Modal Awal Usaha Loundry Bagi Pemula

Anginbisniss.com - Anda berminat ingin membuka usaha bisnis laundry?, Tak salahnya Anda mencoba tips dan rincian modal yang harus Anda persiapkan pada bisnis laundry. Pastikan saja seperti apa strategi dan sistem yang akan anda terapkan untuk pelanggan.

Jangan sampai Anda sudah membuka bisnis laundry tapi tidak memberikan kesan yang baik kepuasan kepada para pelanggan yang datang ini merupakan Kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh pembisnis laundry. Baca juga: Cara Usaha Loundry Bagi Pemula dan Keuntungannya

Bisnis laundry ini hampir menjamur di setiap kota yang ada di seluruh Indonesia Tak terkecuali di daerah anda sendiri coba perhatikan di sekitaran Apakah ada yang membuka bisnis laundry atau belum. Maka anda harus memilih tempat yang sangat strategis hal ramai dan sangat dekat dengan perumahan apa kos-kosan.

Modal Awal Usaha Loundry dan Strateginya Bagi Pemula

Agar usaha bisnis laundry Anda berhasil dan sukses tidak salahnya jika anda membaca artikel ini hingga tuntas. Maka perhatikan langkah-langkah untuk memulai bisnis laundry:

1. Siapkan modal terlebih dahulu
Seperti biasa bisnis pada umumnya di mana harus memiliki modal awal ini merupakan salah satu cara untuk memulai bisnis apapun. Berikut ini perhatikan segala perlengkapan yang harus anda siapkan dalam menjalankan bisnis laundry antara lain sebagai berikut:

Perlengkapan seperti:
  • Mesin pengering sekitar: 10 juta
  • Mesin cuci kisaran harga: 3.5 juta
  • Setrika berikut timbangan: 500rb
  • Rak, meja, dan kursi: 550rb
  • Hanger, ember besar, dan jepitan pakaian: 200rb
  • Sewa ruko, dan pembuatan spanduk: 10,1 Juta.                    
Total modal utama: Rp28.50.000

Saran modal yang harus dipersiapkan sekitar 30 juta. Ditambah uang tak terduga, Itupun belum termasuk dalam kualitas barang yang akan anda beli untuk dan harga pun disesuaikan di daerah masing-masing.

2. Cara Memulai Bisnis Loundry
Setelah anda memahami tentang rincian modal yang sudah tertera di atas maka selanjutnya yang kita bahas adalah strategi dalam memulai bisnis laundry. Untuk itu perhatikan strategi yang harus anda lakukan berikut ini:

3. Pilih lokasi strategis
Apapun bisnis yang kita jalankan khususnya mengenai pertokoan kios maka yang harus kita utamakan adalah letak lokasi. Lokasi ini sangat mempengaruhi terhadap kemajuan dan keberhasilan bisnis anda, karena untuk menarik perhatian dan memperbanyak pelanggan lokasi juga sangat menentukan.

Cari lokasi yang sesuai dan tepat sasaran contohnya di sekitaran kampus, sekitaran perumahan, hotel, dan sekitaran kantor. Ini bertujuan agar masyarakat yang tinggal di daerah tersebut dapat segera melihat secara langsung usaha bisnis laundry anda.

4. Lakukan sistem profesional
Maksudnya di sini adalah berikan pelayanan yang maksimal terhadap pelanggan seperti halnya tepat waktu dan penuh keramahan agar memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan. Jangan sampai Anda salah melakukan hal yang membuat pelanggan kecewa baik itu cara, gerak-gerik ataupun tingkah laku.

Sebagai contoh disaat waktu melandri harus sesuai dengan jadwal kesepakatan. Hindari mempermainkan pelanggan dengan cara menunda berhari-hari pakaian yang tak juga diselesaikan. Selain itu kualitas cucian yang bersih dan wangi, hindari pencucian yang sepele dengan cara memperbanyak pengharum pakaian tapi disaat proses pencuciam yang tidak maksimal.

5. Penetapan harga yang tepat
Harga juga menentukan untuk kelangsungan dan kelancaran bisnis laundry, anda harus berhati-hati dalam menetapkan harga jangan sampai di atas standar harga secara umum. Lihat juga sasarannya apabila mahasiswa maka cukup berikan harga yang relatif murah.

Prinsip sebuah bisnis adalah lebih baik untung sedikit tetapi lancar dan banyak pelanggan nya ketimbang harus mendapatkan untung besar tetapi hanya sesaat. Jangan sampai Anda bersikeras untuk membuat harga semaunya tanpa memikirkan keunagan para pelanggan.

6. Berikan garansi
Memberikan garansi kepada konsumen sangat beragam salah satunya adalah memberikan keterangan apabila pakaian yang hilang akan segera diganti berupa uang atau dibelikan yang baru, tinggal pilih kesepakatan menurut pelanggan sendiri. Aturan tersebut tidak masalah jika dipasang di toko laundry Anda agar jelas dibaca oleh pelanggan.

Cara ini memberikan keyakinan kepada konsumen yang dapat menarik perhatian. Jadi, dalam pikiran setiap konsumen yang melakukan penitipan barang untuk dicuci mereka bisa berpikir bahwasanya di laundry Anda sangat profesional dan aman.

Jadi tidak ada perasaan yang akan dirugikan, sering sekali kesalahan semacam ini dilakukan oleh pembisnis loundry. jika anda sudab memulai usaha ini pastika janagn sekali-kali mengecewakan para pelanggan anda.

7. Lakukan ide yang kreatif
Ide kreatif Ini adalah cara Anda untuk bersaing dengan pembisnis laundry lainnya. Salah satu ide yang kreatif yaitu apabila biasanya setiap laundry hanya menerima barang yang diantar langsung ke toko. Nah, anda tinggal mencoba trik yang berbeda, lakukan jemput barang yang akan di laundry dan siap diantar kembali.

Tempelkan pengumuman di dinding toko laundry Anda agar dibaca pelanggan yang datang, jangan lupa cantumkan nomor telepon ataupun contact person yang dapat dihubungi setiap orang yang akan melakukan laundry di toko anda.

Jika datang perintah dari konsumen untuk mengambil pakaian yang akan dicuci, maka jangan buang-buang waktu lagi. anda tinggal meminta alamat jelas dan langsung bergegas menuju tempatnya.

Itulah informasi tentang bisnis laundry agar bisa cepat berhasil jangan lupa sampaikan informasi ini kepada teman-teman Anda, copy link artikel ini dan sebarakan ke sosial media anda. Terima kasih, Semoga bermanfaat (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel