Usaha/Profesi Frelance Untung Besar Begini Caranya

Anginbisniss.com - Belakangan ini dunia usaha memiliki ragam. Ada yang usaha dibidang produk jualan, usaha dibidang jasa, dan sebagainya. Sistem usaha pun berbeda-beda baik cara menjalankan dan memasarkannya. Salah satu usaha dengan penghasilan yang menggiurkan bisa anda coba pada sistem freelance.

Usaha dengan konsep freelance memang tak banyak membutuhkan waktu. Andalah yang mengatur waktu. Misalnya setiap harinya tugas anda tinggal mengkonsep usaha kemudian memasarkanya dengab sistem lobbi. Kemudian mengajak client untuk bisa memakai jasa anda.

Usaha freelance kadang sebagian orang menganggap keuntungannya kecil bahkan habis di waktu saja. Namun sebenarnya tidak, karena usaha freelance ini hanya memanfaatkan peluang dan waktu luang. Selain itu, bisa juga ditekuni dengan serius hingga mencapai puncak keberhasilan.

Contoh Usaha Freelance dan Cara memasarkannya

Deretan usaha sistem freelance bisa berupa bisnis atau pekerjaan. Keuntunganya lebih simple dan sederhana. Hanya membutuhkan kemauan yang didukung soft skill seseorang saja.

Jika anda mampu dan sesuai dengan kemampuan maka usaha freelance akan menghasilkan keuntungan yang berlipat.
Berikut contoh usaha freelance:

1. Jasa tulis/ketik

Menjadi jasa tulis juga mudah menghasilkan uang. Misalnya anda siap menampung dengan mengerjakan tugas kantor, dan tugas mahasiswa, maka anda akan mendapatkan upah yang disesuaikan dengan kesepakatan. Termasuk jika anda ahli dibidang pembuatan skrip dan tesis.

2. Tour Guide Wisata

Menjadi tour guide wisata memiliki banyak keuntungan. Selaian berupa uang anda bisa liburan gratis bersama client. Menariknya, jika anda sebagai tour guide kemudian memasarkan tempat wisata yang ramai dikunjungi wisata maka anda bisa memasarkan harga diluar modal.

Keuntungan menjadi tour guide wisata sangat beragam seperti bisa mengenal suatu daerah, mendapatkan untung dan seseran dari client. Jika sudah terbiasa menjalani kegiatan tour guide secara freelance maka akan menjadi motivasi anda untuk memiliki usaha dibidang tour travel.

3. Hiburan

Misalnya anda bisa menyanyi dan menari bisa bergabung dikomunitas dibidang seni. Anda bisa mendapatkan job atau pekerjaan untuk menghibur dalam kegiatan instansi yang membutuhkan. Dengan cara ini bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk sekedar mengisi luang atau fokus jadi pekerjaan tetap.

4. Pemandu Acara

Siapa bilang menjadi pemandu acara tidak menghasilkan uang? Jika anda mampu menjadi mc yang baik maka kedepan siap-siap mendapatkan job yang banyak. Bayaran mc itu berbeda-beda, tergantung seberapa menarik anda membawakannya.

5. Penulis Artikel

Penulis artikel masuk dalam kategori usaha/pekerjaan dengan sistem freelance. Anda hanya fokus menulis dengan konten sesuai kebutuhan client. Untuk bayaran tulisan artikel juga berbeda tergantung letak kesulitan materi, jumlah kata, dan kejelasan tulisan. Semakin banyak tulisan anda, maka semakin banyak pula penghasilan yang akan didapatkan.

Selain contoh diatas, masih banyak jenis usaha dan pekerjaan lain dibidang freelance. Namun untuk anda yang ingin mencoba harus kenali dulu kemampuan anda dibidang yang mana. Jangan sampai memaksakan diri sampai sia-sia belaka.

Cara Sukses Menjalankan Usaha/Pekerjaan Sistem Freelance

Untuk anda yang tertarik mengeluti usaha dibidang freelance hingga sukses, berikut cara menjalankannya hingga berhasil:

1. Yakin dan Konsisten

Apapun usaha dan pekerjaan yang kita jalankan harus menanamkan keyakinan bahwa anda bisa sukses. Yakin dengan kemampuan yang sang pencipta berikan akan membangkitkan semangat anda. Kemudian lakukan degan konsisten, jika setengah-setengah maka akan sia-sia.

2. Kepercayaan dan Kepuasan Client

Untuk mendapatkan peluang lain maka anda harus memegang kepercayaan client dan kepuasan client adalah keberhasilan anda. Dengan menjunjung cara diatas maka anda akan dipercaya untuk menangani berbagai kegiatan dari berbagai client anda yang baru.

3. Atur Harga Nominal

Lihat usaha freelance apa yang anda jalanakan? Jika sistem jualan maka lihat harga modal dan harga pemasarananya. Ini bertujuan guna mendapatkan keuntungan. Tak perlu ambil untung besar, lebih baik sedikit tapi lancar dari pada banyak untung tapi lama. Jadi atur pemasaran harga yang lumayan standar saja.

4. Jalin Komunikasi Client

Client akan betah jika terus kita follup dengan pendekatan yang baik. Jalinlah komunikasi yang baik supaya kemitraan anda terus terjaga. Dalam membina sebuah hubungan tentu harus memberikan keyakinan dan kenyamanan, supaya client anda benar-benar merasa percaya dalam bermitra.

5. Fokus dengan Target

Fokus dalam menjalanka berbagai bisnis dan pekerjaan akan membuahkan hasil. Supaya maksimal perlu anda pikirkan target yang akan diraih. Misalnya anda punya target untuk menaikan omzet dan keuntungan disetiap bulannya. Jika anda sudah memiliki target akan membangkitkan semangat untuk menjalankan kegiatan anda.

Pada sistem freelance hanya membutuhkan ketekunan. Jika sepele tentu akan menghasilkan omzet yang sedikit. Usaha atau pekerjaan dengan sisten freelance memang tidak akan mendapatkan keuntungan lain kecuali hadil dari usaha anda. Sistem freelance tidak ada bonus, karena tidak terikat secara tertulis dalam suatu perusahaan atau pemilik usaha.

Itulah peran yang mesti anda pahami, karena pada dasarnya semakin banyak orderan produk, dan orderan jasa, yang sudah deal maka disitulah anda mendaptkan pundi-pundi rupiah. Jadi perbanyaklah mengatur strategi dan konsep dalam menjalankan usaha anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel