7 Kesalahan Bisnis Bagi Pemula Penyebab Bangkrutnya Usaha

Anginbisniss.com - Bisnis memang harus dilakukan dengan konsep yang tepat, jika melenceng dari cara yang tidak wajar maka bisnis yang anda geluti akan bangkrut alias gulung tikar. Padahal kesalahan tersebut bersifat sepele, namun kebanyakan sering dialami oleh para pembisnis pemula yang menyebabkan usaha menjadi bangkrut.

Konsep bisnis sebenarnya yakni bagaimana cara agar dapat memasarkan produk dengan baik, mengelola usaha, pelayanan terhadap konsumen, dan selalu bersikap jujur. Itulah modal dasar yang mampu mengantarkan bisnis yang kita lakoni semakin berkembang dan terhindar dari kebangkrutan.

Melihat yang terjadi dari kegagalan para pembisnis pemula baik sekala besar dan kecil memang tak lepas dari kesalahan yang disepelekan. Padahal tidak disadari kegagalan dalam menggeluti sebuah usaha akan berdampak fatal. Pada intinya adalah tergantung dari sikap anda dan tim dalam mengatur pola usaha.

7 Kesalahan Bisnis Bagi Pemula Penyebab Bangkrutnya Usaha

Jika anda sudah yakin dalam menjalankan suatu bisnis maka penting bagi anda dalam memahami secara detail mengenai hal-hal terkait dunia usaha. Akan banyak kendala yang anda rasakan saat usaha anda sudah dibuka. Apalagi faktanya kadang teori usaha akan tak sejalan dengan kondisi dimana usaha anda mulai diajalankan.

Apalagi anda sebagai pelaku usaha pemula yang sudah seharusnya lebih detail dan paham terhadap strategi marketing bisnis, dan cara menjalankan supaya tidak melakukan kesalahan yang akan menyebabkan bangkrutnya usaha yang anda rintis.

Nah untuk menghindari kesalahan agar tidak terjadi, maka wajib bagi anda untuk memahami dengan jelas segala hal yang berkaitan dengan usaha. Lalu apasaja kesalahan yang sering dilakukan para pembisnis pemula dalam menjalankan usahnya? Mari kita simak penjelasannya supaya anda terhindar dari kebangkrutan.

1. Tak pandai mengelola keuangan.

Biasanya bagi seseorang yang sudah niat untuk buka usaha akan ceroboh dalam mengelola keuangan. Biasanya karena sudah merasa memiliki modal yang cukup maka menyepelekan hal-hak mengenai pamsukan dan pengeluaran yang dilakukan.

Sehingga tidak menyadari uang hasil bisnis akan disalah gunakan misal terlalu boros, menganggap uang akan ada terus karena sudah punya usaha. Bahkan akan tidak terpikirkan untuk mengembangkan bisnis agar mampu membuka cabang yang lain.

2. Tidak ada rekan patner.

Maksud rekan patner adalah bisa sebagai penyuplai modal, vendor, atau tim karyawan. Jika anda baru pertama usaha maka jangan sungkan untuk melibatkan keluarga atau rekan-rekan terdekat.

Jangan menutup diri, apapun usaha sangat bagus jika diutarakan bersama rekan anda. Sebab ide dan masukan akan muncul sebagai refrensi dan pemahaman tambahan.

3. Tidak memperdulikan calon pelanggan.

Pelanggan itu ibarat kepercayaan orang lain terhadap jasa yang sudah anda berikan. Buatlah semenarik mungkin supaya pelanggan anda banyai. Semakin banyak pelanggan makin besar pula pundi-pundi keuntungan yang akan membuat usaha anda semakin lancar dan bersinar.

4. Kurang baik dalam hal pelayanan.

Pelayanan memang bersifat sensitif bagi setiap konsumen. Jadi terapkan sistem pelayanan yanh profesional. Jika melayani calon pembeli, mengatasi masalah jika terjadi kesalahan info kepada konsumen. Sering dilakukan oleh para pelaku usaha pemula yang selalu mengecewan konsumen hanya dari segi pelayana.

Kuncinya adalah terapkan senyum, sapa, dan salam. Tak masalah anda berikan salam sebagai pendingin suasan agar calon pembeli tidak canggung dan lebih terbuka untuk mampir di toko/usaha anda.

5. Bersifat acuh dan bodo amat kepada konsumen.

Hindari bersifat acuh, ini masalah sebagai penyebab kebangkrutan. Ketika konsumen datang tinggalkan kegiatan anda walaupun mereka hanya sebatas bertanya dan menawar hingga tidak terjadi transaksi barang/jasa dengan anda. Berikan infi yang baik supaya mereka betah dab merasa anda sebagai orang yang jujur.

6. Bersikap tidak adil.

Bersifat tidak adil juga penyebab usaha anda bangkrut total. Adil yang dimaksudkan adalah jujur dalam berbisnis. Contoh anda menjual barang KW anda infokan barang asli, harga murah anda banting harga mahal yang tak sewajarnya, dan jika usaha barang timbangan tidak tepat hitungan timbang, dan lainnya.

Sifat tersebut jika masih anda lakukan berarti lebih mendekatkan bisnis anda menuju bangkrut. Tak perlu membohongi konsumen/calon pembeli, jika itu berhasil anda kelabui maka pasti mereka akan merasa kecewa dan akan mencoreng nama pribadi dan usaha anda sehingga tidak akan ada konsumen lagi.

7. Tidak konsisten dan ceroboh.

Setiap orang yang berbisnis sebagai pemula memang kadang tidak fokus secara keseluruhan. Niat memiliki usaha dapat gagal karena tidak fokus dengan waktu berikutnya, seperti malas karena bosan dan sebagainya.

Selain itu, sikap ceroboh juga sering dilakukan seperti mengulur waktu padahal sudah saatnya outlet di buka, tidak disiplin dengan prioritas agenda dalam kebutuhan bisnis.

Kesalahan dalam bisnis diatas sering dianggap sepele, seketika penyesalan terasa disaat kesalahan-kesalahan itu mulai diketahui sebagai penyebab kemunduran usaha anda, maka barulah menyadarinya. Contoh kecil saat pemasukan mulai berkurang, butuh suplai dana tambahan, dan kebutuhan mulai menuggu.

Apalagi jika usaha anda baru seumur jagung, kemudian dibulan pertama anda mulai melakukan kredit barang dan jasa, maka akan menjadi kendala bagi keungan anda. Inilah hal-hal yang sering tak disadari para pembisnis khusus pemula. Jika tidak diatasi maka anda juga akan merasakan hal yang serupa.

Pemahaman Konsep Bisnis Sebelum Memulai agar tidak bangkrut

Perlunya pemahaman yang tepat saat akan memulai usaha akan sangat bermanfaat terhadap keberlangsungan bisnis yang dijalankan, supaya bisnsi tersebut mampu berkembang dengan cepat sesuai proses tahapannya. Saat ini dunia bisnis mulai banyak di lakukan oleh orang-orang yang melalui berbagai sistem dan konsep masing-masing.

Termasuk di era tehnologi yang semakin canggih ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbisnis. Seperti memanfaatkan sosial media sebagai wadah dalam promosi usaha yang dianggap lebih cepat tersampaikan dan mampu meningkatkan jumlah pelanggan yang lebih banyak.

Jika dilihat dari kesalahan bisnis diatas dapat dijadikan sebagai pembelajaran kedepan bagi anda sebelum terjun berbisnis karena prinsipnya jika sudah mulai membuka dan menjalankan usaha maka harus ada target yang lebih cepat dalam mengembangkan usaha yang dilakukan.

Itulah info mengenai 7 kesalahan bisnis yang sering dialami para pembisnis pemula yang menyebabkan usahanya menjadi bangkrut. Prinsip bisnis adalah bagaiman membuat usaha agar berhasil dan sukses dengan cabang lainnya.

Jika anda berniat ingin membuka usaha, maka pahami tips diatas. Supaya memberikan gambaran bagi anda agar tidak ceroboh saat menjalankannya. Tapi yakinlah semua hal bisnis yang anda lakukan baik yang berhasil maupun tidak akan menjadi sebuah pembelajaran berharga dalam hidup.

Setidaknya anda sudah memiliki pengalaman dibidang usaha. Jadikan kegagalan usaha anda sebagai cambuk dan tantangan untuk meraih keberhasilan.

walaupun pernah membangun usaha yang gagal, anda pasti akan mengalami perubahan postif yang akan membuat anda lebih jeli dan mampu menjalankan berbagai usaha berdasarkan konsep sesuai pengalaman yang terbaik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel