Cara Mulai Usaha Ternak Ayam Kampung Yang Menggiurkan

Anginbisniss.com - Mau tau cara memulai usaha ternak ayam kampung yang menggiurkan? Yukk simak konspe usaha ternaknya siapa tau anda bisa lebih sukses dalam menjalankannya. Berternak ayam kampung dapat dijadikan ladang penghasilan anda yang menjanjikan. Usaha ini tidak main-main soal keuntungan, mulai dari daging, telur, dan kuliner bahan ayam kampung.

Diketahui Ayam kampung adalah sejenis unggas yang banyak dicari masyarakat. Baik dagingnya yang dapag dijadika obat dan telurnya. Ayam kampung memang berbeda dari ayam boiler/ayam potong dimana ayam kampung sendiri banyak digemari. Harga pasarannya pun jauh lebih mahal dari ayam potong.

Melihat banyaknya permintaan konsumen akan ketersedian ayam kampung maka menjadi sebuah peluang bagi anda. Usaha ayan kampung ini pasti berhasil yang penting anda mampu memasarkan dan melakoninya dengan baik. Lalu bagiamana cara menjalankan usaha ternak ayam kampung? Baca juga: Jenis Jenis Belut dan Penangkarannya

Menggeluti usaha ternak ayam kampung memang harus membutuhkan lahan khusus, ini baginm anda yang memang betul-betul ingin seriud menjalankannya. Untuk lebih ringan anda bisa memulainya dengan memelihara ayam kampung di rumah. Cukup buatkan kandang sederhana saja dan rawat hingga mencukupi usia untuk dipasarkan.

Di pembahasan kali ini mengenai Cara Memulai Usaha Ternak Ayam Kampung Yang Menggiurkan akan dibahas secara dasar dan menyeluruh. Anda bisa saja memulai bisnis ini dengan mengikuti langkah berikut:

Memulai Bisnis Ternak Ayam Kanpung Yang Menggiurkan

Cara menulainya anda pasti membutuhkan modal untuk membuka ternak ini, misalnya menyiapkan lahan dengan ukuran yang standar, membangun kandang khusus ayam kampung, menyiapkan bibit ayam, menyediakan pakan ayam, dan sekaligus merawat telurnya jika sudah mulai bertelur.

Semua itu harus dijalankan secara konsisten, karena sifatnya ternak maka harus memperhatikan kenyamanan dan keamanannya supaya ternak ayam anda tidak mati sia-sia. Untuk lebih jelas mari di simak sistem memulai usaha ternak ayam yang menggiurkan.

1. Menyediakan bibit ayam kampung

Sebagai awalan, langkah utama anda menyiakan terlebih dahulu beberapa bibit ayam kampung untuk di pelihara secara bertahap. Misalkan sekitar 5-10 ekor ayam dengan rincian 5 betina dan 5 jantan. Anda bisa mengambil dengan ukuran kecil atau dewasa, tinggal pilih mana yang menurut anda bagus yang disesuaikan dengan modal membeli bibirnya.

Untuk tahap permulaan tak perlu langsung dengan jumlah banyak. Bisa bertahap, kecuali anda memang sudah berpengalaman dan sudah siap dengan sarana prasarana dalam jumlah yang banyak.

2. Menyediakan kandang/lahan ternak

Selanjutnya Anda menyiapkan lahan yang lumayan untuk merawat ternak ayam kampung yang sudah anda siapkan. sebagai saran saja untuk tahap permulaan ini tak perlu harus menyiapkan lahan yang luas. ini akan menjadi sebuah pemborosan bagi anda, akan tetapi hal yang harus lebih diutamakan adalah keamanan dan kenyamanan berternak nantinya.

Lahan yang cukup adalah modal utamanya, jika modal anda tidak mencukupi untuk mengadakan lahan ternak, maka anda bisa memulainya dengan memeliharanya dirumah saja. Ini juga jauh lebih efektif sebagai permulaan dalam menekuni usaha ternak ayam kampung yang menghasilkan.

3. Sediakan pakan ayam kampung

Salah satu kelebihan dari menggeluti usaha ayam kampung ini adalah dari segi pakan dan tempat kandang. Dimana pakannya tidak menentu, bahakan beras, nasi, jagung, dan gabah pun dilahapnya. Berbeda dari ternak ayam potong, dimana pakannya juga harus jelas dan khsusus.

Pakan ayam kampung bisa anda beri gabah atau beras saja. Itulah yang lebih mudah dan ringan dicari. Bahkan sisa-sia makan pun bisa di lahap ayam kampung makanya tak heran jika ternak ayam kampung jauh lebih ringan dan menguntungkan.

Tips Merawat Ternak Ayam Kampung

Merawat ayam kampung memang berbeda dari ayam potong. Untuk ayam kampung sendiri bisa diliarkan dengan bebas. Namun tetap dalam melakoni usaha ternak ayam kampung juga perlu perawatan supaya tidak terserang penyakit. Apabila perawatannya bagus maka usaha ayam kampung anda akan berhasil dan sukses.

Untuk tehnik merawat ayam kampung juga dibutuhkan strategi yang tepat. Misalkan ketika ayam sudah bertelur, maka perlu tempat yang khusus. Dimana anda juga bisa mengkonsep bagian telur yang akan di tetaskan dan telur yang akan di pasarkan. Inilah hal-hal kecil yang berpengaruh terhadap kemajuan usaha ternak anda.

1. Siapkan tempat bagian ayam bertelur

2. Pisahkan ayam bertelur dengan yang akan diteraskan

3. Pisahkan anak ayam yang beru emnetas bersama induknya

4. Ayam dewasa yang siap dihual juga perlu tempat yang khusus.

Selain itu anda perlu merawst kandang ayam kampung tersebut supaya terhindar dari penyakit unggas. Ternak ayam yang bagus yakni kandang atam yang tidak tercampur kotorannta sendiri. Bahaya ayam yang kandangnya tidak bersih dari kotoran akan mudah kena penyakit. Bahayanya jika satu unggas terkena penyakit maka akan menular ke unggas yang lain hingga mereka mati secara massal.

Untuk menghindari hal itu, maka perlu penerapan kandangan yang bagus yakni membangun kandang ayam bertingkat. Misalnya sebagai berikut:

1. Kandang dibuat tinggi bertingkat.

Satu tingkatan untuk para unggas berkeliaran hidup, dan satu tingkatan ahir tempat kotorannya. Jadi disaat ayam mengeluarkan kotorannya akan langsung jatuh ke bagian tanah melalui celah-celahnya. Sehingga ayam tidak akan menginjak kotorannya sendiri.

Sebab jika ayam yang diternak menginjak kotorannya berhari-hari akan membuat kaki ayam menjadi korengan dan membuat ayam menjadi sakit. Banyak yang sudah membuktikan dengan pola berternak ayam yang tidak diberikan celah kotorannya menempel dengan kaki, akan terlihat sehat. Kandang yang dibuat bertingkat justru lebih mudah membersihkannya.

2. Memisahkan jantan petarung dengan lainnya.

Jika tidak dilakukan pemisahan maka ayam jantan akan mematok ayam yang lain. Ini perlu anda waspadai supaya ayam lainnya tidak tercederai hingga tidak sehat. Usaha ternak ayam kampung memang harus jeli memantau perkembanganya supaya para unggas dapat telrihat mana yang sudah siap dijual dan mana yang belum.

Namun untuk usaha ternak ayam kampung, sangat laku dijual, mulai ayam yanng sudah pisah dari induknya sudah berani dibeli orang. Harganya pun juga lumayan dan tak pernah turun bahakn naik setiap tahunnya. Apalagi jika anda mampu memelihara ayam jantan sampai jago tarung. Jika bagus dan proporsional mulai dari badan yang tidak ada cacat maka harganya bisa mencapai ratusan sampai jutaan rupiah dalam satu ekornya.

Nah usaha jantan memang layak di tekuni, sebab hasilnya tidaklah kecil. Keuntungan menggeluti usaha ayam kampung memabg tergolong besar, ini dapat anda jadikan sebagai peluang yang bagus untuk dijalankan. Cara Memulai Usaha Ternak Ayam Kampung Yang Menggiurkan diatas sudah banyak yang melakukannya hingga berhasil. Sekrang giliran anda, jika sudah ada niat untuk memulai maka lakukan dengan cara diatas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel