Analisis Usaha Jadi Pemandu Wisata Freelance

Anginbisniss.com - Wisata memang sangat digemari setiap orang baik wisata alam dan pantai yang selalu digemari. Berlibur bersama keluarga memang sesuatu yang menyenagkan. Tak heran jika liburan tiba, banyak orang memanfaatkan waktu untuk liburan bersama kerabat dan keluarga besar.

Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi sehingga selalu banyak jumlah orang yang datang. Tempat wisata di Indonesia bukan hanya didatangi oleh wisatawan domestik tapi juga internasional. Adanya peningkatan pengunjung yang membludak dan selalu ada setiap saat. Maka anda harus mengambil kesempatan secara langsung.

Jika Anda suka traveling dan lebih baik lagi bisa berbicara bahasa asing, kenapa tidak memanfaatkannya untuk menjadi sebuah peluang usaha? Yaitu sebagai pemandu wisata. Baca juga: Siapa Bilang Hidup Di Kampung Tidak Bisa Sukses

Jadi pemandu wisata bisa dilakukan secara freelance juga sehingga Anda bisa melakukan kegiatan lain, misalnya kuliah atau bisnis lain.
Menjadi seorang pemandu wisata freelance sangat menyenangkan karena selain bekerja Anda juga bisa sambil refreshing. 

Akan lebih baik lagi jika Anda adalah penduduk asli dari sebuah daerah yang memiliki tempat wisata indah. Jadi Anda bisa lebih bisa memandu dengan lebih baik.

Analisis Usaha Menjadi Pemandu Wisata Freelance

Menjadi seorang tour guide freelance juga bisa menjadi ajang latihan sebelum membuka usaha tour atau travel. Dengan kemampuan memandu ini Anda bisa jadi pebisnis yang sukses karena tahu segala seluk beluk mengenai pariwisata. Lalu lebih tahu caranya memuaskan pelanggan.

Menjadi tour guide juga bisa mendatangkan keuntungan lain, yaitu memiliki banyak teman dan kenalan baru. Anda bisa menambah relasi dari luar kota bahkan luar negeri. Semakin banyak relasi maka akan semakin membuat Anda bisa mendapatkan keuntungan.

Pengahasilan Menjadi Tour Guide Wisata

Penghasilan rata-rata jadi pemandu wisata juga lumayan loh. Dalam sehari minimal Anda bisa mendapatkan uang 500.000 rupiah. Apabila dikalikan sebulan maka penghasilannya lumayan. Baca: Peluang Memulai Usaha Tanpa Modal Besar

Untuk masalah penghasilan memang sangat beragam, sebenarnya anda sebagai marketing yang sudah memasarkannya paket wisata yang sudah anda ajaka bekerjasama. Harga modal anda bedakan dengan harga jual anda. Sehingga keuntungan akan anda peroleh melalui 2 cara:

- keuntungan penjualan diluar modal
- keutungan berdasarkan persentasi sesuai perjanjian anda dengan pihak owner wisata dari harga modal.

Contoh menghitung keutungan bisnis tour guide;

Harga modal penginapan di suatu tempat wisata: 1 juta/malam dengan include yang sudah lengkap. Maka anda memasarkan ya dengan barga 1.2 juta misalnya. Nah keuntungan anda daei penjualan sebanyak 2 ratus ribu.

Sedangkan untuk menghitung persentasinya, misalkana anda sudah bekerjasama dengan owner wisata, setiap orderan anda mendapatkan 10%. Maka harga modal penginapan dari 1 juta tersebut anda mendapatkan hasil sebanyak 100 ribu. Jadi jumlahlan antara Rp.200.000 + Rp.100.000 maka keuntungan anda menjadi Rp.300.000.

Menjadi tour guide bisa termasuk pekerjaan yang sangat menyenangkan jadi Anda bisa bekerja dengan lebih santai. Memandu para wisatawan yang berkunjung untuk liburan membuat anda selalu refresing setiap memandu pengunjung.

Kelebihan Menjadi Pemandu Wisata atau Tour Guide

Kelebihan menjadi tour gudie/pemandu wisata adalah anda bisa jalan-jalan gratis. Jika banyak orang ingin berwisata dengan mengeluarkan dana yang banyak. Tentu berbeda bagi anda yang berprofesi sebagai tour guide. Untuk masalah jalan-jalan anda bisa tanpa mengeluarkan dana dan justru mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Selain itu banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang akan anda dapatkan. Untuk masalah pengahsilan jangan ditanya, sudah pasti mendapatkan uang. Anda bisa mendapatakan kenalan yang banyak dan memperluas jaringan dari setiap pengunjung yang anda pandu.

Banyak orang yang menekuni bisnis tour travel wisata mengawali karier dari tour guide. Setelah mereka memahaminya maka banyak yang langsung membuat bisnis sendiri. Usaha tour travel menyediakan jasa bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke suatu daerah untuk liburan.

Jika berkenan maka janagan bingung lagi, segera lakukan kerjasama kepada pihat owner wisata dan semangatlah dalam membentuk strategi agar bisa mendapatkan pengunjung yang lebih banyak.

Jika anda bisa melakukannya dengan tekun maka sudah dipastika penghasilan anda akan semakin baik. Inilah pekerjaan yang begitu disenangi para tour guide. Berwisata gratis, dapat penghasilan, dan sangat mudah dikerjakan. Jika berbicara masalah penghasilan sudah tentu besar. Untuk itu, silahkan mencoba..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel