Studi Kelayakan Usaha Toko Buah yang Menggiurkan

Anginbisniss.com - Peluang usaha toko buah memang menggiurkan. Selain modal yang lumayan akan sebanding dengan keuntungan yang didapat. Usaha toko buah tak ada matinya, karena buah-buahan adalah makanan yang banyak disukai dan dibutuhkan banyak orang.

Usaha toko buah memang peluang yang menguntungkan, mudah dipasarkan dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.
Dalam membuka usaha tentu harus melihat sejauh mana peluang bisnis yang layak ditekuni.

Menekuni usaha harus dengan strategi yang baik agar merasakan keberhasilannya. Apapun usaha yang kita jalankan hendaknya memikirkan dan memperkirakan resikonya. Itulah pentingnya studi kelayakan suatu usaha agar dapat benar-benar memahaminya.
Inilah yang disebut dengan jiwa wirausaha
Seperti contoh wiraushawan toko buah, toko butik, dan sebagainya.

Studi Kelayakan Usaha Toko Buah

Kita ambil contoh usaha toko buah. Ada seorang pedagang buah pada mulanya ia hanya sebagai pemasok buah-buahan dan akhirnya menciptakan toko buah-buahan di samping rumahnya sendiri.

Hanya sebuah toko kecil-kecilan yang ditekuni oleh seorang ibu-ibu bersama keluarganya yang mengurus toko setia wakunya. Berkat kegigihan, sekarang toko buah miliknya sudah berkembang pesat hingga memiliki beberapa cabang toko dengan 4 pegawai sekaligus.

Ibu ini membuka cabang yang diurus sendiri oleh anak-anaknya, salah satunya berada di tanjung karang pusat. Nama tokoh buah ini yaitu ikhsan buah;

Motivasi wirusahawan pedagang buah ini yaitu “setinggi-tingginya jabatan pekerjaan kita tetap pegawai tapi sekecil-kecilnya usaha kita itu adalah bos”.

Pekerjaan ibu ini ialah pekerjaan tetap namun disamping itu ia mempunyai usaha lain yaitu menjual bumbu dapur. Ibu ini berinisiatif berjualan agar bisa memenuhi kebutuhan keluarganya, ibu ini juga berjualan untuk bersedekah, jika yang membeli itu untuk acara pengajian, ibu ini selalu memberi diskon dan membolehkan pembeli mencicipi dahulu buah sebelum dibeli.

Jangan malu untuk menjadi seorang wirausaha, dan jangan takut pula untuk gagal. Usaha toko buah mampu memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan.

Terlebih ketika ada dukungan dari beberapa kebijakan pemerintah yang mengarah pada pemanfaatan sekor impor dan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi buah-buahan segar sebagai makanan penambah vitamin guna menjaga kesehatan.

Yang perlu untuk diperhatikan dalam menjalankan usaha buah-buahan adalah mengenaibagaimana menjaga stabilitas pasokan buah, mencari segmen yang tepat dan penentuan lokasi juga menentukan dalam memasarkan buah impor.

Tips Berwirausaha Agar Sukses dan Lancar

Berwirausaha merupakan suatu kemampuan dalam hal menciptakan kegiatan usaha atau bisnis untuk mendapatkan penghasilan. Kemampuan menciptakan sebuah usaha memerlukan kreativitas dan inovasi yang terus-menerus supaya dapat menemukan sesuatu yang berbeda dengan kreatifitas dan inovasi sebelumnya.

Sedangkan Wirausahawan (entrepreneur) adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan. Artinya kita harus berani mengambil peluang dan resiko kedepannya dalam menjalankan usaha termasuk menggeluti peluang usaha toko buah yang menggiurkan.

Kenapa kita perlu berani mengambil resiko? artinya kita harus bermental mandiri dan berani memulai usaha, tanpa diliputi rasa takut atau cemas sekalipun dalam kondisi tidak pasti. Kegiatan wirausaha dapat dilakukan seorang diri atau berkelompok. Seorang wirausahawan dalam pikirannya selalu mencari, memanfaatkan, serta menciptakan peluang usaha yang dapat memberikan keuntungan.

Tidak ada istilah rugi selama seseorang melakukan usaha dengan penuh keberanian dan penuh perhitungan serta mampu bertahan. Berikut tips menjalankan usaha agar sukses dan lancar:

1. Belajar Sistem Bisnis

Untuk memulai menjalankan usaha maka yang akan anda hadapi adalah untung, rugi, dan bangkrut. Resiko kerugian merupakan hal biasa karena mereka memegang prinsip bahwa faktor kerugian pasti ada bahkan semakin besar resiko kerugian yang bakal dihadapi, semakin besar pula peluang keuntungan yang dapat diraih.

Belajar sistem bisnis perlu dipersiapkan mulai dari tahap pelayanan, inovasi produk usaha, sistem. pemasaran, sistem management, dan pengelolaan tim kerja. Modal utama inilah yang harus dipersiapkan. Jika sudah matang maka mulailah dengan menyiapkan modal, dan usaha apa yang akan dijalankan.

2. Menanamkan Sifat Kejujuran

Maksudnya adalah jujur dalam hal penyampaian informasi bahan, menangani konsumen, dan harga yang stabil. Terbuka dan jujur adalah salah satu kunci bertahan atau tidaknya usaha yang anda geluti. Jangan sampai karena menutup pertanyaan dari konsumen mengenai kualitas barang yang anda sampaikan tidah dengan kenyataan.

Pola bisnis itu, bagaimana menarik perhatian dan kepercayaan pelanggan. Jika sudah memiliki pelanggan yang banyak maka pertahankan. Katakanlah sejujurnya dan seadanya, tapi jika menyangkut privasi keuntungan yang ditanyakan bisalah menyampaikan dengan gambaran saja.

3. Harga Relatif Terjangkau


Memasarkan harga harus dihitung sesuai dengan modal yang dikeluarkan. Menjual produk bisnis dengan mahal akan berdampak terhadap kurangnya peminat konsumen. Untuk tahap membuka usaha biasakan harga produk itu lebih murah, atau diberikan diskon khusus sambil anda promosikan usaha yang baru dibuka.

4. Ramah dalam Pelayanan


Melayani konsumen harus dengan kermamah tamahan. Inu bertujuan supaya banyak yang berempati dan menjadikan usaha anda sebagai langganan anda. Tidak bisa dipungkiri pelayanan akan berdampak terhadap pemasukan atau jumlah omzet nantinya. Melayani dengan cepat, dan menjaga kebersihan.

5. Inovasi Produk


Ciptakan inovasi produk lain yang sejenis. Misalnya dibidang kuliner. Jika anda berbisnis dengan bahan utama, maka kreasikan dengan produk lain dengan bahan yang sama tapi mampu menghasilkan rasa yang berbeda. Ini dapat menjadi penghasilan tambahan diluar produk utama.

Pemaran mengenai studi kelayakan toko buah diatas memang layak ditekuni. Walaupun dalam setiap usaha memiliki resiko yang beragam. Inilah yang dinamakan peluang, jika sanggup dan mampu maka lakukan begitu juga sebaliknya. Tapi untuk usaha toko buah, siapapu bisa yang penting yakin saja dan konsisten.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel