Usaha Kopi Bubuk Rumahan yang Menguntungkan, Boleh di Coba !!

Anginbisniss.com - Bubuk kopi dapat menjadi usaha sampingan yang santai tapi menjanjikan. Bubuk kopi sebagai bahan pembuatan minuman kopi yang banyak disukai. Usaha Bubuk kopi yang berkualitas mampu menghasilkan minuman kopi yang lezat, aroma kopi yang khas membuat penikmat kopi jadi ketagihan. Membuat kopi bubuk harus dipilih dari biji kopi yang berkualitas pula karena akan berpengaruh terhadap rasa yang dihasilkan.

Bubuk kopi termasuk usaha yang menjanjikan dan menguntungkan karena minuman kopi selalu jadi primadona masyarakat. Peluang usaha bubuk kopi snagat terbuka karena bahan utama biji kopi khas indonesia tersedia melimpah yang sudah terkenal didunia.

Maka tak heran jika negara Indonesia menjadikan tanaman kopi sebagai salah satu jenis tanaman yang sering dibudidayakan masyarakat. Kopi memiliki nilai jual tinggi apalagi jika sudah diolah menjadi bubuk. Sehingga kopi yang sudah jadi bubuk berpeluang yang menjanjikan dan sangat mudah diapsarkan.
Apakah anda tertarik untuk memulai bisnis bubuk kopi yang menjanjikan?

Bingung cari usaha sampingan yang tak menyita banyak waktu? Kamu bisa coba usaha kopi bubuk alami rumahan yang menguntungan. Cara mudah kamu hanya menyiapkan bubuk kopi yang sudah di jadi tepung lalu dikemas dengan logo yang menarik. Usaha ini cocok dilakuakn di rumah, kos-kosan atau membuka gerai langsung.

Mau tahu cara usaha kopi rumahan yang menguntungkan? Yuk simak caranya berikut ini:

Bagaimana cara menjalankan usaha kopi bubuk? Sebelum ke tahap pemasaran, kita kupas lebih awal dari tahap pemilihan biji kopi sebelum di olah menjadi bubuk.
Perlu anda ketahui bahwa dalan penggolahan biji kopi menjadi bubuk sebagai penentu awal keberhasilan dalam menjalankan usaha bubuk kopi yang akan dijalankan kedepannya? 

Supaya lebih paham, terdapat beberapa tahapan dalam menggolah bubuk kopi dalam sistem tradional. Untuk lebih jelas simak informasinya berikut ini:

Cara 1

1. Pemilihan Biji Kopi

Biji kopi dipilih secara jelas sesuai ukuran yang sama. Memilah biji kopi secara langsung saat sudah bersih tidak ada kulitnya atau sejak proses pemetikan dari pohon. Namun supaya lebih gampang lebih baik dipilah saat kopi sudah bersih dan telah menjadi biji yang tinggal ke tahap penyangraian.

Perlu anda ketahui mengenai ciri biji kopi yang berkualitas saat sedang dalam pohonnya. Jika bingung simak panduannya berikut ini:

  • Kopi yang bagus berwarna merah matang ranum, tidak kusam, burik, dan mulus
  • Memiliki ukuran biji yang standar dan sedang, tidak pada ukuran yang terlalu kecil dan tidak pula terlalu besar
  • Kulit kopi lunak jika sudah matang, dan ketika sudah jadi biji kopi terlihat kulit biji yang halus
  • Rasanya manis alias tidak asam, tidak payau. Silahkan dicoba saat kopi sudah matang berwarna merah.

Untuk memudahkan anda mendapatkan biji kopi yang berkualitas dan menjalankan usaha kopi bubuk yang bagus, lebih baik mencari kopi yang sudah menjadi biji dan sudah dibersihkan. Silahkan cari biji kopi kepada pemborong, biasanya terdapat pada gudang yang lebih mudah memilih untuk langsung dibeli.

2. Penyortiran Biji Kopi

Kumpulan biji kopi sesuai ukuran yang sama, ini bertujuan untuk memudahkan anda bersaing dalam jenis kopi yang berkualitas terbaik. Ini tentu mempengaruhi cita rasa saat biji kopi sudah menjadi bubuk.

Jangan dilihat dari bentuk luar saja, karena didalam biji kopi bisa saja kopong atau busuk. Caranya tekan biji kopi secara kuat ketika hancur berarti kopong dan jangan disatukan dengan yang keras.

3. Penjemuran Biji Kopi

Setelah disortir maka proses selanjutnya yaitu penjemuran. Dimana biji kopi yang sudah terkumpul djemur dibawah sinar matahari. Ini bertujuan supaya biji kopi padat, berisi, dan lebih renyah saat disangrai serta meningkatkan nilai jual yang lebih tinggi.

4. Tahap Sangrai

Tahap sangrai adalah proses pemanggangan biji kopi yang sudah dicampur dengan pasir. Pasir tidak sembarangan yakni pasir putih yang ada dipinggiran pantai yang bersih. Proses sangrai ini dilakukan dengan cara manual menggunakan wajan dari tanah liat atau dengan kuali besi yang sudah lama. Biji kopi disangrai dengan api kecil dari kayu bakar.

5. Pembersihan Biji Kopi dan Pasir

Kopi yang sudah disangrai kemudian dibersihkan dengan cara di "ayak". Untuk memisahkan biji kopi dengan pasir. Biasanya jika peralatan secara tradisional  terdapat alat tapian dari bahan rotan. Ketika biji kopi sudah bersih dalam kedaan hangat-hangat tinggal di sisihkan kedalam wadah untuk siap-siap digiling menjadi bubuk.

6. Tahap Penggilingan

Terakhir, kopi yang sudah bersih dan sudah matang disangrai akan tercium aroma khas kopi yang harum. Langkah anda selanjutnya langsung digiling. Setelah kopi digiling sampai menjadi bubuk, tahap selanjutnya adalah menimbang sesuai takarannya untuk dikemas. 

7. Tahap Pengemasan

Sebagai tahap akhir, bubuk kopi dikemas dengan plastik khusus yang sudah anda siapkan. Usahakan dalam pengemasannya sekreatif mungkin karena kemasan menarik sangat berpengaruh terhadap calon pembeli.

Nah, Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis kopi bubuk hendaknya memperhatikan tahpannya dengan baik guna menghasilkan bubuk kopi yang berkualitas dan mampu bersaing dipasaran. Setelah itu, siakan modal usaha anda secukupnya lalu analisa secara detail tentang usaha kopi bubuk secara bertahap.

Kesimpulan secara dasar, yang perlu anda persiapkan adalah perhatikan cara pengerjaan usaha kopi rumahan yang sehat dan menguntungkan tanpa campuran.

Cara 2

1. Siapkan Kopi yang sudah menjadi beras (bersih dari kulitnya) lalu anda sangrai sendiri di rumah.

2. Kemudian anda giling ke tempat penggilingan kopi di daerah anda.

3. Anda kemas dengan plastik khusus yang tebal seperti pembungkus snack kripik yang anda di toko-toko.

4. Atur berat kemasan dengan timbangan yang sama berat.

5. Tempelkan lebel sendiri dengan unik. Setelah itu anda pasarkan, bisa titip ke warung atau langsung ke toko.

Nah sistem pemasaranya bisa dilakukan secara langsung atau dengan online. Anda bisa menitipkannya di warung-warung terdekat atau langsung kerjasama ke gerai toko minimarket sejenisnya.

Untuk membuat usaha anda berjalan lancara maka buatlah akun penjualan sesuai merek brand kopi anda. Misalnya "kopinikmat", dan lainnya sesuai keinginan anda. Cantumkan kontak person dan siap order dalam jumlah banyak.

Jika terjadi pemesan yang membludak maka anda bisa mengatur jumlah kemasan sesuai jumlah pemesan. Untuk harga anda jual saja dengan harga standar supaya menarik konsumen yang lebih banyak. Yakin saja dengan usaha bubuk kopi ini anda bisa untung besar. Apalagi biji kopi sebagai bahan utama sangat mudah didapatkan.

Indonesia sangat terkenal akan hasil bumi termasuk Kopi. Para petani kopi di indonesia selalu mengahsilkan biji kopi yang memiliki cita rasa nikmat. Melihat banyaknya petani kopi tersebut maka kamu bisa memanfatkannya dengan membuat usaha sampingan sampai berhasil.

Pengemasan bisa dikreasikan sesuai selera, yang penting jika anda memproduksi olahan bubuk kopi sendiri mesti diperhatikan kematangan saat disangrai karena terlalu gosong juga mempengaruhi cita rasanya. Jadi perlu tehnik yang tepat untuk menjalankan usaha bubuk kopi yang baik.

Sekarang mulailah mencoba dan merintis usaha kopi rumahan diatas. Lakukan secara konsisten maka akan merasakan keuntungannya. Kopi sekarang ini sudah menjadi gaya hidup jadi anda tak perlu khawatir takut tidak laku saat memulai usaha. Kalau sudah rejeki tidak akan kemana-mana yang penting teruslah berusaha semaksimal mungkin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel