5 Kelemahan/Resiko Bisnis Tour Travel yang Mengerikan

Anginbisniss.com - Menjalankan usaha tour travel tidak menjamin selalu lancar, banyak resiko yang menyulitkan hingga kerugian yang diperoleh. Walaupun demikian itulah tantangan yang mesti dihadapi. Bisnis tour travel adalah usaha tergolong rumit, baik dari segi modal, konsep, tim, dan kepuasan client yang mesti terjamin. Seblum anda memilih usaha ini sebaiknya melakukan pangamatan mendalam agar tidak tergesa-gesa.

Terjun di bisnis tour travel siap menghadapi banyak tantangan. Mulai dari penyedia jasa yang profesional, layanan informasi yang baik, dan sebagainya. Resiko bisnis tidak bisa dijadikan alasan anda untuk tidak semangat berusaha, tapi anda bisa mengetahui kelemahan dalam menjalankan suatu usaha mana yang layak untuk anda jalankan sesuai kemampuan.

Ketika anda memilih usaha tour travel sebainya memiliki pengalaman dan jam terbang yang luas. Ketika hanya mengandalkan modal tanpa pengalaman lebih baik maka resiko kerugian akan anda rasakan dengan cepat.

5 Kelemahan Usaha Tour Travel

Kelemahan/resiko menjalankan usaha tour travel tidak main-main. Silahkan anda amati supaya tidak menganggap enteng dengan bisnis tour travel ini. Jika berbicara keuntungan sudah pasti ada tapi resiko kelemahannya jauh lebih mengerikan. Anda mesti siap-siap menghadapinya. Apasaja resiko kelemahan usaha tour travel? Berikut ulasannya:

1. Perlu Jaringan Kuat

Menjalankan usaha tour travel tidak cukup dengan modal saja. Tapi anda dan tim harus memiliki koneksi yang luas untuk menarik kerjasama dengan berbagai instansi. Ketika usaha tour travel hanya bergerak pada masyarakat terdekat saja tidak mungkin akan berhasil.

Namun anda perlu mendapatkan tawaran kerjasama event dari pemerintah daerah misalnya pelatihan, bimbingan teknis, perjalanan dinas, gathering, dan sebagainya. Event hasil kerjasama di pemerintahan sudah tersedia anggaran jelas. Disinilah keuntungan yang didapat, jika tidak ada kerjasama dari pemerintahan otomatis usaha anda tidak mudah bertahan.

2. Butuh Modal Besar

Usaha tour travel butuh modal besar, bagaimana jika terjadi tawaran kepada beberapa usaha tour travel, siapa yang siap mengambil sebuah event tersebut mesti menyumbang uang muka diawal, siapa yang nilainya lebih besar dan cepat maka event tersebut jatuh ke tangan pemilik usaha tour travel.

Apakah anda sudah siap membuka usaha tour travel jika hanya mengandalkan pihak kedua dan ketiga yang akan beresiko ke jalur hukum nantinya?. Terlepas dari resiko tersebut sebaiknya anda pikir-pikir dulu jika ingin buka usaha dibidang tour travel. Nanti buka untung tapi buntung, hinga menyesal kemudian.

3. Legalitas Usaha Harus Paten

Legalitas usaha tour travel harus lengkap dan paten. Ini salah satu modal yang mesti anda miliki, ketika legalitasnya tidak mencukupi maka usaha tour travel anda tidak akan terpakai. Mengurus legalitas perusahan perlu modal besar, misalnya dalam membuat PT maupun CV, dimana berkas inilah yang akan jadi penentu anda untuk mendapatkan orderan dari client.

4. Perputaran Uang Lama

Kenapa usaha tour travel beresiko perputaran keuangan yang lama? Karena dalam tahap awal sampai pada penyelenggaran acara butuh tahapan yang banyak untuk mengurus pembayaran dan pelunasa. Jika anda hanya menerima garapan/event kecil saja seperti habis di rasa lelahnya saja tidak akan anda ketuntungan yang didapat. Lain hal jika usaha tour travel skala besar, lama dapat uang tapi sekali dapat langsung banyak.

5. Kondisi dan Keadaan

Kondisi dan keadaan menjadi resiko kelemahan usaha tour travel. Kenapa tidak misalnya setelah melakukan kerjasama dan sudah dilakukan pembayaran 50% kemudian terjadi permasalah internal sehingga membuat kegiatan harus diundur. Selain itu, ketika terjadi masalah dengan clinet maka siap-siap tour travel anda pun akan terseret dimeja hijau.

Jika dilihat, usaha tour travel itu memang butuh dana besar, dan payung hukum yang kuat. Ketika anda membuka usaha tour travel hanya coba-coba lebih baik jangan. Banyak resiko besar yang akan anda raskan kedepanya. Lebih baik anda bergerak dibidang event organizer dalam skala kecil terlebih dahulu ketimbang membuka usaha tour travel.

Demikian 5 resiko kelemahan usaha tour travel yang perlu anda ketahui supaya tidak tergiur dengan keuntungan semata. Jika info ini bermanfaat untuk pembaca silahkan kabari orang-orang terdekat anda. Semoga bermafaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel