Cara Agar Kos Kosan Laris Tersewa dan Cepat Penuh

Anginbisniss.com - Usaha kos kosan adalah sebuah investasi berupa aset dalam waktu yang pajang Aset yang betul-betul diharapkan oleh setiap orag. Dengan memiliki usaha kos kosan akan mudah mendapatkan uang. Namun bagaimana jika memiliki usaha kos kosan namun sepi? Tak pernah penuh dengan banyaknya kamar yang masih lama kosong.

Permasalahan seperti ini yang sering terjadi pada pemilik kos kosan sehingga membuat pemasukan berkurang drastis. Pentingnya promosi kos kosan dapat sebagai bentuk cara dalam mengenalkan kepada masyarakat luas bahwa anda menyediakan kos kosan yang dapat disewa dengan fasilitas yang lengkap. Baca juga: Asumsi Modal Awal Membangun Kontrakan

Namun karena kesalahan dalam promosi membuat kos kosan anda sepi. Sangat disayangkan jika ada kamar yang kosong apalagi jika itu terjadi dalam waktu yang lama. Jelas akan membuat kerugian, dimana seharusnya nilai sewa misalkan pertahunnya 5 juta an, maka jika lama kosong anda sama saja kehilangan uang 5 juta tersebut.
Bagaimana jika kamar yang kosong lebih dari 3 kamar?, itu artinya penghasilan dari kos kosan anda akan berkurang. Berarti kesalahan anda ini lah yang harusnsegera diatasi supaya kos kosan anda penuh dan disukai para calon penghuni nantinnya.

Cara Promosi Kos Kosan Agar Laris Tersewa dan Cepat Penuh

Adakah cara yang tepat untuk promosi kos kosan?, Maksudnya adalah berikan cara yang baik sebagai bentuk strategi supaya hasilnya sesuai yang diinginkan. Kosan yang penuh malah lebih bagus dan memang itu yang diharapkan. Namun jika tidak mampu melakukan promosi dengan berbagai cara dalam tahap pengenalanya, maka itu akan sangat sia-sia.

Pernahkah anda gagal dalam promosi sebelumnya? Pastu. Semua orang pasti banyai mengalaminya. Setelah diketahui permasalahannya, ternyata ada dalam sistem promosinya. Jika anda hanya melakukan promosi secara monoton via mulut ke mulut saja tidak cukup. Perlunya strategi promosi yang baik dan tepat agar dapat lebih mudah diketahui banyak orang.

Untuk lebih jelas bagaimana cara promosi yang benar dalam usaha pengenalan kos kosan kepada orang banyak?, Simak cara ampuh dan cepat dibawah ini:

1. Prmosi di area kampus.

Anda bisa membuat benner atau poster kemudian disebarkan ke pada mahasiswa atau di tempelkan langsung di mading-mading kampus. Ini lebih efekti supaya mudah diketahui kalangan mahasiswa. Jangan lupa salam keterangan poster cantumkan fasilitas kos kosan, alamat, dan kontak person yang dapat dihubungi.

2. Tunjuk tim sosialisai.

Misalkan anda ingin menyebarkan promosi kepada masyarakat atau mahasiswa dikampus. Maka rekrut tim khusus yang akan berusa memasarkan ko kosan anda baik didalam kelas atau disetiap kegiatan kampus. Disini anda beri upah persen apabila mereka mampu membawa orang-orang yang akan menghuninya.

3. Promosi di sosmed.

Sosial media (sosmed) adalah cara yang begitu praktis dalam mempromosikan kos kosan anda. Buat akun sosial media khusus dengan username nama kosan anda. Buatlah postingan berupa gambar dan keterangannya secara lengkap. Apalagi jika kos kosan anda tersebut memilki blog/website khusus yang justru lebih bagus.

4. Berikan harga yang standar.

Mahasiswa atau keluarga yang ingin menyewa kos kosan juga akan mempertimbangkan harga, fasilitas, dan keadaan yang anda. Itu artinya kebersihan dan kelengkapan fasilitasnya sangat penting supaya banyak yang berdatangan.

5. Promosi disekitaran keramain.

Prmosi ini yaitu memberikan poster di tempat-tempat yang strategis. Supaya lebih cepat diketahui banyak orang. Biaanya jika poster anda sudah tersebar maka akan banyak yang menelpon dsn ea anda.

6. Pelayanan sosial yang ramah.

Anda berperan sebagai pemilik kos kosan, dimana anda juga harus memiliki sikap yang terbuka dan bersahabat terhadap penghuni dan termasuk dalam hal negosiasi harga disaat mereka surfei lokasi kos kosan. Berikan pelayanan yang ramah agar lebih meyakinkan calon penghuni dan merasa nyaman.

Maka dari itu pentingnya promosi ini akan mempu memberikan efek yang baik untuk kebelangsungan kos kosan anda. Mengingat persaingan usaha semacam ini semakin banyak, maka anda juga perlu malakukam strategi yang tepat agar kos kosan anda laris terisi dan para penghuninya pun betah.

5 Kesalahan Penyebab Kos Kosan Sepi Penghuni

Tahukah anda kosan sepi dari penyewa disebabkan beberapa faktor. Padahal jika kos kosan sepi memang sangat disayangkan yang jelas akan merugikan anda. Kos kosan dibangun sebagai ladang usaha artinya siapapun yang sanggup menempatinya silahkan saja, yang penting sudah melakukan pembayaran untuk sewa bisa perbulan/pertahun sesuai kesepakatan.

Untuk mengantisipasi supaya anda tidak melakukan kesalahan yang akan berdampak terhadap kos kosan anda maka simak secara jelas, berikut kesalahan yang menyebabkan kos kosan sepi:

1. Tidak bersosialisasi.

Jika anda tidak ada komunikasi yang baik, maka tanpa alasan maka ini merupakan salah satu pemicu yang menyebabkan los kosan anda sepi.

2. Usil dan iri.

Para penghuni kos kosan pasti tidak nyaman jika pemilik kos kosan yang suka usil dan selalu iri dengki. Semua kegiatan harus diketahui dan pasti hal ini akan membuat mereka tidak betah.

3. Pembayaran tambahan diluar kesepakatan.

Ini masalah yang sering terjadi, dalam perjanjian awal tidak dibahas mengenai pembayaran lainnya. Namun setelah beberapa bulan tinggal baru muncul penagihan uang ini dan itu diluar kesepakatan awal.

4. Bawel dan rewel.

Pemilik kos kosan yang bawel pasti tidak disukai penghuninya. Tempat tinggal macam itu pasti akan dianggap neraka oleh sebagian yang tidak suka dengan anda. Perlahan mereka pun akan berangsur-angsur pindah dengan berbagai alasan.

Intinya jika anda sebagai pemilik kos kosan maka hindari sikap yang sudah tertera diatas. Sebaiknya anda terbuka dan jalin keakraban dengan mereka supaya para penghuni kosan anda betah dan nyaman. Jika mereka nyaman maka kosan akan penuh terisi, dampaknya pendapatan anda dari kosan tersebut akan bertambah dan terus meningkat.

Jangan sampai anda melakukan kesalahan baik dari segi sosial tingkahlaku terhadap para penghuni kosan yang akan membuat mereka minggat dan berbondong-bodong pindah. Jika hal ini terjadi maka sangat percumah anda capek-capek promosi. Apapun strategi promosi, jika sikap anda terhadap para penghuni kosan kurang baik maka wajar jika akan sepi dan tidak membuat mereka betah.

Apabila hal itu terjadi, sudah dipastikan anda lah yang akan merasakan kerugiannya. Kos kosan yang kosong tentu sangat disayangkan, otomatis omzet atau penghasilan anda juga akan berkurang. Parahnya lagi jika para penghuni tidak betah maka info buruk ini sudah pasti akan terdengar oleh rekan-rekan mereka. Sehingga membuat kos kosan anda tidak akan ada yang tertarik untuk menyewanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel