diketahui orang.

5 Resiko Usaha Toko Emas yang Jarang Diketahui
Sebagai pengingat anda yang tertarik untuk terjun dalam usaha toko emas agar tidak rugi maka pahami resikonya. Walaupun setiap usaha pasti memiliki resiko masing-masing, namun berbeda untuk usaha dibidang emas. Resikonya justru sangat besar, jika anda lengah maka siap-siap merugi. Berikut resiko usaha toko emas:

1. Modal Mesti Cukup

Jika Anda berencana membuka usaha toko emas maka harus siap dengan modal yang cukup. Apabila hanya modal pas-pasan lebih baik tunda dulu. Persaingan harga jual beli jika modal usaha kecil akan sulit bersaing, bisa-bisa usaha anda akan lama perputaran keuangannya.

Modal kecil berbisnis emas pasti akan melakukan sistem ecer. Orang lain pasti akan langsung menuju toko yang lebih besar dan memiliki nama yang sudah dikenal konsumen. Karena kebanyakan orang percaya akan keaslian emas yang dijual akan terjamin dari toko yang sudah berpebgalaman ketimbang toko baru.

2. Biaya Waralaba Toko Emas Cukup Besar

Sebagai modal tambahan adalah dalam hal waralaba toko emas yang membutuhkan modal yang lumayan besar diluar modal utama. Biaya ini pun berbeda-beda, misalnya jika luas toko 25 M2, maka franchise fee yang mesti anda bayarkan sebesar 500 juta Rupiah setiap 5 tahun sekali. Ini pun diluar biaya urusan lain, dalam total perkiraan modal yang perlu disiapkan sekitar 4 milyar rupiah.

3. Seleksi Investor

Awal memulai usaha toko emas akan diseleksi tahap investor, walaupun hal ini tidak semua tidak mewajibkan melakukannya. Tujuannya adalah apakah anda layak untuk ikut serta dalam mengembangkan bisnis franchise toko emas. Kebenaran aset anda akan dicek mulai dari gedung, dan lainnya. Sebagai bukti apakah anda benar-benar serius atau tidak.

4. Tujuan Tindak Kriminal

Para pembisnis emas akan dihadapkan dengan tindakan kriminal yang tidak disangka-sangka. Anda perlu waspada karena kejahatan bisa mengintai toko emas anda dimana saja dan kapan saja. Kerugian usaha toko emas apabila sudah dibobol maling akan menimbulkan kerugian besar. Terlebih nyawa anda sendiri, karena penjahat tak segan-segan melukai korbannya jika berhadapan langsung.

5. Perputaran Uang Lama

Ketika usaha toko emas anda baru seumur jagung atau baru dirintis, maka harus menunggu lama sampai nama toko anda dikenali hingga mendapatkan kepercayaan konsumen. Ketika konsumen sudah ada yang membeli maka harus dilayani dengan kejujuran yang jelas supaya mendatangkan pelanggan dikemudian hari. Untuk tahap merintis perputaran bisnis akan lama karena butuh waktu yang cukup untuk mengenalkan usaha anda kepada masyarakat.

Dari uraian mengenai resiko usaha toko emas, sebaiknya anda pahami dengan baik. Tak perlu terburu-buru untuk membuka suatu usaha. Lebih baik dikaji lebih dalam guna keselamatan dan kelancaran usaha anda kedepannya. Tidak ada yang salah bagi siapa saja yang ingin berusaha.

Terkhusus pengamanan yang terjamin agar terhindar dari kejahatan, modal yang cukup agar usaha toko emas lancar dan dimintai calon pembeli. Dalam usaha memang harus bersabar, jangan sampai karena ingin meraih keuntungan secara instan anda malah merugi hingga menyesal. Itulah resiko usaha toko emas yang perlu anda waspadai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel