Rincian Modal dan Cara Usaha Bengkel Motor Untuk Pemula

Anda ingin memulai sebuah usaha namun bingung di bagian apa, sebenarnya yang harus anda lihat adalah bagaimana peluang di setiap harinya. Salah satu bisnis dengan peluang yang cepat yaitu usaha bengkel motor. Tidak bisa dipungkiri saat ini populasi motor per tahunnya sangat meningkat begitu juga penggunaannya dan pemiliknya pun sangat banyak. Ini kesempatan, dimana setiap bengkel akan dibanjiri motor.

Jika anda tertarik untuk membuka sebuah usaha di bagian bengkel motor ini, maka anda harus paham terlebih dahulu mengenai rincian biaya secara detail. Lihat orang-orang yang memiliki usaha bengkel motor selalu berhasil.
Apalagi saat menjelang bulan ramadan hingga idul fitri kebutuhan servise motor semakin meningkat. Coba lihat motor anda pasti membutuhkan service segala macam disaat mendekati idul fitri.

Untuk masalah tempat memang sangat menentukan, tapi yang penting bengkel tersebut berada dekat di pinggir jalan raya. Tidak mungkin kan jika buka usaha bengkel diarea perumahan. Selain itu, tentukan letak posisi bengkelnya.

Sebenar nya tak perlu luas-luas untuk merintis diawal. gunakan ruangan secukupnya saja. Tapi, jika anda memang sudah memiliki modal yang cukup tak salahnya langsung menyewa ruko atau kios-kios tertentu.

Selain itu, meningkatnya volume servis juga terjadi pada moment menjelang tahun baru. Hal ini dikarenakan posisi liburan jadi banyak orang-orang libur alias cuti awal tahun sehingga terpikir untuk segera menyervis motornya maupun mobil agar kondisinya kembali prima dan enteng di bawa berlibur.

3 Jenis Usaha Bengkel Motor

Usaha bengkel motor dibagi 3 jenis. Lihat dimana kesanggupan anda disesuaikan dengan modal yang dimiliki. Minimal selain modal anda juga memahami perbandingan 3 jenis bemgkel yang dapat anda pilih dengan tepat.

1. Bengkel motor umum

Bengkel motor ini yang hanya melayani bagian servis ringan dan berat untuk semua jenis merek motor apa saja yang bermasalah.

2. Bengkel motor spesialis khusus

Yakni sebuah usaha bengkel yang membuka servis juga namun tergantung tipe dan merek dari motor. Akan tetapi tanpa afiliasi dari Agen Pemengang Merek.

3. Bengkel motor custom melayani modifikasi motor saja

Bengkel jenis ini begerak khusus dibidang modifikasi. Misal penggantian bentuk motor mulai dari atas sampai roda. Termasuk penggantian body yang bermacam-macam.

Dalam melakoni bisnis bengkel motor sudah pasti memiliki tantangan yang sama seperti bisnis pada umumnya, yakni meliputi pelayanan untuk konsumen dan sistem operasional.

Namun, kali ini kita akan membahas dan mengupas seputar bisnis buka bengkel motor umum. Ini merupakan bisnis bengkel motor yang tergolong ringan dan sangat dibutuhkan banyak orang.

Selain itu, perlu anda pahami bahwa terdapat dua jenis peralatan yang sudah wajib anda persiapkan lebih awal yakni meliputi peralatan secara umumnya, seperti kunci, palu, gunting dan lainnya. Selanjutnya peralatan khusus seperti gerinda, bor, dan lain-lain.

Sebelum anda memutuskan untuk membuka usaha bengkel motor ini, maka perhatikan terlebih dahulu modal usahanya berikut ini:

MODAL AWAL BUKA USAHA BENGKEL MOTOR

Bisnis bengkel motor pada dasarnya dapat dilakukan di lahan yang sangat sempit sekalipun. Hanya dibuat gubuk/kios mini yang lengkap dengan peralatan bengkel pada umumnya. Penting adalah kesiapan modalnya. Salah satu modal yang harus anda persiapkan adalah sebagai berikut:

1.Rincian biaya sewa lahan dan peralatan:

Sewa kios/tempat selama pertahun: biasanya untuk ruko secara umum Rp 10 juta per tahun. Namun, tergantung tempat di hal ramai atau pula kondisi dari rukonya.

2. Rincian harga peralatan umum usaha bengkel motor:

  • Siapkan 1 set kunci T: kurang lebih modal Rp 200 ribu (Dua ratus ribu rupiah) dengan modal 1 set kunci diatas sudah posisi aman untuk pemula
  • Persiapkan 1 set kunci Y cabang, sebenarnya siapkan seadanya dulu minimal 3 biji: kisaran Rp 60 ribu (enam puluh ribu rupiah).
  • 1 set kunci pas ring, kisaran harga untuk kunci ini yakni: Rp 550 ribu (lima ratus lima puluh ribu rupiah). Tak perlu mempersiapkan secara banyak yang penting rincian kunci tersedia di bengkel usaha anda.
  • Selain itu, siapkan juga 1 set kunci ring: kisaran harga ambil sekitar Rp 200 ribu (dua ratus ribu rupiah). Untuk melengkapi kunci-kunci lainnya.
  • Jangan lupa siapkan 1 set kunci pas: Rp 450 ribu (empat ratus lima puluh ribu rupiah). Intinya masalah kunci ambil jenis-jenisnya saja. Ini bertujuan agar kunci-kunci hang dibutuhkan untu operasi tersedia secara lengkap.
  • Ada juga Kunci bintang: untuk harga hanya Rp 50 ribu (lima puluh ribu rupiah).
  • Kunci dan tangkai shok: modal kunci maacam ini ringian sekitar Rp 200 ribu (dua ratus ribu rupiah). 
  • Siapkan juga 1 set kunci L: hanya Rp 185 ribu, bisa lah. Mengingat harganya yang relatif murah. (seratus delapan puluh lima ribu rupiah). 
  • Penting wajib ada 1 buah Kunci Inggris dengan ukuran 45mm: harga ya yakni Rp 150 ribu (seratus lima puluh ribu rupiah). 
  • Siapkan 3 saja Kunci busi motor bebek kira-kira 3 jenis: untuk harga Rp 100 ribu (seratus ribu rupiah). 
  • Tambahkan juga 1 set obeng minus dan plus, untuk persiapan agar peralatan jadi lengkap: hanya Rp 120 ribu (seratus dua puluh ribu rupiah). 
  • Siapakan Obeng ketok: sekitar Rp 150 ribu (seratus lima puluh ribu). 
  • Tang jepit, : Rp 100 ribu (seratus ribu rupiah). 
  • Siapkan Tang steel: hanya Rp 100 ribu (seratus ribu rupiah). 
  • Siapkan pahat, Palu besi serta karet: harga hanya Rp 175 ribu 
  • Persiapkan Gergaji besi, alat ragum, Rp575.000
Diperkiran Total diatas: Rp8.600.000

3. Rincian Harga Peralatan khusus Bengkel Motor:

Alat yang dibutuhkan seperti segala jenis Gerinda, alat bor, dan Kompresor udara, diman totalnya sekitar Rp2.600.000

Total biaya peralatan diluar sewa kios: Rp8.600.000 + Rp2.600.000 = Rp11.200.000

Modal diatas diluar biaya sewa kios/ruko, selain itu belum di hitung untuk modal oli, pelumas mesin, dan biaya pembelian rak atau etalase untuk barang, termasuk mesin lainnya. Namun, dengan modal diatas anda sudah bisa merintis usaha bengkel motor setidaknya cikal bakal usaha anda sudah mulai terlihat.

Walaupun modal membuka usaha bengkel motor tergolong lumayan, tapia pengguna motor semakin banyak menjadi kesempatan anda untuk berusaha. Lihat saja berbagai permasalah motor akan lari ke bengkel/ tempat servis. Nah anda harus mengambil peluang ini segera, karena usaha bagian ototmotif yakni bengkel motor ini sangat menjanjikan dan dibutuhkan banyak orang.

Cara Bengkel Motor Ramai Pelanggan

Apapun usaha yang kita jalankan memang harus memiliki target, minimal selalu ramai  pelanggan. Seperti usaha bengkel motor yang dijalakan. Jangan sampai anda salah salam hal pelayanan dan hasil service yang tidak memuaskan.
Berikut rahasia sukses bengkel motor agar ramai pelanggan:

1. Pelayanan yang memadai

Maksudnya anda perlu menerapkan keramahan dalam melayani setiap orang yang melakukan service motor. Jangan sampai pasang muka cemberut, jangan sampai tidak memberikan informasi mengenai trend service atau perawatan motor yang baik supaya pelanggan anda nyaman.

2. Sistem Promosi

Mengenalkan bengkel usaha anda harus secara perlahan tapi tetap berikan ke konsumen yang menjadi target market bengkel anda misal anak muda, dan yang lainnya. Buatlah Promosi bengkel seperti pemasangan spanduk, banner sunblind, sms blasting, dan sebagainnya.

3. Buatlah sistem kejutan

Misalnya bagi pelanggan yang 5x melakukan service motor dibengkel anda akan mendapatkan gratis isi angin ban motir depan dan belakang. Berkreasilah untuk membuat calon pelanggan utama anda merasa nyaman dan puas dengan program tersebut.

4. Brand 

Setelah konsumen tertarget mulai mengenal, maka aktivasi selanjutnya ialah  kenalkan peralan service anda yang unggul. Misal dari cara service yang baik dan cara merawat alat-alat motorm disini berikan informasi yang baik dan meyakinkan supaya brand bengkel anda dinilai bagus.

Itulah sistem dan cara kerja buka usaha bengkel motor sebagai tambahan informasi bagi anda. Tidak ada yang rugi jika ingin memulai usaha karena paling berharga adalah pengalaman ilmu dibidang usaha bengkel akan semakin matang.

Jadi, membuka usaha bengkel sangat aman dengan prospek yang berjangka panjang. Walaupun anda bingung tak mengerti tentang otomotif namun ingin sekali memiliki usaha ini sangat gampang. Anda tinggal mengeluarkan modal dan mencari karyawan yang ahli.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel