Analisa Modal Awal Usaha Studio Foto


Anginbisniss.com - Usaha bisa dimulai dari segala hal yang kita suka, misalnya jika Anda suka mengambil foto maka dapat membuka usaha studio foto. Usaha ini memiliki prospek yang cerah karena banyak dibutuhkan.

Fotografer akan sangat dibutuhkan untuk mengabadikan berbagai momen istimewa seperti wisuda, pernikahan, kelulusan sekolah, maternity, dan lain sebagainya.

Ingin membuka usaha ini tapi butuh informasi mengenai modal dan keuntungan yang bisa didapatkan? Anda bisa mendapatkan informasi tersebut di bawah ini.

Modal Awal Usaha Studio Foto

Apabila Anda sudah memiliki modal kamera maka foto investasi tidak akan terlalu besar, 20 juta rupiah sudah cukup. Modal tersebut adalah biaya untuk investasi berbagai macam kebutuhan di studio antara lain:
  • Kamera DSLR dan lensanya yang kisaran harganya sekitar 13 juta rupiah. 
  • Tripod, lampu blitz, dan payung sekitar 4 juta rupiah.
  • Spanduk, brosur, dan papan nama sekitar 2 juta rupiah. 
  • Pembuatan website untuk memamerkan hasil fotografi dan promosi sekitar 1 juta rupiah.
Lalu untuk biaya operasional per bulannya Anda bisa menggunakan sekitar 3 juta rupiah. Yaitu keperluan biaya promosi, dan membayar gaji karyawan minimal dua orang.

Semakin besar project yang Anda ambil maka keuntungannya semakin besar pula. Contohnya untuk foto prewedding dalam satu paket minimal seharga 2 juta rupiah.

Oleh karena banyak yang menikah setiap bulannya maka mungkin Anda bisa mendapatkan minimal tiga orderan yang artinya bisa mendapatkan penghasilan sekitar 6 juta rupiah.

Kemudian untuk jadi fotografer pesta pernikahan minimal harganya 1 juta rupiah. Jika sedang “musim menikah” minimal Anda bisa mendapatkan omset 4 juta rupiah dalam satu bulan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel