Bisnis Buket Bunga Modal Kecil Untung Besar

Anginbisniss.com - Bisnis Buket Bunga adalah usaha yang ringan dengan modal kecil yang menghasilkan keuntungan dalam jumlah yang banyak. Bisnis buket bunga dapat dilakuka oleh siapa saja, apalagi saat ini bisnis buket bunga mulai berkembang di diberbagai kota Indonesia dengan jumlah peminat yang lumayan.

Selain ringan dalam hal operasional baik dalam sistem pemasaran, modal, dan konsep bisnis, wajar saja jika usaha buket bunga sangat layak ditekuni dan menjanjikan. Siapa saja bisa menjalankan bisnis buket bunga mulai dari kaum wanita yang belum memiliki pekerjaan terutama ibu rumah tangga yang dapat dikelola oleh keluarga.

Peluang usaha buket bunga sangat jelas maka tak heran jika anda mencoba memulai dengan memilih bisnis buket bunga untuk usaha jangka panjang anda sekeluarga.

Namun tingkat usaha buket bunga juga beresiko tinggi, hal ini dikarenakan bunga ialah benda hidup yang harus ekstra dirawat dengan baik, jika lama-kelamaan dan didiamkan begitu saja tanpa perawatan akan menyebabkan bunga menjadi layu dan mati.

Tapi apabila anda mengetahui cara yang tepat dalam mengelola dan merawat bunga dengan baik dan benar maka resiko kerugian tersebut bisa diminimalisir dengan santai.

Menjalankan usaha buket bunga memang membutuhkan modal kecil dengan keuntungan yang besar, nah bagi kamu yang tertarik untuk menekuni bisnis ini agar lancar, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan dalam memulai bisnis buket bunga untuk anda:

1. Target Pasar

Bagaimana cara memulai menjalankan usaha buket bunga? Persiapannya adalah menetukan target pasar. Dimana Target pasar yang anda lakukan tujukan kepada orang-orang yang biasa membutuhkan buket bunga.

Biasa masyarakat membutuhkan buket bunga pada kegiatan hari kebahagian untuk mengucapkan rasa selamat seperti acara pernikahan, ulangtahun, wisuda, dan juara. Selain itu pada moment kematian, atau bela sungkawa dan sebagainya.

Untuk masyatakat yang biasa membutuhkan buket bungan ini kebanyakan orang-orang dari kelas ekonomi menengah ke atas.

Mereka pun tidak mempermasalahkan harga jual yang penting tersedia barang dengan berkualitas produk yang mumpuni dan dapat dipercaya, dengan sendirinya konsumen akan banyak jadi pelanggan setia Anda.

2. Pilih Lokasi


Dalam setiap usaha dengan sistem lapak atau toko maka anda pintar-pintar memilih tempat atau lokasi usaha. Untuk bisnis buket bunga ini sangat cocok jika dijalankan di perkotaan karena masyarakatnya sudah pasti banyak.

Selain sebagai pusat dari kegiatan-kegiatan yang banyak meliputi pernikahan, kematian, wisuda dan lain sebagainya. Pusat kota yang selalu ramai sangat mudah menjadi tempat membangun dan menjalankan usaha salah satunya yakni buket bunga.

Untuk lokasi yang strategis bisa dibeberapa tempat meliputi dekat jalan raya, pusat pemberlanjaan, tempat ibadah, krematorium, kuburan, atau kampus bahkan ditempat yang dekat dengan sekolah atau jalan raya utama. Ini bertujuan supaya usaha anda banyak diketahui orang dan mudah untuk mendapatkan pelanggan.

3. Patner atau Kerjasama Pemasok


Kerjasama dengan pemasok bunga penting sebagai produk utama bahan pejualan. Jika melakukan Kerjasama akan sangat ringan dan harga untuk modal pun bisa di negosiasi.

Langkah ini merupakan hal yang penting dalam menjalankan bisnis apapun itu, Anda harus menemukan pemasok bunga yang lebih murah dan kualitas yang bagus agar usaha dapat berjalan lancar dan kualitas produk yang dijual pun sangat memuaskan konsumen.

Namun anda wajib survei dulu sebagai bahan perbandingan sebelum diajak menjadi mitra anda. Lihat dan amati jenis bunga yang mereka pasarkan. Apabila kualitasnya bagus dan harga rendah maka jadikan sebagi mitra bisnis yang akan selalu menyuplai utama.

4. Siapkan Jasa Antar

Sebagai pemilik usaha buket bunga, sudah jelas seiring berjalannya waktu orderan dan pelanggan pun kadang meningkat dan ramai. Semua pesanan buket bunga juga akan mengantarkan berbagai macam pesanan buket kepada pelanggan dengan waktu yang sudah ditentukan.

Untuk mengatasi banjirnya pemesan maka sebagai pemilik buket bunga harus meyediakan jasa pengiriman buket bunga yang cepat dan tepat sebagai bentuk pelayanan yang profesional agar pelanggan tidak kecewa dan semakin percaya.

Buatlah jasa antar kepada karyawan anda dengan menekankan waktu yang disiplin. Atur strategi waktu saat posisi jam macet kendaraan agar segera membuat peta jalan untuk alternatif mengatasinya. Ini bertujuan supaya pelanggan tidak merasa kecewa dengan sistem pelayanan.

5. Penambahan Karyawan


Karayawan bertujuan untuk membantu dalam meringankan beban pekerjaan anda. Disaat usaha suda mulai ramai konsumen maka penambahan karyawan adalah jalan alternatif yang tepat supaya sama-sama lancar.

Saat menambah karyawan maka lihat dan amati dulu penghasilan usaha anda supaya bisa di organisir secaea berkelanjutan. Karyawan bekerja lalu mendapatkan gaji, jangam sampai gaji karyawan yang mereka terma tidak sesuai dengan kesepakatan.

Selain itu, peran karyawan dalam menagani usaha buket bunga sangat di butuhkan mulai dari petugas pembuatan produk buket bunga, bagian yang mengantarkan pesanan bunga kepada pelanggan, management keuangan, admin, dan lainnya. Sebelum karyawan mulai berkerja terlebih dahulu lakukan traning atau pelatihan di masing-masing tugasnya.

Demkian tips dalam membangun usaha buket bunga yang dapat menambah wawasan anda. Fokus dan selalu semangat dalam usaha karena hasil akan mengikuti dengan sendirinya. Silahkan dicoba semoga berhasil dan sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel