Peluang Usaha Roti Bakar: Modal dan Tips Sukses Menjalankanya

Anginbisniss.com - Roti bakar merupakan kue cemilan dari bahan roti tawar yang dikombinasikan dengan coklat, susu, keju, aneka selai, pisang bahkan kornet. Parian rasa roti bakar bisa dirincikan dengan berbagai macam rasa tergantung selera.

Makanan yang banyak digemari masyarakat ini selalu jadi cemilan favorite. Mencari roti bakar sangat mudah, lihat saja dipersimpanan jalan utama, dan keramaian lain. Deretan penjual roti bakar ramai menjajakan usahanya.

Jajanan cemilan Roti bakar banyak disukai mulai dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua lanjut usia. Rasanya yang manis dan lezat yang banyak diidolakan. Tak heran jika roti bakar dijadikan cemilan sehat dipadukan kopi hangat, atau bisa dijadikan cemilan keluarga.

Peluang Usaha Roti Bakar yang Menguntungkan

Roti bakar bukan makanan musiman, seprti usaha cemilan lain. Masyarakat sudah tidak asing dengan roti bakar yang sehat dan bergizi. Harga roti bakar dalam porsinya pun tidaklah mahal, selain murah roti bakar adalah jajanan yang mengenyangkan dan sehat.

Sehingga roti bakar cocok dijadikan usaha sampingan untuk berwirausaha. Selain ringan dalam pengelolaan dan pengerjaannya, menjalankan usaha roti bakar juga menguntungkan dan sangat mudah untuk ditekuni. Apakah anda tertarik menekuni usaha roti bakar?

Tak salahnya bagi anda yang tertarik untuk memulai usaha bisnis kuliner untuk mencoba menjual roti bakar. Bagaiman cara sukses menjalankan peluang usaha roti bakar agar untung dan sukses? Berikut ini akan kami bahas berdasarkan sampel pengalaman rekan bisnis yang sudah lama bergelut dibidang roti bakar hingga memilik cabang lebih dari satu outlet.

Modal Usaha Roti Bakar Bagi Pemula

Sebelum membahas mengenai tehknik dalam menjalankan usaha roti bakar, tentu anda juga harus paham tetang proses pembuatan mulai dari proses pemanggangan roti, penambahan selai rasa, dan sebagainya. Setelah semua anda pelajari dan mengerti maka pahami modal usaha yang dibutuhkan.

Untuk modal usaha roti bakar tidaj terlalu besar. Dimana cukup dengan modal seadanya untuk membeli perlengkapan yang dibutuhkan. Berikut modal perlengkapan yang harus disediakan sebagai berikut:
  • Gerobak/Etalase sedang: Rp.2.000.000
  • Alat pemanggang roti (aluminum): Rp. 800.000
  • Alat masak Kompor, Kipas, capitan roti: Rp.2.500.000
  • Tenda: Rp2.500.000
  • Alat makan lengkap: Rp.500.000
  • Meja Kursi, dan perlengkapan lain: Rp.1.500.000
Jumlah modal awal menyesuaikan dengan perincian diluar bahan-bahan utama: Rp.8.500.000, untuk harga peralatan disesuaikan di daerah masing-masing karena sifatnya berbeda-beda. Bisa saja harga perlatan di daerah anda berbeda, intinya rincian diatas dihitung secaea umum saja diluar modal roti tawar, selai, dan campuran adonan lain.

Anda tidak perlu menghitung langsung mengenai keuntungan. Tinggal anda amati saja secara perlahan mulai dari harga dalam satu porsi roti bakar dan dalam sehari mampu menjual berapa porsi. Karena untuk usaha roti bakar seperti ini lebih baik persiapkan modal dan segera dicoba agar kelihatan hasilnya. Kemudan jika modal sudah tersedia dalam bentuk perlatan, simak tips sukses menjalankan usaha roti bakar.

Tips Sukses Menjalankan Usaha Roti Bakar

Setiap orang yang melakukan bisnis pasti mengingikan keberhasilan agar mendapatkan keuntungan. Namun dalam menjalankan suatu usaha harus memahami teknis baik dalam segi penjulan dan pemasaran. Tips menjalankan usaha roti bakar agar sukses dan untung dapat anda ikuti dan pahami langkah-langkahnya berikut:

1. Trik usaha roti bakar agar laris harus mampu berinovasi agar mampu menciptakan roti bakar yang berbeda misalnya cita rasa yang dihasilkan lebih enak dan lezat. Kemudian usahkan membuat kombinasi cita rasa yang beragam tapi nikmat di lidah.

2. Melakukan terobosan baru dengan membuat roti bakar rangkap tiga, membuat roti bakar dengan pelayanan sesuai pesanan pembeli, memberi diskon bagi yang membeli lebih dari 5 porsi, tampilan kue yang unik, dan sebagainya.

3. Membuat daftar menu yang jelas, tampilan etalase atau gerobak di pasang benner sesuai keinginan dengan tulisan unik dan mudah dibaca dan di lihat oleh para pembeli dari kejauhan supaya calon konsumen lebih tertarik untuk mencoba. Daftar menu bisa anda temple di etalase gerobak disertakan harga yang jelas.

4. Memahami cita rasa yang di sukai pelanggan. Misalnya jika konsumen banyak tertarik dengan rasa keju maka bahan keju harus sedia lebih banyak dari varian rasa lainnya.

5. Membuat usaha Roti Bakar harus terjaga kebersihan mulai dari perlatan sebelum digunakan seperti pembakaran terbuat dari alumunium yang selalu dibersihkan, Kipas angin, capitan, tempat menyimpan bahan - bahan pada etalase yang bersih.

6. Tenda harus terang dengan lampu yang tidak redup supaya menarik mata konsumen yang memandang.

7. Selanjutnya anda perlu mempersiapkan bahan-bahan roti dalam membuat Roti Bakar seperti Roti tawar, Margarin, Susu kental manis, bahan isian seperti Meses, Cokelat, Keju, Selai, Pisang, Kacang, Sosis, dan Kornet, yang harus sedia setiap usaha roti dibuka.

8. Tempat usaha juga mempengaruhi, maka pilihlah tempat yang strategis misalnya berada di sekitaran tepi jalan yang selalu ramai. Jika tempat yang sepi maka usaha roti bakar anda akan mengalami sepi pembeli pula.

9. Jika usaha roti bakar mulai ramai sejak dibuka maka silahkan rekrut karyawan. Konsepnya bisa sistem lepas dengan gajian perminggu atau perbulan.

10. Tentukan harga pasaran dan jangan menyalahi aturan bisnis. Lihat dulu harga roti bakar disekitaran, kalau bisa samakan saja harganya atau kurangi dengan selisih yang lain Rp500-Rp1000 saja. Kemudian lakukan promosi keteman-teman anda, bisa lewat sosial media atau dari mulut ke mulut.

Resep Membuat Roti Bakar dan Cara Membuatnya

Untuk anda yang masih bingung bagaimana cara membuat roti bakar sebenarnya? Anda tak perlu bingung berbagai macam tutorial membuat roti bakar yang lezat dan mudah. Untuk lebih jelas perhatikan resep dan langkah membuatnya berikut ini:

Resep Roti Bakar
:
  • Roti tawar
  • Margarin
  • Susu kental manis
  • Isian : Meses, Cokelat, Keju, Selai, Pisang, Kacang, Sosis, Kornet
Cara Pembuatan Roti Bakar yang Lezat:

- Ambil roti tawar dan Permukaan roti tersebut anda olesi dengan menggunakan margarin terlebih dahulu.

- Kemudian tambahkan isian untuk bahan sesuai rasa seperti selai, meses, keju.

- Anda siram dengan susu manis yang kental lalu anda bakar hingga kelihatan kecoklatan dan aroma sudah mulai tercium.

- Untuk isian yang berbahan pisang maka pisang tersebut anda bakar terlebih dahulu hingga kelihatan coklat dan harum tercium. Barulah anda letakan dalam roti tersebut dan dipanggang secara bersamaan sekitar waktu pemanggangan 3-4 menit.

- Teknik membakar roti harus matang dibolak balik agar merata dan jangan gosong. Jika warna roti sudah agak kecoklatan tinggal angkat dan bungkus.

- Sebelum bungkus dilipat usahakan roti dipotong - potong menjadi beberapa bagian saja. Kemudian lipat bungkus dengan rapih.

Itulah info mengenai usaha roti bakar dan peluang usaha yang sudah kami rincikan. Silahkan pelajari dan siapkan modalnya. Jangan banyak mikir, lebih baik segera ambil tindakan dan buka segera. Lebih baik mencoba ketimbang tidak sama sekali. Ubtuk maslah untung dan rugi itu sudah urusan yang maha kuasa, yang penting anda berusaha dan yakin.

Semoga dengan refrensi diatas dapat menjadi acuan anda dalam menekuni usaha roti bakar yang sukses. Perlahan saja yang penting fokus dan selalu konsisten dengan invasi dan cita rasa yang lezat dan enak agar bisa memenangkan persaigan pasar. Selalu ramah dalam melayani konsumen dan cepat dalam mengerjakan pesannya. Semoga sukses !!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel