Analisis Modal Awal Usaha Salon Kecantikan


Anginbisniss.com - Membuka usaha salon kecantikan termasuk salah satu bisnis dengan prospek yang menjanjikan. Oleh karenanya banyak orang yang perlu mendapatkan perawatan khusus supaya penampilannya menjadi lebih menarik. Ini menjadi salah satu peluang usaha yang tepat, sesuiai dengan tingginya permintaan orang.

Salon kecantikan dinilai lebih baik dibandingkan salon khusus potong rambut karena bisa mendatangkan lebih banyak pelanggan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya jenis perawatan yang ditawarkan. Baca: Tips Peluang Usaha Barbershop Untuk Pemula

Selain potong rambut, ada juga perawatan seperti rias wajah, creambath, spa, massage, pedicure, manicure, dan lain sebagainya. Semakin lengkap jenis perawatannya maka pelanggan akan semakin banyak datang. Jadi, saat konsumen datang, tinggal memilih saja apa yang mereka butuhkan di tempat usaha anda.

Selain mempersiapkan segala kebutuhan dan informasi mengenai cara membuka salon kecantikan, Anda juga harus memiliki informasi mengenai perkiraan modal usahanya. Jangan sampai modal yang siapakan sangat menipis karena tidak anda rincikan lebih awal.

Besaran modal yang diperlukan dapat ditentukan dengan berbagai hal mengenai salon seperti konsep, lokasi pemasaran, dan sumber daya manusianya. Apabila konsepnya adalah seorang kecantikan dengan perawatan lengkap maka modal yang diperlukan sangat besar. Oleh karena juga diperlukan banyak alat.

Perkiraan modal awal membuka usaha salon kecantikan

Sebenarnya modal yang dibutuhkan bagi anda yang memang sudah niat untuk membuka usaha ini, tidak terlalu berat. Apalagi jika anda memang sudah matang dalam berinvestasi. Semua usaha yang berkaitan dengan pertokoan pasti sudah anda persiapkan dan kaji jauh lebih dulu.

Namun setidaknya, pada artikel yang kami sampaikan ini cukuplah untuk menjadi refrensi bisnis anda. Apalagi bagi anda pemula misalnya. Silahkan saja menarik hal-hal yang kami cantumkan mulai dari modal, tips menjalankan, dan persiapan yang dibutuhkan sebelum memulai. Baca juga: Modal Awal Usaha Pangkas Rambut Bagi Pemula

Berikut ini analisis sederhana mengenai modal yang diperlukan untuk membuka sebuah salon kecantikan, dalam contoh ini untuk salon kecil.

Modal perlengkapan salon:
  • Kursi salon minimal 4 buah Rp 1.000.000
  • Sewa tempat minimal tiga bulan sekitar Rp 5.000.000
  • Cermin besar minimal empat buah Rp 1.000.000
  • Kursi tunggu pelanggan sekitar Rp 200.000
  • Steamer Rambut Rp 700.000
  • Steamer Badan Rp 800.000
  • 1 set sisir dan gunting rambut Rp 1.000.000
  • Tempat tidur untuk facial Rp 700.000
  • Tempat untuk mencuci rambut Rp 800.000
  • 1 lusin handuk kecil Rp 50.000
Jadi modal untuk peralatannya adalah sekitar Rp 11.350.000. Apabila ditambah dengan biaya operasional satu bulan untuk membeli kosmetik perawatan tubuh dan wajah produk untuk rambut gaji 1 orang karyawan listrik dan air juga biaya pemasaran maka model yang Anda perlukan adalah sekitar Rp 18.000.000.

Sekarang anda sudah mengetahui perkiraan modal untuk membuka usaha salon kecantikan, saatnya memulai dengan penuh semangat. Bisnis salon kecantikan memang menghasilkan keuntungan yang besar. Tinggal anda atur strategi dalam sistem pemasaran dan mangement konsepnya.

Tips Memasarkan Bisnis Salon Kecantikan

Agar usaha anda cepat booming dalam waktu dekat, tak salahnya jika melakykan penerapan dari berbagai strategi. Ini bertujuan disaat usaha anda dibuka, akan cepat mendapatkan pelanggan da keuntungan dengan cepat. Baca: Peluang Usaha Setelah Pensiun Dini

Berikut Tips Memasarkan Usaha Salon Kecantikan untuk anda:

1. Buat promosi melalui sosial media, buatlah akun usaha salon kecantikan dengan menampilkan logo aslinya.

2. Rangkul komunitas masyarakat umum, berikan promo yang semenarik mungkin.

3. Kerjasama dengan event perlombaan, anda sebagai dponsor dengan memberikan sumbangsih bagi para pemenang lomba untuk konsultasi di salon amda secara gratis.

4. Buatlah challeg atau kejutan dengan konsep menyebarkan logo usaha salon anda ke sosmed peserta yang mengikuti.

5. Buatlah konsep ruangan salon yang unik dan menarik guna memberikan kenyaman bagi konsumen.

6. Buatlah diskon khusus bagi yang sudah berlangganan. Selain itu, berikan bonus bagi yang sudah berlangganan lama dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian informasi mengenai usaha dan modal salon kecantikan. Silahkan anda pahami termasuk sistem penerapan agar cepat mendapatkan banyak pelanggan. Jangan lupa pelayanan yang ramah dan totalitas paling utama anda siapkan. Selamat mencoba..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel