Modal Usaha Soto Ayam Bagi Pemula dan Cara Pembuatannya

Anginbisniss.com - Indonesia memang terkenal dengan khas kulinernya yang lezat, baik makanan kering atau pun basah. kuliner indonesia selalu menjadi incaran para wisatawan lokal ataupun asing. Selain harga yang bersahabat, cita rasa yang dihasilkan pun sangat enak dan membuat konsumen ketagihan untuk terus menikmatinya.

Wisatawan yang berkunjung ke indonesia akan merasa rugi jika tak menyicipi kuliner yang satu ini yakni Soto ayam. Soto ayam adalah makanan berkuah yang memiliki rasa yang khas akan rempah-rempah yang tercampur didalamnya. Wajar jika kuliner ini menjadi dambaan semua orang, karna pembuatan dan pemilihan rempah-rempahnya pun kualitas nomer 1, sehingga membuat rasa yang dihasilkan sangat menggugah selera.

Soto ayam ini sangat mudah ditemukan, mulai dari penjual ditenda pinggir jalan sampai di kafe-kafe mewah pun ada, sehingga anda tidak perlu kebingungan untuk mencarinya. Biasanya soto ayam selalu disandingkan dengan bakso dan mie ayam. Ketiga kuliner ini selalu jadi menu andalan untuk makanan berkuah.

Membuat soto memang tergolong sangat mudah dan cepat, Sehingga bisa dikerjakan oleh siapa saja, wajar jika banyak orang yang membuka usaha ini. Walaupun demikian, usaha soto tetaplah menggiurkan, asal mempunyai modal dan strategi yang pas. Selain itu anda juga harus mempunyai resep soto yang enak agar bisa mengalahkan pengusaha soto lainnya.

Sebelum memulai usaha soto, anda harus tau selera konsumen dan mempelajari strategi-strategi serta bahan olahan yang enak. Sehingga orang akan berbondong-bondong mendatangi tempat usaha anda dan menghabiskan soto buatan anda. Dibawah ini kami akan memaparkan modal yang dibutuhkan dalam membuat soto yang enak.

Modal Awal Usaha Soto Ayam
Peralatan dan modal yang dibutuhkan :

1. Etalase Rp. 2,320,000
2. Kompor dan tabung gas Rp. 530,000
3. Giling bumbu Rp. 752,000
4. Baskom Rp. 100,000
5. Talenan Rp. 50,000
6. Spatula Rp. 35,000
7. Panci Rp. 130,000
8. Sendok Rp. 65,000
9. Mangkuk Rp. 450,000
10. Pisau Rp. 50,000
11. Spanduk Rp. 50,000
12. Meja dan kursi Rp. 550,000
13. Peralatan lain Rp. 300,000

Itulah perincian modal yang harus anda kumpulkan, jika di totalkan sekitar Rp. 5,382,000 anda sudah bisa membuka usaha soto ayam impian anda.

Bahan Membuat Soto Ayam Yang Lezat
Sebelum anda mulai menjalankannya, alangkah baiknya jika anda belajar mengenai proses pembuatannya. Apabila cara membuat kuliner ini sudah anda ketahui maka langkah selanjutnya anda harus mengetahui perkiraan mengenai gambaran modal yang dibutuhkan, sekarang anda harus mengetahui bahan dan bumbu yang pas untuk soto ayam anda agar semakin enak. Berikut penjelasannya.

Bahan-bahan :
1. Satu ekor ayam dengan ukuran berat 800 – 900 gr, buang kepala dan kaki
2. 2 liter air
3. 5 lembar daun jeruk
4. 3 batang serai, memarkan
5. 2 sdm garam
6. 1 sdm gula pasir
7. 1 sdt merica bubuk


Bumbu Soto Ayam :

1. 10 siung bawang merah
2. 2 cm jahe
3. 6 siung bawang putih
4. 4 btr kemiri yang sudah disangrai
5. 4 cm kunyit

Bahan Pelengkap :

1. 50 gr soun, seduh air panas, tiriskan
2. 1 buah tomat, potong – potong tipis
3. 2 batang seledri, cincang kasar
4. 1 btr telur rebus, belah jadi 4 bagian
5. 100 gr kol, diiris halus
6. 100 gr toge
7. Bawang merah goreng

Setelah bahan dan bumbu sudah lengkap, saatnya anda mempelajari cara membuat dan penyajian soto ayamnya, agar bahan serta bumbu diatas menghasilkan rasa yang lezat. Inilah cara membuat soto ayam.

Cara Membuat Soto Ayam :
1. Rebuslah air dan kemudian masukkan ayam yang sudah dibersihkan tadi rebus sampai berubah warna.

2. Tiriskan ayam serta biarkan air kaldunya.

3. Goreng ayam sampai berubah kuning kecokelatan.

4. Angkat dan iris tipis daging ayam. Selanjutnya sisihkan.

5. Jika sudah maka panaskan minyak serta tumis bumbu halus sampai harum. 6. Beri tambahan serai serta daun jeruk.

7. Aduk – aduk sampai merata jika sudah angkat.

8. Tuangkan bahan tumisan tersebur dalam air kaldu bekas rebusan ayam tadi dan masak sampai kuah mendidih.

Cara Penyajian :
  • Masukkanlah bahan pelengkap dan ayam yang sudah iris dalam mangkuk saji.
  • Setelah itu tuangkan kuah panas.
  • Jika sudah, taburi bawang goreng, nasi hangat, sambal serta kerupuk, tergantung request pelanggan.
Itulah tips dan cara pembuatan soto ayam. Tetap jaga cita rasanya dan pertimbangkan selalu masukan konsumen. Setelah ini anda harus mempelajari strategi pemasarannya, supaya usaha anda tidak sepi pengunjung. Berikut penjelasannya.

Strategi Pemasaran Soto Ayam Agar Cepat Laris

Strategi yang efektif dalam memasarkan soto ayam ini adalah dari mulut ke mulut. Mengapa? Karna orang akan memberitahukan kepada rekan kerja, teman, atau saudaranya jika soto yang anda jual sangatlah enak. Maka dari itu jagalah kualitas rasa dan bahan, serta selalu tingkatkan pelayanan terhadap konsumen, agar konsumen nyaman dan promosi usaha anda akan menyebar kemana-mana.

Itulah tips dan cara dalam memulai usaha soto ayam. Jika anda tertarik ingin membuka usaha ini, pastikan modal anda dan ikuti tips diatas. Semoga usaha anda berhasil dan selalu ramai pengunjung.

Tetaplah menjadi pelopor indonesia dalam pertahankan kuliner yang ada sejak lama agar semakin mendunia. Usaha soti ayam memang tergolong ringan, kunci utama agar cepat laris adalah dari segi pelayanan yang maksimal dengab cita rasa kulinernya yang mantap. (RP)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel