16 Bisnis Menguntungkan di Moment Wisuda

Pada moment wisuda merupakan acara yang sangat di idamkan oleh kalangan mahasiswa yang sudah menyelesaikan perkuliahannya. Disaat moment wisuda tiba, banyak melakukan berbagai acara menarik sebagai bentuk keceriaan dan rasa syukur atas keberhasilan seseorang.

Pada saat acara berlangsung, maka para wisudawan selalu ramai didampingi oleh keluarga masing-masing, termasuk di kalangan sahabat, rekan-rekan, yang turut hadir memeriahkannya. Biasanya lingkungan kampus akan ramai disesaki masyarakat termasuk jalan akses menuju kampus juga akan terlihat macet total.

Melihat ramainya orang-orang yang hadir diacara wisuda tersebut, tak ketinggalan pula deretan mahasiswa baik masyarakat umum juga turut mewarnai keramaian dengan berjualan berbagai pernak pernik dan aksesoris seperti boneka wisuda, bunga panel, kembang, makanan dan minuman, pakaian, dan sebagainya.

Sepertinya hal ini sudah menjadi tradisi bagi para pembisnis muda dan kalangan umum. Jangan salah omzet yang mereka dapat dari hasil penjualan selama sehari tersebut mampu meraup keuntungan yang banyak, apalagi bagi mereka yang terbiasa jualan setiap hari dimana penghasilannya jauh berbeda disaat ada moment wisuda berlangsung.

Sebenarnya pada moment acara wisuda dapat dimanfaatkan bagi kalangan mahasiswa yang memiliki hobi berbisnis, atau bisa juga dijadikan sebagai tempat belajar berwirausaha secara langsung. Tinggal ambil peluang saja dengan mengumpulkan barang-barang yang akan dijual lalu dijajakan saja di pinggiran kampus atau jalan umum saat wisudawan menuju Gedung.
Untuk memberikan kemudahan bagi anda supaya tidak bingung dengan barang apasaja yang tepat dan layak di jual pada moment wisuda tersebut. Nah kali ini akan kita bahas secara mendalam mengenai Peluang Bisnis Menguntungkan di Moment Wisuda Bagi Mahasiswa dan Umum. Simak info sejelasnya dan langsung anda persiapkan !

16 Usaha di Moment Wisuda Paling Diminati

1. Membuka Jasa Photo

Banyak orang memanfaatkan foto keluarga langsung disekitaran kampus. Nah ini jadi peluang anda supaya bisa membuat jasa photo wisuda di halaman kampus. Cari yang stratheis di dekat perlintas wisudawan. Sediakan juga tim anda, dan latar foto pilihan berupa tarub mini.

Sehingga hasil foto tersebut dapat anda buat langsung jadi, dan bayar ditempat. Jangan lupa pamerkan hasil photo sebelumnya yang lengkap dengan bingkai. Ini bertujuan untuk menarik perhatian pengunjung. Jika banyak client yang mau foto, maka atur saja waktu pengabilannya dengan mengisi data dan nomor telp secara lengkap.

2. Jual Boneka Wisuda

Boneka adalah pernak pernik yang cocok dijual pada moment wisuda lho. Jia terkendala modal anda bisa membuat boneka unik dengan kain fanel. Selain modal yang sedikit, hasil karya ini bisa dijual dengan harga standar yang menguntungkan.

Namun jika anda memilikk cenel maka anda bisa menjadi pemasaran saja. Tinggal cash bon dulu barang-barang bonek yang sudah ada lalu anda jajakan saat wisuda berlangsung. Jadi tidak ribet, tinggal mainkan saja harganya yang jelas ambuk keuntingan mulai dari 20 ribu sampai 50 ribu saja dari setiap barang.

3. Jual Bunga Panel

Bungan panel biasanya sudah mampu di produksi sendiri oleh kalagan mahasiwa yang kreatif. Anda bisa jual langsung dengan rekan-rekan anda secara keliling. Tawarkan saja kepada para wisudawan atau kepada orang-orang yang berwara wiri di area kampus.

Untuk memebrikan kesan menarik maka fanel bunga yang anda jual sebaiknya di kemas dulu dengan unik. Supaya mampu membuat calon pembeli merasa senang. Pasarkan dengan harga yang murah asal anda sudah mengantongin angka keuntungannya.

4. Jual Kembang Ikat

Kembang ikat ini berbeda dari bunga fanel. Jika anda menjual kembang ikat maka bunganya harus asli bukan plastik atau yang terbuat dari fanel. Biasanya menjual kembang ikat yang asli banyak diminati oleh wisudawan loh. Selain terlihat lebih elegant dan nuansa yang romantis, kembang ikat lebih disukai banyak kalangan.

Tata saja bunga yang sudah dikemas dengan baik. Siapkan juga semprotan air untuk kembang supaya tidak layu dan tetap segar sepanjang hari. Pilih kebang yang berwarna supaya terlihat cantik dan romantis. Jualan kembanga asli semacama ini juga laris, harganya lun luamyan bisa 50 ribu -150 rb/ikatnya.

5. Jual Bingkai Foto Unik

Bingkai foto inj bertuliskan kata mutiara atau ucapan selamat yang lengkap dengan gambar orang yang wisuda. Nah ini harus gerak cepat. Ketika ada yang memesan maka editing dan tim harus sigap saat ada orderan. Sebab anda harus mengejar waktu, jika banyak orderan maka tinggal pesan dulu lalu minta data dengan kontak person lengkap.

Disaat pemesanan ada maka harus segera di DP dulu 50%, untuk sis pembayarannya bisa diambil di jam yang sudah di tentukan sekaligus pelunansan. Cara ini lebih efektif untuk meminimalisir lonjakan pemesan yang banyak. Jika usaha ini anda lalukan bersama rekan-rekan maka itung saja keuntungannya yang begitu fantastis.

6. Jual Kipas Tangan

Pengalaman saat mengahadiri wisuda di kampus banyak juga yang menjual kopas tangan. Selain itu, ada pula kipas elektronik mini yang dapat dibawak-bawak secara santai. Biasanya kalau wisuda itu pasti akan padat dan udara terasa panas. Jadi menghindari kegerahan tersebut banyak peserta dan dari pihak keluarga yang membeli kipas tangan ini untuk dibawak keruangan.

Peluang ushaa ini justru lebih cepat laku, selain berfungsi untuk mendinginkan suasana, juga sebagai kebutuhan. Apalagi banyak wisudawan dari kalangan perempuannm yang takut make up nya luntur karena panasnya terik matahari. Untuk mengatasinya mereka tak segan-segan membeli kipas tangan yang berjejeran di kampus.

7. Minuman Es Murah

Minuman es sangat berpariasi, misal es campur, es teh, atau es dingin dengan bahan dasar marimas dan lainnya. Minuman ini memang pelepas dahaga dab terasa segar. Jadi mudah dipasarkan. Untuk tehnik menjual minumannya ini cukup anda buat dengan banyak lalu anda bawak keliling dan tawarkan degan orang-orang yang nongkrong disekitaran kampus.

Udara panas saat wisuda menjsdi berkah bagi penjual minuma es yang jelas akan mudah laku. Minuman murah dengan modal marimas Rp500 saja, bisadijual dengan ditambahka air dan es batu yang dintarok didalam gelas mika. Harganya bisa berubah drastis yakni Rp5000/cup. Hitung saja keuntungnya yang besar sekali.

8. Makanan Snack

Makanan snack biasanaya digemari oleh anak-anak kecil. Moment wisuda banyak kalangan anak-anak kecil dari keluarga yang wisuda ikut hadir. Jadi mereka juga kadang rewel jika tidak menggenggam makanan. Untuk itu, jajanan snack adalah peluang juga untuk dipasarkan dengan mudah.

Mendapatkan snack ini bisa kerjasama dengan warung-warung terdekat. Atau anda bisa cash bon dulu dengabn agen warung klontongan. Bawak saja barang-barang makanan snack yang banyak lalu jajakan di kampus saat moment wisuda berlangsung. Jika sudah kelar acara maka hitung saja modal yang harus dibayarkan ke agen warung. Selebihnya milik anda sebagai keuntungannya.

9. Jualan jilbab

Jika kegiatan acara wisuda tiba, kondisi kampus sudah seperti pasar yang besar dengaan banyaknya masyarakat, mahasiswa, dan penjula yang menyatu tumpah ruah. Artinya jualan jilbab juga layak dilakukan, apalagi banyak keluarga wisudawan yang datang dari berbagai daerah. Baca juga: Tips Jual Jilbab Agar Lancar dan Berhasil

Jual saja aneka motif jilbab terbaru yang harganya standar. Pasti laku, mengingat jilbab adalah pakaian wajib kalangan wanita muslim. Jadi sudah pasti dari sekian banyaknya ibu-ibu yang hadir akan lirik sana sini saat bebebagai jilbab, anda jajakan dengan baik di sekitaran kampus.

10. Jualan Pakaian

Terlepas dari jualan jilbab, jualan pakaian juga tepat saat acara wisuda. Jual saja pakaian-pakain trend dan murah di lapak sekitaran gedung wisuda supaya mudah di lihat orang-orang. Untuk sisitem penjualan baju ini anda harus bisa bermain harga. Sebab para pembeli juga pasti akan melakukannm penawaran. Jadi jika mereka sudah menawar dengan harga terendah asal anda sudah mendapatkan untung walaupun sedikit maka berikan saja.

Lebih baik laku dengan untung kecil tali banyak yang membeli, ketimbang untuk besar tapi yang beli sedikit. Menjual pakaian di acara wisuda sifatnya instan, jadi jangan tunda saat ada calon pembeli yang nego harga. Selagi ada untungnya yas tinggal bungkus dan langsung lelang.

11. Jualan Pelakat

Moment wisuda banyak sahabat dan teman yang akan datang bersilaturahmi sembari mebgucapkan selamat kepada yang wisuda. Terlepas itu, biasanya mereka juga membawa oleh-oleh kenang-kenagan seperti pelakat. Pelakat ini bisa anda jadikan bisnis, maka buatlah pelakat yang unik dan menarik perhatian.

Misal pelakat ada tulisan happy graduation, dan kaliamat-kalimat lucu yang sudah jadi lainnya. Ini adalah benda yang juga laris di beli saat acara wisuda. Maka anda harus mengambil peluang ini supaya mendapatkan untungnya.

12. Jualan Slempang Gelar

Jualam slempang gelar juga bagus dan banyak pembelinya. Tapi sistemnya harus pesan dulu lalu dibuatkan. Sebelum acara wisuda berlangsung maka anda bersama tim harus bekerja ekstra untuk promosi dengan menyediakan penjualan slempang yang bertuliskan nama dan gelar wisuda.

Untuk lebih mudah, anda data saja rekan-rekan yang akan wisuda lalu buatlah selempang yang langsung jadi lengkap dengan nama dan gelarnya. Ketika acara wisuda tiba temui dan jajakan slempang tersebut dengan harga yang standar saja.

13. Jualan Souvenir Khas Kampus

Souvenir khas kampus bisa berupa gantungan kunci atau berupa pajangan seperti gambar icon terkenal di kampus tersebut, gambar gedung kampus, atribut jurusan, dan sebagainya. Buatlah kreasi yang unik berbahan tembaga, plastik, fanel, dan lainnya.

Sovenir yang lebih mantap bisa membelinya di pusat perbelanjaan dengan jumlah banyak supaya bisa dijual dengan harga satuan yang jauh menguntungkan. Untuk lebih mudah supaya diminati calon pembeli maka pilih souvenir yang oaling bagus, lucu, dan menarik.

14. Jualan Parsel Snack

Menjual parsel snack biasanya sudah di rinci dengan kemasan yang spesial. Ini ditujukan untuk rekan-rekan yang wisuda saat akan silaturahmi dengan membawa oleh-oleh Parsel sanck berbagai isian. Nah anda dapat menjual parsel snack ini dengan mengumpulkan jenis makanan ringan seperti coklat, kue, minuman, dan lainnya yang dikemas dalam plastik atau bingkai khsusus.

Ini jauh lebih elegant saat dibawakan untuk oleh-oleh kepada teman yang wisuda. Selain bermanfaat juga bisa dimakan bersama tampilannya yang unik akan menjadi perhatian. Jadi jika anda ingin berjualan dimoment wisuda jangan lewatkan untuk menjual parsel snack semacam ini.

15. Jualan buah-buahan

Buah buahan juga sering dimanfaatkan keluarga yang wisuda untuk makanan menjamu para tamu yang datang. Seperti anak-anak kos yang wisuda biasanya tak kepikiran untuk menyiapkan makanan buahan saat moment wisudanya. Jika melihat jualan buahan di kampus pada hari wisuda sudah jelas dapat menarik perhatian.

Akan banyak yang membeli secara langsung dihari tersebut untuk dimakan bersama dengan tamu yang datang. Jadi menjual buahan pada moment wisuda juga tepat selain menggugah selera juga penting untuk menambah jamuan keluarga besar.

16. Jualan aksesori jilbab

Aksesoris jilbab biasanya akan banyak dicari oleh kalangan ibu-ibu dan para wanita. Di moment wisuda banyak dimanfaatkan orang-orang untuk mencari perlengkapan kebutuhan lain. Jika anda berniat untuk jualan maka jangan lupa jajakan aksesoris jilbab yang banyak dengan motif yang beragam.

Modal membeli aksesoris juga tidak terlalu banyak, apalagi jika anda bisa membuatnya sendiri yang langsung dari tangan anda. Misalnya beros, dan lainnya. Jadi jelas menguntungkan dan menjualnya pun juga tergolong mudah dan ringan.

Nah dari deretan peluang usaha di saat moment wisuda diatas, anda harus segera mengambil peluang dengan baik. Jadilah mahasiswa yang cekatan dan kreatif mampu berusaha dari yang terkecil. Dari pada moment wisuda berlangsung anda hanya diam di kosan atau datang saat silaturahmi saja. Lebih baik sejak pagi hari anda manfaatkan untuk berjualan terlebih dahulu.

Keuntungannya nanti juga luamayan untuk buat jajan beberapa hari kedepan atau tambahan buat membeli kebutuhan lain. Jika dilihat dari jenis usaha yang dapat dijual pada saat moment wisuda tersebut sangat mudah anda kerjakan. Anda bisa bekerjasama dengan teman-teman supaya bisa memulai bisnis dengan baik dan sama-sama mendapatkan keuntungan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel