10 Tips Usaha Kuliner Untuk Pemula

Anginbisniss.com - Usaha kuliner adalah jenis bisnis yang menguntungkan dengan jangka panjang. Banyak orang berbondong-bondong untuk membuka usaha dibidang kuliner. Karena hanya berbekal modal tanpa strategi maka tak lama usaha tersebut tutup.

Sebaikanya anda persiapkan sejak awal dengan detail jangan sampi tak ada titik temu. Ingat, usaha adalah
pekerjaan yang sangat tepat untuk mendapatkan pengahasilan yang continue dan pasti cepat meningkat.

10 Tips usaha kuliner untuk pemula

Walaupun kadang sebagian orang juga berfikir lama saat akan membuka usaha. Mereka bingung dalam persiapannya dan strategi yang akan dilakukan bagaimana. Nah, jika anda berniat untuk membuka usaha maka simak saja tips berikut ini:

1. Persiapkan modal

Sebelum membahas perlengkapan, hal utama yang mesti disiapkan adalah modal. Modal memang tolak ukur anda untuk membuka usaha. Jadi, hitung perkiraan modal yang wajib disiapkan untuk memulai usaha anda sedetil mungkin.

2. Tentukan usaha

Setelah anda mempersiakan nominal untuk modal usaha anda, maka langsung persiapkan mengenai usaha apa yang akan anda jalankan. Seperti contoh jika dibidang kuliner bagian apa yang akan anda ambil. Misal bisnis kuliner rumah makan, atau mie ayam ataupun bakso.

3. Logo usaha unik

Buatlah logo usaha yang unik dan menarik agar mudah di ingat pelanggan. Persiapka benner dan cantumkan nama brand anda. Biasanya para pengusaha kuliner dari yang terkecil sampai kelas atas pasti memiliki nama brand tersendiri.

Seperti contoh diambil dari nama panggilan anda atau buah hati anda. Misalkan dibagian jus "Indri Jus" atau "Bakso indri", dan sebagainya. Untuk masalah ini sangat mudah yang penting brand anda mudah untuk diingat oleh orang-orang sebagai pembeli.

4. Pastikan lokasi

Salah satu hal paling berpengaruh terhadap keberhasilan usaha anda adalah letak lokasi yang strategis. Artinya tak sembarang tempat anda jadikan tempat usaha tapi lihat dulu keadaanya. Jika situasinya strategis yang selalu dilalui banyak orang maka itu sangat tepat.

5. Konsep menarik

Konsep menarik ini seperti pernak pernik yang ada atau dalam penyajiannya. Selain itu seragam karyawan yang unik, cara karyawan melayani juga dengan ciri khas yang baik. Selain itu, buatlah citra yang baik saja agar pembeli betah dan merasa nyaman.

6. Pelayanan yang baik

Pelayanan yang maksimal membuat suasana nyaman. Jangan sampai sibuk sendiri hingga mengabaikan pembeli. Termasuk para karyawan yang mesti harus bersikap sopan santun dengan pembeli.

Hindarkan dengan wajah yang cuek, kesal atau muka datar. Berusahalah untuk tersenyum karena ini juga akan menarik perhatian pelanggan. Jika pelayanan buruk maka usaha anda akan sepi dan tidak laku.

7. Menu andalan


Anda juga harus mempersiapkan menu andalan anda. Artinya menu ini adalah paling utama usaha anda, contoh anda buka usaha rumah makan maka persialan menu andalan yang disukai banyak orang.

8. Tidak lelet pelayanan

Hindari pelayanan yang lama dan lelet sehingga pembeli harus pesan berulang-ulanga. Usahakan lengkap dengan petugas karyawan dari mulai pendataan pesanan yang langsung mengurus data menu dari setiap pengnjung.

9. Kepuasan rasa

Bisnis kuliner memang paling menonjol adalah rasa masakan atau makanan yang disajikan. Jika rasanya terlalu asin atau terlalu manis pasti pembeli tidak akan nyaman. Karena rasa dari usaha kuliner anda adalah salah satu kesuksesan bisnis anda.

10. Konsep promosi

Promosi disini anda dapat dengan mudah melakukan pengenal produk usaha yang akan dijalani. Seperti melalu website/blog dan sosial media yang khusus untuk promosi anda. Selain itu ,anda juga dapat bekerjasama dengan event kegiatan yang ada sebagai bentuk pengenalan bisnis anda.

Itulah 10 tips paling ampuh untuk anda yang ingin berbisnis kuliner. Cara diatas sangat berguna bagi pembisnis pemula. Banyak orang berbisnis kuliner dengan cara ini dan berhasil dengan lancar. Semoga setelah anda baca diatas dapat menambah informasi untuk anda semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel