6 Langkah Membuka Online Shop Bagi Pemula

Apakah anda tertarik untuk berbisnis online shop?, Sudahkah anda pahami strategi paling efektif dalam menjalaninya agar tidak salah langkah?. Disini akan kita bahas mengenai hal itu. Kuncinya adalah perbanyak melakukan pengamatan dengan jeli mengingat saat inu sudah banyak online shop yang bertebaran di sosial media. 

Tak bisa dipungkiri bahwa, di zaman yang serba modern saat ini, hampir semua orang memenuhi kebutuhan belanja melalui gadgetnya. Apalagi untuk kaum perempuan, disetiap harinya mereka selalu menggunakan hp pintar untuk memenuhi keinginannya tersebut. Ibu-ibu pun semakin malas pergi kepasar, alasannya karna sudah bosan dan sudah ada alternatif yang lebih instan untuk mereka.

Pasar memang tak terlihat menarik lagi, wajar jika orang sudah enggan berbelanja dipasar. Selain harganya yang tak menentu, ditambah tempatnya yang kotor dan bau, kadang keselamatan pembeli juga menjadi terancam saat berbelanja dipasar. Sering terjadinya tidakan kekerasan dan kehilangan barang-barang berharganya. Hal itulah yang membuat kaum perempuan tidak merasa nyaman dan semakin malas untuk kepasar.

Keadaan ini akhirnya dimanfaatkan oleh anak-anak muda sekarang, mulai dari membuka online shop atau jenis bisnis online lainnya, yang bisa menjawab semua kebutuhan para konsumen. Mulai dari menawarkan barang dengan harga yang cukup menggiyurkan, serta diskon-diskon menarik disetiap harinya.

Adanya online shop juga disambut baik oleh masyarakat, mereka merasa terbantu dalam memenuhi kebutuhannya. Tanpa harus bersusah payah dan mempertaruhkan keselamatannya, mereka tetap bisa merasakan kepuasan dan memenuhi keinginannya.

6 Tips Membuka Online Shop Agar Tidak Salah Langkah Bagi Pemula

Untuk anda yang ingin membuka bisnis online shop, anda harus mempelajari cara berbisnis online yang benar agar nantinya bisnis yang dijalankan tidak berhenti ditengah jalan alis gulunb tikar. Tentu snagat disayangkan apabila hal tersebut terjadi yanh jelas akan membuat anda rugi.

Supaya bisnismu berjalan lancar dan keuntungan yang di dapat pun berlimpah, sebelum memulai bisnis online shop anda harus tau terlebih dahuku langkah awal untuk menjalankannya. Berikut 6 tips sebelum memulai bisnis online agar tidak salah melangkah hingga cepat sukses

1. Pahami target pasarmu

Karna yang membuka bisnis online ini sudah banyak, anda harus memahami situasi pasarmu agar produk yang akan anda pasarkan laku terjual. Jadi anda harus melihat disekitaranmu dulu, kira-kira produk apa yang belum ada dipasaran dan produk apa yang paling banyak dibutuhkan konsumen.

Walaupun produk online disekiranmu sudah banyak, pastikan jika produk yang ditawarkan berbeda dari produk mereka. Misalnya sudah banyak online shop yang berjualan jilbab, maka berikan kreasi atau motif-motif yang bagus dan menarik konsumen untuk lebih memilih membeli produkmu.

2. Membuat rekening khusus untuk online shope anda

Membuat rekening pribadi untuk online shope anda hal yang wajib anda punya. Jangan pernah mencampurkan rekening pribadi dengan rekening usaha, apa lagi jika meminjam rekening teman atau keluarga, karna itu akan mengurangi kepercayaan konsumen terhadap anda.

Siap membuka usaha online shop artinya anda harus siap segala hal, termasuk dalam menyiapkan rekening khusus untuk online shope anda. Karna semua transaksi yang akan anda lakukan pasti melalui rekening atau atm, jadi membuat rekening sangat penting untuk diutamakan.

3. Menjadi resailer atau berkerja sama dengan perusahaan besar

Untuk anda yang ingin memulai usaha online shop, anda tidak harus mempunyai modal yang banyak, cukup menjadi resailer atau tangam kedua dari perusahaan dalam menjual produk-produk mereka.

Anggap saja sebagai latihan dan langkah awal anda dalam memulai bisnis online shop, selain anda belajar cara memasarkan produk, anda mencari pengalaman agar nanti jika anda sudah mempunyai modal yang banyak, anda sudah siap dan matang dalam strateginya.

4. Membuat buku dagang

Untuk anda yang sudah memulai bisnis online shope, pastikan disetiap transaksi harus mencatat semua barang yang keluar. Jangan malas untuk mencatat, karna dari situ anda mengetahui siklus untung atau rugi bisnis yang anda jalani.

5. Gunakan media sosial sebagai tempat promosi anda

Mulailah akrab dengan media soaial, selalu posting produk-produkmu melalui aplikasi Whatsap, BBM, Line, Instagram, Facebook, Twitter dll. Supaya orang lain bisa mengetahui produk yang anda tawarkan. Jangan pernah bosan untuk memposting disetiap waktu, karna tidak menentunya kebutuhan orang, maka ada saatnya orang akan mencari promosian anda.

6. Utamakan kepuasan pelanggan

Kepuasan pelanggan harus menjadi yang utama untukmu, karna jika pelangganmu merasa puas dan nyaman, dia akan betah lalu akan kembali lagi untuk membeli produkmu.

Selalu jaga komunikasi baik dengan pelanggan, dan jangan pernah membuat pelangganmu kecewa. Karna kunci suksesmu ada pada mereka, karna dari merekalah pundi-pundi rupiah mu tercipta. Jadi itulah hal penting yang harus anda ingat, selalu sabar dan walcome terhadap Orang-orang baru.

Itulah 6 tips dari kami supaya usaha online shope anda semakin maju, bagi pemula wajib ikuti tips diatas aga ada tidak kagok lagi dalam menjalankan bisnis tersebut. Sulahkan pahami dan terapkan pada bisnis obline anda dengan baik.

Terus lakukan eksperimen dan temukan hal-hal baru yang bisa menunjang kelangsungan bisnismu. Semoga bisnis anda berjalan lancar, sehingga mendapatkan banyak keuntungan dan pastinya semakin sukses. (Roni Pandara)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel