Cara Buka Event Organizer Bagi Pemula

Anginbisniss.com - Bisnis Event Organizer (EO) merupakan usaha kreatif dibidang jasa yang menggelar atau menjalankan suatu acara. Misalnya jasa EO digunakan pada saat menggelar acara musik, seminar, hingga pernikahan baik sekala kecil maupun acara besar lainnya.

Keberadaan jasa EO sangat dibutuhkan supaya mampu menghendel berbagai macam acara. Tugasnya membantu klien yang ingin mengadakan acara namun tidak mempunyai waktu serta sumber daya yang memadai, maka disitulah peran Event Organizer.

Fungsi dari Event Organizer ialah membuat acara berjalan lebih baik dan lancar. Menangangi usaha EO diperlukan pengalaman dan sistem yang matang termasuk anggota tim yang solid. Sehingga apapun acaranya dapat tersaji dengan baik.

Cara Membuka Usaha Event Organizer Bagi Pemula

Ada beberapa langkah yang tepat bagi anda yang akan memulai bisnis event organizier sebagai usaha jangka panjang termasuk agar usaha ini dapat berjalan lancar dan sukses. Baca juga: 7 Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar

Dimana membuka jasa ini banyak dibutuhkan, khususnya acara-acara wedding, ulanga tahun, acara seminar, acara semarak, dan perlombaan lainnya.

Berikut cara memulai usaha Event Organizer:

1. Persiapkan modal awal

Modal disini cukup ringan, bisa modal sponsor atau sewa ke orang lain. Seperti peralatan yang dibutuhkan pada kegiatan yang akan digelar. Misalnya tarub, soundsystem, perlengkapan kursi meja, hiasan panggung, dan perlengkapan kebutuhan lainnya sesuai acara yang dibuat.

2. Persiapkan tim yang solid

Tim sangat berpengaruh terhadap kemajuan usaha anda. Apalagi bisnis bagian event organizer yang harus memiliki tim lengkap sesuai dengan tigasnya masing-masing. Jangan cari tim yang hanya menginginkan gaji saja. Tapi carilah yang kreatif dan ingin bekerjakeras secara tim.

3. Perluas jaringan/networking


Anda selaku pemilik usaha maka harus memperluas jaringan. Perbanyaklah komunitas dan kenalan baru agar lebih mudah mempromosikan dan memasarkannya.

Dengan adanya jaringan anda yang kuat maka bisnis event organizer tersebut akan mudah berkembang. Termasuk akan dibutuhkan oleh komunitas amdan rekan-rekan anda sendiri hingga akan terkenal di masyarakat luas.

4. Perbanyak belajar


Banyak belajar bukan berarti khusus untuk anda. Tapi anda harus mendorong seluruh tim untuk menciptakan kreatifitas dalam menutupi kekurangan-kekurangan yang pernah terjadi.

Banyak belajar dapat memberikan perkembangan kepada usaha anda. Ini bertujuan agar pelanggan anda tidak kecewa dan merasa puas dalam memakai jasa event organizer anda.

5. Penting terus lakukan evaluasi


Melakuka evaluasi juga sangat oenting disaat acara sudah selesai maka adakan pertemuan untuk tim anda. Apa kira-kira kekurangannya segera dibenahi. jangan sampai melakukan kesalahan secara terus menerus.

6. Jangan tolak hasil negosiasi

Salah satu kelemahan dari event organizer ini ketika dapat orderan dari konsumen. Sehingga terjadi tawar-menawar masalah harga. Sebagai saran saja untuk anda agar bisnis event organizer berhasil maka usahakan jangan berdebad masalah harga.

Jika pihak konsumen sudah menawarkan dengan harga akhir maka anda wajib mengalah. Jangan berpikir panjang langsung ambil. Utamakan kepuasan dan kenyaman mereka saat bermitra dengan anda. Sebab, jika mereka puas maka jasa EO anda akan segera mereka pakai kembali.

7. Berikan discount/harga spesial


Pentingnya memberikan promo kejutan kepada para konsumen. Ini slaah satu strategi yang dapat menghebohkan para pembisnis event organizer.

Jika biasanya harga yang ditawarkan reltif standar maka setiah akhir bukan atau dalam pertiga bulan berikan harga khusus dan berikan jangkan waktu promo. Ini bertjuan agar dapar menarik perhatian pelanggan, sehingga para konsumen akan langsung booking jauh-jauh hari.

Keuntungan Menenkuni Bisnis Event Organizer

Buka usaha event organizer belakangan ini cukup populer dan sangat menjanjikan apalagi jika anda memiliki banyak peluang networking yang dapat anda manfaatkan sebagai langkah awal untuk mengembangkannya.

Usaha event organizer sangat memuaskan apabila anda benar-benar berkomitmen untuk menggeluti usaha ini. Bekerja secara tim yang dikonsep dengan menarik.

Event organizer sangat dibutuhkan oleh setiap orang terutama yang akan menggelar berbagai kegiatan. ini dikarenakan event organizer merupakan sebuah jasa yang menangani masalah berbagai kegiatan, baik yang kecil maupun skala besar. Baca: Peluang Bisnis Kosmetik yang Sangat Menjanjikan

Untuk itu Anda harus lebih kreatif agar hasil yang Anda berikan kepada konsumen sangat memuaskan di saat berlangsungnya acara. Sehingga dampaknya, banyak client yang akan merekomendasikan EO anda tersebut ke banyak orang.

Jasa event organizer sangat banyak dan sangat bervariasi dimulai dari organizer pernikahan perlombaan dan acara acara formal lainnya. Melakoni bisnis ini perlu memiliki kreativitas yang kuat dan didukung tim yang hebat.

Demikian tips diatas semoga usaha event organizer anda dapat terus berkembang dengan cepat. Jangan lupa terus berikan kreasi yang unik dan menarik agar desian acara yang anda buat lebih megah dan tertata rapih. Selamat mencoba..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel