Usaha Media Online: Modal dan Aturan Pendiriannya

Media online kini sudah ramai digeluti baik perorangan maupun tim yang terdiri dari berbagai latar belakang seperti jurnalis, pengusaha, dan sebagainya. Usaha media online juga menguntungkan, selain kerjasama melalui pemerintah maupun swasta juga dari bebagai sponsor iklan.

Media online adalah media yang membahas tentang berita terkini seputar hukum, kriminal, politik, pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan infrastruktur yang diterbitkan melalui situs (website). Keunggulan media online, masyarakat lebih mudah mengakses berbagai informasi yang terjadi.

Modal Usaha Mendirikan Media Online

Apakah membuat media online itu susah? Berapa modal yang harus disiapkan dan bagaimana aturan pendiriannya?

Membuat usaha media online sangat gampang asalkan anda memiliki pengalaman sebagai jurnalis, dan punya modal. Sebab mendirikan media online butuh modal yang tidak sedikit.

Terdapat dua aspek yang mesti dilengkapi meliputi biaya legalitas pengurusan perizinan perusahan (PT) agar media online anda terakui secara hukum karena resiko pelanggaran tanpa legalitas sangat besar.

Biaya selanjutnya yaitu modal pembuatan situs, tim IT, dan crew, yang terlibat. Saran saja jika ingin membuat media online lebih baik yang sudah berpengalaman di bidang jurnalis agar berjalan lancar. Untuk lebih jelas akan kami hembuskan di pembahasan anginbisniss.com dan aturan media siber.

1. Modal Biaya Perizinan Sekitar 35 Juta


Mendirikan media online harus berbadan hukum yang jelas dan berbentuk PT bukan CV. Jangan kira media online hanya sebatas situs tanpa melengkapi persyaratannya.
Untuk rinciannya berikut ini:
  • Biaya membuat perizinan (PT)
  • Biaya Pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak asasi manusia (HAM); Notaris
  • Biaya izin teknis dari departemen terkait lainnya
  • Biaya syarat pengurusan domisili, pengurusan NPWP, Siup, dan TDP
Selain dana diatas, anda harus mempersiapkan modal lain untuk membuat situs beritanya.

2. Modal Biaya Pembuatan Situs Media Sekitar 50 Juta

Modal ini diperuntukan untuk bagian pengerjaan. Meliputi:
  • Biaya Tim IT
  • Biaya Tim Redaksi
  • Biaya Marketing
  • Biaya Karyawan Lapangan (Jurnalis)
  • Biaya promosi dan lainnya.
Dari dana di atas totalnya sekitar 85 juta, Beda lagi jika harus menambah ruko/bangunan rumah sebagai pusat kantornya minimal tambahan 15 juta untuk sewa dan itu diluar biaya peralatan kantor yang mesti tersedia. 

Misalnya alat printer, komputer, laptop, id card, seragam, kertas, meja, kursi, dan alat perlengkapan kantor lainnya. Jadi sekurang-kurangnya modal yang mesti anda siapkan sekitar 100 juta.

Kelebihan dan Kekurangan Media Online

Media online juga memiliki kelebihan dan kekurangnya. Coba simak penjelasannya berikut:

Kelebihan Media Online

Kelebihan membangun usaha media online diantaranya segala informasi yang diberitakan cepat tersampaikan kepada masyarakat. Tak butuh waktu tayang berjam-jam, misalnya kejadian kriminal pagi ini maka beberapa menit saja sudah bisa dipublish. Kemudian, sangat simple dari jurnalis di lapangan bisa langsung diterbitkan di situs. 

Kelemahan Media Online

Salah satu kelemahan media online adalah bersaing dengan jaringan media online Indonesia. Media online ternama di Indonesia sudah banyak memiliki situs online yang luas dan mampu menjangkau diberbagai pelosok nusantara. Sebagai wadah usaha pasti tak lepas dari persaingan. Intinya teruslah berusaha dan yakin usaha sampai.

Apabila semua modal pembuatan media online di atas sudah anda penuhi maka secara legalitas media online anda sudah resmi alias telah berbadan hukum. Intinya membuat usaha media online harus dipersiapkan secara matang terutama modal untuk mengurus semua perizinan sebagai syarat utamanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel