5 Jenis Investasi Aman dan Menguntungkan

Jika berbicara soal investasi, anggapan setiap orang pasti berbeda-beda. Ada yang beranggapan investasi itu mengarah pada saham dan hanya bisa dilakukan oleh beberapa orang tertentu saja yang banyak duit. Berbeda pada saat ini, karena investasi belakangan ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup seseorang. 

Alasannya bukan karena mengikuti tren yang sedang hangat digemari banyak orang, tetapi tujuannya adalah keinginan untuk mendapatkan keuntungan. Apalagi bagi anda pemula, yang dibuat bingung banyaknya produk dan sistem investasi yang semakin haru semakin beragam.

5 Jenis Investasi Terbaik Aman dan Menguntungkan 


Disini akan kita ulas mengenai Investasi terbaik untuk pemula modal kecil dalam waktu jangka panjang.

1. Reksadana

Reksadana merupakan sebuah wadah investasi yang terpercaya, dan diawasi oleh otoritas jasa keuangan (OJK). Para calon investor dapat berinvestasi dengan mudah dan jelas dalam instrumen investasi yang tersedia dengan membeli unit reksadana yang sudah disediakan.Anda sebagai pemula bisa memilih investasi reksadana karena sistem investasi ini akan dikelola oleh manajer investasi dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang dan lainnya. Semua akan aman, reksadana salah satu investasi terbaik dan cocok untuk para millenial.

Produk invstasi reksadana memiliki jenis nya yang akan dibeli oleh para investasi tersebut dan tidak perlu pusing untuk memikirkan saham atau bahkan obligasi segala macamnya. Ini dikarenakan sudah ada manajer investasi Anda lah yang akan mengelolanya langsung.

Investasi ini tak harus modal besar, di reksadana mulai dari Rp 100 ribu saja, Anda sudah bisa menambah portofolio investasi dengan Reksadana. Jadi sangat irit, jelas, dan terjangkau.

2. Deposito

Deposito adalah produk investasi di bank yang tidak asing di telinga masyarakat.
Sebagai produk penyimpanan uang di bank dengan sistem penyetoran, dimana nasabah nantinya akan mendapatkan bunga setiap tahunnya. Untuk pencairan atau penarikannya dilakukan setelah melewati waktu tertentu sesuai yang sudah di sepakati.

Biasanya deposito mempunyai jatuh tempo selama 1, 3, 6 atau 12 bulan. Setelah periode deposito berakhir, maka uang dapat diambil kembali. Sistem deposito barus konsisten dengan tegang waktu yang sudah disepakati. Misalnya saat akan dicairkan harus sampai pada bulan terahkir dulu.

Jika ingin di cairkan sebelum jatuh tempo, maka anda sebagai pemilik nasabah akan terkena penalti sesuai dengan kebijakan bank yang bersangkutan. Namun ada juga bank yang tidak mengenakan pinalti kepada nasabah, mungkin karena alasan tertentu.

Kelebihan dari deposito adalah bunga yang didapat tergolong tinggi jika dibandingkan dengan tabungan biasanya. Tapi sistem bunga pada deposito tidak bisa diambil kecuali sudah jatuh tempo. Bunga deposito anda bisa dicairkan atau bisa pula di ditambahkan kembali ke jumlah pokok uang yang anda depositokan untuk selanjutnya.

3. Properti

Bisnis property juga layak dijalani oleh sebagian orang yang suka berinvestasi. Misalkan anda memiliki uang lebih, lebih mantap jika menjalakan investasi dibidang properti. Investasi properti sungguh menguntungkan karena mampu membuat keuangan yang stabil. Itulah kenapa bisnis property juga banyak dipilih masyarakat.

Sebagai contohnya misalkan anda memiliki uang lebih kemudian membeli rumah, kos-kosan, membeli unit apartemen dan kemudian disewakan, dimana setiap bulan anda akan meraup penghasilan yang cukup sesuai nilai sewa bulanan. Bisa juga disewa sistem tahunan seperti rumah, apartemen, ataupun kosa-kosan sekali pun.

Dengan melakukan investasi properti ini, Anda akan mudah mendapatkan uang tanpa bersusah payah bekerja. Walau demikian, Anda juga harus cermat sebelum memutuskan untuk memilih investasi ini misalnya memilih lokasi yang strategis di lingkungan kampus, pusat kota, dan lainnya.

4. Pertanahan

Membeli tanah sebanyak-banyaknya juga masuk dalam investasi yang menguntungkan. Setiap tahun harga tanah pasti naik dan tidak akan sia-sia. Anda punya uang jika ditabung di bank tidak bisa menghasilkan sesuai yang anda inginkan. Karena menabung di Bank siafatnya hanya menyimpan bukan memutarkan atau di bisniskan.

Cukup beli tanah misalkan seadanya saja dengan ukuran sesuai keuangan anda. Mau anda jual atau bangun rumah untuk dijual bisa atau lelang tanah juga bisa. Namun yang jelas harga beli tanah anda sekarang akan berbeda dengan harga jual kemudian hari yang jauh lebih tinggi.

5. Emas batangan

Investasi emas masih banyak menjadi pilihan menyimpan harta berupa fisik. Anda bisa menabung emas di pegadaian dengan sistem cicilan bulanan dan jangka waktu yang ditentukan. Ingat investasi emas nilainya juga cenderung naik, sehingga akan lebih menguntungkan jangka panjang.

Salah satu kelebihan investasi emas adalah mudah dicairkan. Kapanpun anda butuh uang mendesak dapat anda jual kembali dan pencairannya pun tidak ribet.

Emas juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Saran saja beli lah emas saat posisi harga turun, karena setiap periode tahunan ke depan harga emas akan sangat tinggi.

Tips Memilih Investasi yang Aman

Setiap produk investasi yang ada pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Sebelum anda memilih investasi, maka harus melakukan pengamatan secara jelas mengenai kelebihan dan kekurangan dari produk investasi yang anda pilih agar tidak merugikan dan menyulitkan.

Kenali produk investasi tersebut dengan baik. Saat ini sudah banyak jenis investasi yang menawarkan berbagai macam produk oleh sebuah lembaga keuangan. Perhatikan pula investasi yang ditawarkan apakah tergolong investasi yang dilindungi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ini harus harus berhati-hati sebelum mengikuti.

Ada 4 tips bagi anda yang tertarik berinvestasi supaya terhindar dari bahaya tipu-menipu, ilegal, dan yang bersifat merugikan. Untuk lebih jelas simak info berikut:

1. Keuntungan yang nasabah dapatkan Imbal harus masuk akal dan logis. Artinya tidak ada yang ditutupi dan banyak janji-janji. Setiap investasi memiliki risiko yang berbeda pastinya setara dengan potensi imbal hasil yang akan didapatkan para konsumen.

2. Lihat dan amati bentuk perjanjian dan produknya. Sistem investasi yang baik memang harus terdaftar di OJK. Jika belum terdaftar maka harap tidak mengikuti investasi yang ditawarkan.

3. Sistem hasil atau keuntungan yang akan didapatkan oleh nasabah harus jelas dan masuk akal. Tidak banyak ini itu yang bersifat membingungkan.


4. Sebuah lembaga investasi di bidang
keuangan tersebut tertera laporan keuangan yang transparan dan rinci. Sehingga anda dapat lebih mudah memahami dan menilai sistem keuangan yang terdata jelas.

Investasi wajib berhati-hati, anda harus paham tentang jenis produk yang ditawarkan. Ingat, jangan sampai menyesal kemudian. Mulai sekarang cari tahu investasi yang akan anda ikuti dengan teliti. Jika memang sudah sesuai maka segera berinvestasi.

Itulah jenis investasi yang terbaik dan jangka panjang. Pastinya investasi di atas akan membuat keuangan anda stabil sebagai tabungan masa depan. Mutlak sekarang tentukan investasi apa yang akan anda pilih. Silahkan temukan dan jangan tunggu lama. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel