Modal Usaha Pecel Lele dan Peralatannya

Perkiraan modal awal usaha pecel lele dan peralatan yang dibutuhkan dalam memulai usaha tentu sudah tak asing lagi. Bisnis kuliner pecel lele sangat mudah diajalankan. Tak perlu bingung berkepanjangan, jika anda sudah niat mulai saja mengitung perkiraan modal dan perlatan yang dibutuhkan dari sekarang. 

Usaha pecel lele mudah kita jumpai di berbagai tepat seperti area pinggir jalan, pasar malam, perempatan jalan, dan daerah kawasan pusat perbelajaan. Usaha pecel lele cukup menjanjikan apalai modal yang diperlukan tidak terlalu besar.

Anda berminta untuk menjankan usaha pecel lele? Lakukan segera dan hitung saja perkirana modal dan peralatan yang dibutuhkan. Usaha pecel lele dapat dijalankan dengan santai dan dengan modal kecil. Walaunpun demikian untuk potensi keuntungannya pun tergolong besar. Sebab para penikmat pecel lele juga banyak mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Rincian Modal Awal Usaha Pecel Lele dan Peralatannya

Bagi anda yang serius ingin membuka usaha pecel lele, mari kita hitung inilah perkiraan modal yang akan anda keluarkan jika dilakukan dalam bentuk gerobak berikut ini:

1.Siapkan Gerobak


Gerobak berfungsi sebagai tempat untuk mengolah dan menaruh bahan-bahan mentah. Usahakan merawat Gerobak ini dengan rutin agar selalu rapih dan bersih. . Harga gerobak pecel lele sekitar mulai dari Rp 2.000.000 saja. Namun tergantung ukuran dan motif juga memiliki harga yang berbeda.

2. Peralatan Tenda/Terpal

Belikah terpal ukuran 4 x 6 meter saja atau tergantung keinginan. Untuk tenda 4 X 6 ini biasanya kisaran Rp 1.000.000 tergantung daerah harga pemasarannya. Jika membutuhkan lebih dari 1 tenda tidak masalah yang penting berguna sesuai keperluan.

3. Kompor Gas Elpiji

Siaplan 1 unit Kompor gas elpiji, dengan merek Quantum. Kisaran harga kompor yakni mulai Rp 500.000, tapi jika usaha pecel lele anda ramai maka belilah 2 unit saja yang penting berjalan lancar.

4. Peralatan Pendukung Lain

Untuk alat-alat yang harus di siapkan selanjutnya ialah sendok, teko, gelas, piring dari anyaman bambu, etalase kecil, termos, wajan penggorengan, ulekan, pisau dapur, ember, daun pisang (jika diperlukan), garpu, tempat sendok, tempat kecap, tusuk gigi, tisu, wadah nasi, wadah kobokan ukuran kecil, lap untuk tangan dan pembersih meja, kursi plastik/kayu, dll. Investasi yang dibutuhkan diperkirakan Rp 5.500.0000.

5. Spanduk

Spanduk fugsi untuk mengenalkan usaha anda dan supaya cepat di ketahui banyak orang. Untuk harga spanduk pecel lele Rp 100 ribu atau pesan ukuran satuan meter sesuai jumlah ukuran yang anda inginkan. Segera pasang dan mulailah untuk beroperasi.

6. Sewa Tempat

Biasanya jika hanya modal usaha Gerobak maka jatuhnya numpang tempat. Untuk tarif juga disesuaikan dengan harga para pelaku usaha lainnya. Misalnya memberikan salar atau kemamanandan kebersihan setiap bukanya Rp 10.000 - Rp 20.000 saja. Namun jika anda bukanya ditempat khusus seperti depan pusat perbelanjaan, atau toko maka sewa lapak sekitar Rp 500.000 sudah temasuk listrik dan air.

Rincian modal usaha pecel lele yang perlu dipersiapkan sejumlah Rp 9.650.000, diluar bahan-bahan yang akan dimasak dan bumbu-bumbu lainnya. Namun perlu anda ketahui untuk harga satuan peralatan disetiap daerah berbeda-beda, artinya bersifat kondisional.

Modal Usaha Bahan Baku Pecel Lele

Selain modal untuk mempersiapkan peralatan, ada pula modal bahan baku seperti;
  • Hati ampela
  • Gula pasir
  • Garam
  • Minyak goreng
  • Tempe
  • Tahu
  • Daging ayam
  • Lele
  • Sayuran lalapan
  • Bumbu
  • Rempah-rempah
  • Es batu
  • Minuman teh bubuk
  • Air putih matang
  • Kopi (Jika diinginkan)
  • Beras
  • Gas 
Biaya bahan baku persiapkan saja kisaran Rp.1.000.000, ini akan menjadi modal yang akan mulai anda lihat mengenai keuntungan dan memutarkan modal kembali untuk membeli bahan setiap harinya. Untuk teknsinya saat membuka usaha maka kerjakan dulu agar terlihat jelas. Tidak perlu merekrut karyawan, namun jika anda sudah siap moda untuk menggaji tim maka tidak masalah.

Keuntungan Usaha Pecel Lelel

Setelah modal dan perlatan diatas anda kumpulkan maka lihat keuntungan perkiraan yang didapat. Karena sifat berbisnis jualan itu tergantung ramainya pembeli. Jadi bisa anda lihat saat usaha pecel lele anda sudah berjalan selama 1 bulan penuh. Untuk gambaran bagi para pelaku usaha pecel lele rata-rata keuntungan secara bersih setiap harinya mulai dari Rp 3.000.000 - Rp 5.000.000 di setiap bulan.

Keuntungan usaha pecel lele memang bisa saja besar bisa juga kecil tergantung ramainya pembeli. Intinya modal yang harus disiapakan diatas memang harus anda kumpulkan dan pikirkan matang-matang. Jika sudah bulat maka segera buka langsung usaha pecel lele anda.

Untuk meningkatkan pendapatan dari usaha pecel lele, anda dapat memanfaatkan untuk memulai ternak ikan lele secara bertahap. Bisa dengan memanfaatkan pekerangan rumah atau dengan membuat kolam khusus diluar tempat tinggal.

Sehingga anda tak perlu membeli ikan lele lagi yang akan dijadikan usaha jualanan anda. Bahakan jika usaha ternak anda bisa berkembang dan maju maka bisa saja anda menjual langsung ikan lele segar kepada para pembisnis pecel lele. Nah itu dia modal awal usaha pecel lele dan peralatan yang mesti disiapkan. Sekarang lakukan dengan baik dan fokus untuk menjalakannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel