7 Peluang Usaha yang Menjanjikan di Pedesaan

Anginbisniss.com - Mungkin kita sering mendengar pendapat orang bahwa membuka usaha itu hanya cocok jika kita tinggal di perkotaan, karena dikota adalah tempat berkumpulnya orang dari berbagai daerah jadi otomatis keramaian konsumen akan lebih banyak di banding daerah perdesaan.

Namun tidak demikian, ternyata banyak sekali peluang bisnis yang anda bisa jalankan walaupun posisi berada di perdesaan asalkan anda punya kemauan, buktinya sering kita dengar banyak pebisnis yang tinggal di desa yang sukses dalam usaha yang digelutinya.

Apa usaha yang cocok di pedesaan?, Mungkin ini yang selalu menjadi pertanyaan bagi orang-orang di desa. Padahal masih banyak peluang usaha yang dapat dijalankan dengan mudah. Untuk mengetahui apasaja usaha yang tepat dan menjanjikan di pedesaan maka simak informasinya. Baca: 6 Bisnis yang Laris di Bulan Ramadhan

7 Peluang Usaha Yang Menjanjikan di Pedesaan

Nah, berikut ini kami akan berikan contoh peluang usaha yang bisa anda jalankan jika anda tinggal di perdesaan:

1. Membuka Toko Bangunan.

Usaha ini memang membutuhkan modal yang besar karena anda harus menyiapkan seluruh kebutuhan bahan bangunan seperti semen, pasir, batu bata, besi dan bahan bangunan lainnya. Namun jika anda tidak memiliki modal yang cukup anda juga dapat bekerja sama dengan teman ataupun keluarga dengan sistem join modal dan juga berbagi keuntungan.

2. Usaha Budidaya Ikan.

Usaha ini juga sangat menjanjikan jika anda tinggal diperdesaan. Anda bisa memanfaatkan lahan yang kosong untuk budidaya ikan. Namun sebaiknya anda survey terlebih dahulu seberapa besar kekuatan mangsa pasar dari berbagai jenis ikan juga anda harus tau harga pasarannya. Berikut beberapa contoh ikan yang bisa anda budidaya jika anda tinggal diperdesaan seperti : ikan nila, gurame, ikan mas, lele, belut, maupun ikan betutu dan ikan galah.

3. Membuka Usaha Pertamini.

Jika kita tinggal di pedesaan sering sekali kita sulit untuk menemukan pom bensin, walupun ada otomatis dengan jarak tempuh yang sangat jauh. Maka usaha ini sangat menjanjikan jika anda buka di desa mengingat banyaknya kebutuhan bahan bakar yang diperlukan oleh pengendara motor dan mobil.

Berikut gambaran modal jika anda ingin membuka usaha pertamini :
  • Harga pertamini untuk satu unit berkisar antara Rp. 3.000.000. Sampai dengan Rp. 5.000.000.
  • Modal awal 50 liter bensin jika harga perliter bensin Rp. 8.000 maka Rp. 400.000.
  • Untuk biaya lain-lain Rp. 500.000.
  • Maka jika ditotal menjadi Rp. 5.900.000.
Itulah gambaran jika anda ingin membuka usaha pertamini yang dapat anda jadikan sebagai contoh agar anda lebih mudah memahami bisnis ini baik dari segi moda, teknis, dan rincian keuntuntunganya. Usaha pertami memang sangat sederhana sangat cepat dibutuhkan. Mengingat kendaraan yang selalu membutuhakn bahakan bakar minyak membuat usaha anda akan cepat laris.

4. Membuka usaha salon atau pangkas rambut.

Jika anda tinggal di pedesaan dan anda bisa mencukur rambut usaha ini juga sangat menjanjika jika anda jalankan. Jasa cukur rambut sekarang sudah mencapai Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 15.000. Bayangkan saja jika dalam sehari anda mancukur 15 orang maka dalam sebulan pengahsilan anda mencapai Rp. 6.750.000.

5. Menampung Hasil Bumi.

Di pedesaan mayoritas penduduknya adalah tani, jadi sangat cocok sekali jika anda jalankan usaha ini. Anda bisa menjadi penampung hasil bumi seperti kopi, lada, cengkeh, pinang, cabe dan hasil bumi lainnya secara langsung dari para petani kemudian anda jual kembali kepada para pemborong lainnya.

6. Bisnis online.

Sebagai masyarakat desa harus mampu untuk menggunakan sosial media sebagai alat untuk berbisnis. Dengan bermodalkan satu buah HP anda bisa menggunakan jaringan internet untuk berjualan. Sebagai contoh anda bisa jual kerajinan tangan masyarakat desa seperti kain tapis anda bisa jual di sosial media seperti Facebook, WhatsApp, maupun Marketplace lainnya.

7. Warung Kelonting.

Warung kelontong memang cocok didesa, anda tinggal membuat kios dirumah anda. Modal buka usaha warung kelontomg juga tergopong standar. Silahkan anda canda coba, kreasikan dengan berbagai produk barang lainnya.

Itulah deretan usaha yang dapat anda jalankan terkhusus jika anda tinggal di pedesaan. Intinya adalah apabila anda mempunyai kemauan untuk berbisnis maka segera lakukan karena prinsipnya adalah yakin dengan penuh kerja keras.

Perlu anda ketahui bahwa seseorang yang sukses dalam dunia bisnis itu karena meraka ikhlas untuk berbuat serta mereka tekun dalam pengembangan diri meraka. Jika hal ini sudah anda lakukan yakin, maka bersiaplah anda hanya tinggal menunggu waktu untuk menikmati kesuksesan anda dengan cepat.

Disamping itu juga anda harus tetap slalu bersyukur agar kesuksesan dalam dunia bisnis ana selalu barokah dan selalu membawa kesejahteraan. Semoga bermanfaat untuk anda dan kita bersama (@arifandirson).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel