Merinding, 5 Kelemahan/Resiko Usaha Florist Buat Kamu Berfikir Ulang !

Anginbisniss.com - Usaha florist atau bunga papan kini banyak digeluti. Selain keuntungan yang dianggap jelas, usaha florist/bunga papan memiliki kelemahan atau resiko yang menggerikan.
Walaupun usaha florist atau bunga papan bergerak dibidang jasa yang dianggap ringan, tapi banyak orang menyesal ketika usaha florist sudah dijalankan.

Kelemahan/resiko usaha bunga papan mulai terasa dalam hitungan hari sampai pada titik jenuh. Kerugian akan dialami pemilik usaha florist secara cepat apabila tidak memiliki pondasi jaringan mitra bisnis yang luas. Benarkah, banyak pemilik usaha florist/bunga papan menyesal karena dilanda kebangkrutan hingga harus gulung tikar? Inilah 5 kelemahan usaha bunga papan yang harus anda ketahui.

5 Kelemahan/Resiko Usaha Florist atau Bunga Papan

Sebelum kamu memutuskan untuk menekuni usaha bunga papan coba kamu simak kelemahan/resiko yang membuat kamu berfikir ulang untuk menjalankannya.

1. Bunga Papan Manual Akan Tergeser Papan Bunga LED

Kamu harus sadar bahwa seiring perkembangan teknologi semakin maju dan canggih akan menghasilkan produk yang modern pula. Artinya jika kamu beranggapan bahwa bunga papan manual akan bertahan lama tanpa ada pergeseran itu salah.

Usaha bunga papan secara manual akan tergeser oleh teknologi Digital dan internet yang saat ini aktifitas manusia pun sudah mulai bergeser dalam memanfaatkan tekhnologi. Misalnya saja dulu orang hanya bisa membeli tiket pesawat, kereta, hotel, dan lainnya, hanya bisa dibeli pada agen tiket khusus.

Nyatanya sekarang sudah berbeda, karena tiket perjalanan bisa dibeli langsung secara online. Coba anda amati untuk papan bunga, Dimana para pengusaha florist mesti harus berbenah diri untuk mengikuti perkembangan jaman yang canggih ini.

Sekarang sudah tersedia bunga papan Digital LED, makna dan tujuan pesan ucapan yang sama dengan papan bunga manual biasanya. Hanya saja lebih unik dan modern, sangat mudah ditata. Jadi siap-siap papan bunga manual akan tergeserkan.

2. Sistem Pemasaran Melibatkan Networking

Pikir ulang dulu jika kamu akan membuka usaha bunga papan, karena titik terberatnya adalah bagaimana cara memasarkannya. Paling terlihat jelas para pengusaha bunga papan karena memiliki jaringan atau networking yang kuat.

Mereka bisa langsung berkerjasama dengan instansi baik pemerintahan maupun swasta. Sehingga usaha papan bunga mereka bisa berjalan lancar dan banyak dampak positif lain dari memberikan bunga papan kepada kerabat anda kedepannya.

Jika hanya mengandalkan link teman-teman anda, dikampus, dan diorganisasi kepemudaan maupun swasta tanpa ada kerjasama kepada pihak pemerintahan maka usaha papan bungamu akan kalah dalam persaingan, yang ada hanya rugi di waktu dan penghasilan serta modal bunga termasuk papan akan rusak yang harus diperbaiki secara terus menerus.

Jadi pikirkan dulu arah pemasaran dan kerjasama kepada pemerintahan terlebih dahulu. Sebab tanpa kamu sadar para pejabat baik kabupaten maupun kota pastu memiliki usaha papan bunga sendiri, sehingga mereka akan memanfaatkan tempat mereka bekerja untuk memasarkan produk bunga papannya.

3. Pencairan Dana Tergolong Lama

Jika kamu membuka usaha florist hanya dipasarkan menunggu konsumen, maka penghasilan yang akan didapat sangat lama. Bagaimana cara anda mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan jika orderannya lama dan bahkan tidak ada sama sekali? Ini wajib kamu pahami sebelum menyesal.

Lalu bagaiman kondisi mereka yang sudah menjalin kerjasama dengan pemerintahan, apakah uang cepat cair? Tentu tidak. Jika sudah bekerjasama maka sistem pencairan akan dibayarakan dalam periode tertentu, misalnya 3 bulan sekali, 6 bulan, atau 1x dalam setahun baru dibayarkan. Jika begitu bagaimana cara anda membayar karyawan, sopir, bagian pasang dilapangan, bagian perangkai bunga, bagian penunggu kios dan sebagainya.

4. Karyawan Harus Ready Setiap Waktu

Jika karyawan sudah siapa menunggu di outlet atau di kios, ketika tidak ada orderan, bagaimana degan gaji mereka? Apakah sebanding dengan gaji karyawan yang setiap hari berjaga dengan pemasukan papan bungan anda? Bisa-bisa rugi yang didapat. Coba fikirkan ini sebelum kamu buka usaha bunga papan.

Kamu harus paham betul mengenai resikonya, bukan berarti setiap usaha tidak ada resikonya. Namun kamu harus memikirkan secara matang ketika hal ini terjadi kedepannya. Sebab resiko apapun usaha berbeda-beda yang akan berdampak terhadap maju atau tidaknya usaha kamu nantinya.

5. Modal Usaha Bunga Papan Tak Sedikit

Poin resiko atau kelemahan usaha bunga papan yang bikin kamu berfikir ulang lainnya ialah modal usaha yang tidak sedikit. Bayangkan saja membeli rangkain bunga saja diluar harga modal papan, belum sewa ruko atau kios, gaji karyawan, dan modal persiapan untuk perbaikan papan yang rusak dan peretelan bunga yang hilang satu persatu.

Kamu bisa saja diawal membuka usaha banjir job banyak, kamu sudah menyiapkan papan yang banyak, bunga plastik, dan lainnya. Kemudian dihari lain atau dibukan berikutnya sepi orderan, apakah modal yang dikeluarkan bisa balik lagi? Tidak. Berdasarkan pengalaman kami saat bermitra dan membuka usaha bunga papan secara pribadi, merasakan penyesalan di akhir.

Simak Video Kelemhaan Usaha Bunga Papan/Florist:
Tidak bisa dipungkiri, tapi itulah kenyataan kelemahan usaha florist yang mesti kamu terima. Sebagai pemilik usaha kamu harus mampu menanggung resiko tersebut. Berbeda jika kamu punya banyak sumber penghasilan lain yang bisa menutup kerugian usaha bunga papan, lumayanlah bisa dilancar-lancarkan karena dapat mengandalkan penghasilan lain.

Kebutuhan banyaknya permintaan pengguna jasa bunga papan/florist memang terus meningkat. Bunga papan/floris juga berfungsi untuk menjaga hubungan mitra bisnis antar kerabat, dan keluarga. Kegunaan bunga papan sangat banyak tergantung permintaan pengguna.

Manfaat Bunga Papan Untuk Menjaga Hubungan 

Kegunaan bunga papan adalah untuk  menyampaikan ucapan Selamat dan Sukses kepada orang-orang terdekat anda seperti dihari pernikaha, teman-teman yang sedang launching usaha, ulang tahun, dan usaha launching pertokoan, pelantikan, kematian dan lainnya. Bunga papan sebagai media perantara penyampai pesan kepada kerabat anda agar terjalinnya hubungan yang baik

Pesan yang tersirat dari bunga papan memiliki makna dan moment tersendiri kepada rekan-rekan nantinya. Selain itu, fungsi bunga papan sendiri sebagai bentuk dukungan dan doa, sekaligus memberikan harapan yang baik kepada kolega dan rekan bisnis sebagai bentuk perhatian anda.

Dengan adanya ucapan bunga papan akan terjalinnya silaturahmi yang baik dan solidaritas kekeluargaan yang kental karena saling mendukung antar sesamanya. Menjalankan usaha bunga papan selain mudah tentu memiliki resiko yang membuat anda berfikir ulang untuk menjalankannya. 

Demikian info terkait kelemahan dan resiko usaha bunga papan. Dari uraian diatas, bukan berarti menakut-nakuti kamu untuk berbisnis dibidang bunga papan. Jika kamu sudah matang dengan resiko tersebut dan sudah kamu persiapkan jalan keluarnya maka silahkan buka, jangan tunggu lama untuk segera membuka usaha bunga papan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel