Analisis Modal Usaha Gorengan dan Keuntungannya

Anginbisniss.com - Bisnis gorengan merupakan cara tepat yang bisa dilakukan untuk memperoleh penghasilan tanpa memerlukan modal besar. Cemilan gorengan ini sudah sejak Lama menjadi menu favorit bagi banyak orang, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, lansia hingga balita menyukai kuliner gorengan Karena selain rasanya gurih, renyah dan harganya sangat terjangkau.

Saat berkumpul dengan teman maupun keluarga makanan inilah yang paling pas untuk dijadikan sebagai cemilan. Salah satu bisnis unggulan yang menguntungkan dan tidak membutuhkan modal yang banyak bisnis kuliner ini mempunyai tingkat persaingan yang cukup tinggi.

Analisa Modal Usaha Gorengan dan Keuntungannya dapat anda pahami pada pembahasan kali ini. Usaha gorengan sangat mudah dijalankan. Apalagi gorengan juga banyak disukai mulai dari anak-anak hingga dewasa. Melihat banyaknya penyuka gorengan maka anda dapat megambil peluang usaha yang menguntungkan.

Apakah anda tertarik menggeluti usaha gorengan ini?, Kira-kira berapa analisa modal awal usaha gorengan dan keuntungan yang akan didapatkan di setiap bulannya? Agar lebih jelas mari kita bahas dengan jelas dan tepat. Baca juga: Peluang Usaha Tanpa Modal Besar

Dalam setiap usaha pasti membutuhkan cara yang tepat, begitu juga jika anda ingin melakoni usaha gorengan. Anda perlu menganalisa modal awal usaha gorengan dan juga menghitung perkiraan keutuntungan yang akan di dapatkan.

Faktor utama masalah tempat juga mempengaruhi, misalkan anda membuka usaha gorengan di pinggir jalan, di lingkungan sekolah atau kampus, di pasar, di dekat rumah sakit, atau di tempat-tempat lingkungan kontrakan/kosan mahasiswa.

Modal Awal Usaha Gorengan dan Keuntungannya

Untuk modal usaha gorengan yang diperlukan adalah peralatan. Disini anda perlu mempersiapkan kebutuhan mulai dari perlengkapan adonan, tempat, etalase, dan bahan-bahasn dalam membuatnya. Nah untuk lebih jelas mengenai apasaja yang dibutuhkan.

Deretan peralatan yang perlu anda siapkan untuk memulai usaha gorengan sebagai berikut;
  • Etalase/ Gerobak
  • Wajan untuk memasak
  • kompor gas
  • Tabung elpiji
  • Serok untuk menggoreng
  • Plastik/ kresek untuk pembeli
  • Cabai rawit
  • Meja dan kursi jika dibutuhakan
Bahan Pembuatan Adonan diluar modal peralatan;
  • Minyak goreng
  • tepung terigu
  • Pisang
  • Tahu dan Tempe
  • Bahan combro
  • Kol sauran
  • Toge
  • Wortel
  • Bawang merah/putih
  • Bumbu pendukung
  • Garam
  • Penyedap rasa
  • Minuma jika jual di tempat khusus
Usaha gorenga juga diperlukan cara yang baik, adapun tehnik yang perlu anda perhatikan saat melakoni usaha gorengan supaya maksimal dan mendapat banyak pelanggan, diantaranya;

1. Usahakan mengganti minyak goreng secara teratur dan hindari mencampur minyak dengan bahan lain yang akan merugikan kesehatan konsumen.

2. Hindar Kecurangan, saat inj sudah banyak pelaku usaha gorengan di penjara karena bermain curang seperti mencampurkan adonan dengan bahan yang mengandung zat berbahaya agar gorengan yang tidak laku awet untuk dijual kembali bahkan minyak dicampur plastik.

3. Saat gorengan matang, hindari meletakkannya dengan beralaskan koran atau kertas yang sudah ada tulisan. Sebab saat kertas terkena gorengan maka tinta kertas akan melebur. Ini membahayakan komsumen, sebainya dialas dengan tisu atau plastik bersih.

Sekarang ini para pembisnis gorengan sudah menjamur dan memasarkan gorengan dengan berbagai cara. Agar anda tidak kalah dalam persaingan bisnis maka sebainya membuat terobosan baru mulai dari tehnik adonan, cita rasa, bahan, dan ukuran gorengan dengan harga yang menggiurkan.

Modal Usaha Gorengan Part I

Perhatikan analisis mengenai jumlah modal yang dibutuhlan dalam menjalankan usaha gorengan dan keuntungannya supaya anda dapat lebih mudah untuk mempersiapkan sebelum buka usaha;
  • Bahan baku utama, Rp1500.000,00
  • Gerobak, Rp350.000,00
  • Peralatan, Rp350.000,00
  • Biaya tak terduga, Rp200.000,00
  • Gas elpiji dan kompor , Rp. 350.000,00
Jumlah Modal: Rp2.750.000,00

Hitungan Omzet:
  • 1 hari terjual 500 biji gorengan x Rp1000 = Rp500.000
  • 1 bulan (30hari) x Rp500.000= Rp15.000.000
Keuntungan bersih:
Dari Rp500.000 kita ambil Rp200.000 bersih, Maka didapat Rp200.000/hari x 30 hari, maka jumlah keuntungan Rp6.000.000/bulan.

Untuk penghasilan anda dari usaha gorengan akan memperoloeh keuntungan sebesar Rp6.000.000, ini sudah lumayan kebanyakan para penjual gorengan dalam sehari saja dapat menjual sebanyak 1.500 gorengan, hitung saja pendapatan mereka disetiap bulan yang begitu besar. Maka dari itu anda harus fokus dan konsisten dalam menjalankan apapun usaha anda.

Modal Usaha Gorengan Part II

Rincian Biaya Modal awal Usaha Gorengan part II.
Berikut ini penulis paparkan rincian biaya modal awal usaha gorengan , antara lain:

- Investasi Awal:
1. Gerobak gorengan unik yang sederhana Rp. 1.500.000.
2. Alat-alat masak Rp 200.000.
3. Perlengkapan usaha Rp 200.000
4. Kompor gas dan regulator Rp 500.000
5. Tabung gas 3 kg beserta isi Rp 150.000

Total biaya investasi untuk membuka usaha gorengan sebesar Rp 2.250.000. jika anda ingin menghemat biaya pengeluaran untuk investasi usaha gorengan maka sobat bisa menggunakan tabung gas, kompor gas, dan peralatan masak yang anda miliki saat ini yang bisa anda bawa dari rumah.

- Biaya Operasional Usaha per Hari:
1. Pembelian bahan baku Rp 100.000
2. Gas elpiji 3 kg Rp 30.000
3. Minyak goreng 4 liter Rp 20.000
4. Biaya listrik dan kebersihan Rp 20.000
5. Gaji karyawan @ Rp 700 ribu Rp 1,4.000.000.
6. Biaya tak terduga Rp  100.000

Maka biaya operasional perhari usaha gorengan sekitar Rp 250.000. Dikalikan satu bulan, maka biaya operasional perbulan sebesar Rp 7.500.000.

Jika dalam satu hari anda dapat menjual 400 gorengan dengan harga Rp 1000 perbuah maka keuntungan kotor yang bisa didapatkan sebesar Rp 400 ribu perhari. Dikalikan satu bulan, maka omset usaha gorengan unik dan modern sekitar Rp 12.000.000 perbulan. Dikurangi biaya operasional maka omset bersih bisnis gorengan sebesar Rp 4.500.000. Sangat lumayan kan ? Apalagi usaha gorengan bisa dijalankan secara sampingan dan tidak membutuhkan modal yang banyak.

Anda juga bisa menambahkan dengan membuat gorengan unik, terlaris seperti :
- Piscok Goreng
- Tahu Krispy, dan
- Donat Goreng

Analisa Keuntungan Usaha Gorengan

Bagaimanakah analisa usaha gorengan? Berdasarkan pengalaman orang-orang yang sudah terlebih dahulu memulai dan sukses dalam usaha in. Bisnis gorengan masih sangat menjanjikan walaupun tingkat persaingan sangat ketat. Dimana anda bisa dengan mudah menjumpai gerai usaha berjualan gorengan dari skala kecil hingga besar.

Sangat mudah untuk mendapatkan makanan ini. Jika anda seorang pelajar maka anda bisa mendapatkan aneka gorengan di kantin sekolah. Disepanjang jalan raya jika anda menyusurinya maka anda bisa menemukan bisnis gorengan di pinggir jalan atau penjual gorengan kaki lima menggunakan gerobak yang menetap maupun keliling. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak peminat dan ketatnya persaingan bisnis cemilan ini.

Usaha gorengan ini memiliki pangsa pasar yang luas, baik dari kalangan ekonomi menengah atas maupun kalangan menengah bawah, kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan dan lainnya. Sehingga apabila anda menggeluti bidang ini maka anda akan mendapatkan penghasilan yang sangat menjanjikan.

Harga gorengan sangat terjangkau bagi semua kalangan. Biasanya di pasaran dibanderol dengan harga dimulai dari Rp.1000 - 2000 per buahnya. Agar lebih lengkap, berikut ini keuntungan berbisnis gorengan bagi pemula, antara lain:

- Sangat Mudah Dijalankan
Dengan menetap disebuah tempat anda bisa membuka usaha ini. Anda cukup menyediakan bahan baku dan peralatan memasak seperti wajan, serok dan minyak goreng serta bahan baku gorengan. Selanjutnya membuat aneka gorengan baik yang manis maupun asin. Ada banyak resep membuat gorengan yang enak dan lezat yang bisa anda pelajari.

- Sangat Laku
Usaha gorengan dapat dipastikan laris manis setipa kita jualan. Mengingat akan sangat dibutuhkan manusia sebagai bagan cemilan kuliner terutama pada malam hari dan dapat dikatakan salah satu aneka jualan yang paling laku saat ini. Yang namanya makanan termasuk kebutuhan utama manusia yang tidak bisa dilepaskan selama manusia hidup di muka bumi. Sebagai menu makanan teman nasi, aneka gorengan laku keras perhari.

Tips Menjalankan Usaha Gorengan Agar Sukses

Menjual gorengan memang terlihat seperti biasa saja. Namun tahukah anda menggeluti usaha gorengan juga dapat menghasilkan keuntungan yang banyak melebihi gaji karyawan kantoran bahkan pegawai negeri sipil. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, alias modal kecil tapi keuntungan yang berlipat. Berikut tips sukses menjalankannya:

1. Tahap pengenalan

Untuk pertama kali membuka usaha gorengan ini, tak perlu membuat banyak. Sebagai tahap pengenalan maka buat saja seadanya saja. Jika sudah berjalan diusia 1 bulan atau 3 bulan barulah anda bisa menjual gorengan dengan jumlah yang banyak.

2. Hindari Jual Gorengan Sisa

Setiap usaha yang kita lakukan pasti berharap akan bertahap lama dan lancar. Untuk itu, saat anda memulai usaha gorengan maka hindarkan menjual gorengan sisa, atau yang tidak laku kemarin-kemarinnya. Ingat, rasa tidak pernah bohong. Setiap pembeli akan paham mana gorengan yang diangetkan dengan gorengan yang baru. Jika ini terjadi maka siap-siap anda pasti akan kehilangan pelanggan.

3. Berikan Bonus Saat Awal Buka

Untuk menarik perhatian pembeli, maka anda dapat memberikan bonus di malam pertama anda jualan. Misalnya beli 2 gratis 1, atau beli 5 gratis 2. Anggap saja ini adalah sedekah dari anda dengan niat supaya dagangan anda lancar dan sukses. Ini adalah sebuah trik agar usaha anda diketahui dan banyak yang berminat untuk membeli di esok harinya.

4. Wajib memperhatikan kebersihan

Kebersihan adalah salah satu faktor utama yang akan mempengaruhi kelancaran usaha gorengan anda. Usahakan saat membuat adonan gorengan harus bersih, termasuk dalam penyajian. Hindari penyajian yang tidak di tertutup karena akan terkena debu dan udara kotor.

Calon pembeli pasti akan memperhatikan kebersihan gorengan yang anda buat sebelum membelinya. Jika konsumen sudah kecewa maka usaha anda akan gulung tikar. Jadi anda harus berhati-hati saat memproduksi gorengan supaya pembeli tidak merasa kecewa. Baca juga: 9 Tips dan Modal Usaha Nasi Goreng

5. Atur Keuangan dengan Tepat

Memanagement suatu bisnis juga penting. Termasuk dalan mengatur semua pengluaran dan pemasukan dari usaha gorengan anda. Supaya terlihat berapa modal saat belanja kebutuhan dagang dan berapa hasil dari omzet serta keuntungannya secara rinci agar terlihat jelas. Pisahkan uang pribadi dengan uang bisnis, ini adalah tehnik mengatur keuangan yang tepat.

Jika dilihat dari rincian analisis modal usaha gorengan dan keuntungannya diatas, maka dapat disimpulkan bahwa bisnis jual gorengan juga tergolong usaha yang ringan. Selain itu, modal yang dibutuhkan tidak besar. Namun justru keuntungan yang didapat malah lebih menggiurkan. Sekarang tunggu apalagi, jangan pikir lama langsung eksekusi. Tidak ada bisnis yang berhasil secara instan tanpa ditekuni dan yakin.

Jika anda sudah yakin dalam bisnis ini maka segeralah buka dan konsisten dalam menjalankannya . Semoga artikel mengenai modal awal membuka usaha gorengan ini dapat membantu anda dalam melakukan analisa usaha gorengan dan dapat membantu anda menuju bisnis yang sukses. (Arif)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel