9 Tips dan Modal Usaha Nasi Goreng Untuk Pemula


Anginbisniss.com - Bisnis usaha nasi goreng sangat tepat bagi anda yang hobby memasak, atau memiliki jiwa bisnis khususnya dibagian kuliner. Menggeluti bisnis nasi goreng ini sangat simple alias praktis. Hal ini dikarenakan tidak terlalu ribet untuk mempersiapkan bahan utamanya. Sebab, semua bahan bisa dengan mudah didapatkan dipasar-pasar tempat tinggal anda.

Berbicara mengenai Nasi goreng ini hampir semua masyarakat indonesia sudah mengenal dan tidak asing lagi dengan nama makanan jenis ini. kini nasi goreng juga sudah banyak di kembangkan oleh para pengusaha kuliner mulai dari menciptakan berbagai parian cita rasa, anek bentuk sajian, dan perpaduan menu masakan yang berbahan dasar nasi goreng.

Nasi goreng tidak hanya di kenal di indonesia dan di gemari oleh masyarakat indonesia saja, tetapi masyarakat dari negara-negara luar pun banyak yang menyukainya, tidak banyak dari mereka yang menjadikan nasi goreng sebagai makana pavorit mereka di indonesia, setelah mencobanya banyak diataranya yang langsung mengembangkannya dengan membuka bisnis usaha.

Berbeda dengan masyarakat indonesia kebanyakan meskipun ada juga yang memilih nasi goreng sebagai makanan pavorit mereka, biasanya nasi goreng oleh masyarakat indonesia dijadikan sebagai makanan alternatif saja, dimana ketika mereka sedang bosen dengan masakan rumah atau mereka yang tidak memiliki waktu untuk memasak, sehingga mereka lebih memilih untuk mencari nasi goreng.

Kecendrungan masyarakat indonesia yang lebih memilih membeli makanan siap santap/makanan jadi, di bandingkan dengan memasak sendiri. Maka dari sini terdapat suatu peluang usaha yang bisa kamu jalankan, yaitu jualan nasi goreng. Ini adalah alternatif usaha yang memiliki hasil juataan rupiah per/bulannya.

Berjualan atau memanfaatkan peluang usaha di bidang kuliner tidak pernah ada matinya, terutama di bidang kuliner nasi goreng dimana peminatnya yang tidak pernah sepi bahkan semakin bertambah setiap harinya. Jika buka usaha bisnis kuliner gampang sekali, apabila tidak laku dijual anda dan keluarga bisa menikmatinya dengan ceria. Jadi, tidak ada yang mubazirkan.

Jika kamu berminat untuk menjalankan usaha nasi goreng, sebelum kamu menekuninya untuk menunjang keberhasilan usaha nasi goreng kamu kedepannya, maka alangkah baiknya jika anda membaca dulu beberapa tips berikut ini dengan seksama.

Tips dan analisa modal awal usaha nasi goreng untuk pemula yang wajib anda lakukan
Nah, jika anda sudah komitmen untuk membuka usaha nasi goreng maka jangan ragu lagi. Cepat ambil peluang ini dengan baik, ingat bisnis itu jika ditekuni dengam sabar dan semangat maka akan mendapatkan hasil yang luar biasa. Begitu juga sebaliknya, jika setengah-setengah yaa,, pasti akan gulung tikar.

Biasanya seseorang yang buka usaha kemudian tutup alias gulung tikar, ada banyak faktor. Salah satunya yakni kurang pemahaman trik bisnisnya dan tidak fokus. Jadi, jika anda sudah siap dan yakin ingin memulai usaha ini, yukk simak rahasia dan langkah yang tepat berikut ini.

1. Memilih lokasi dan strategi penjualan.
Saat ingin memulai menjalankan usaha nasi goreng, hal utama yang harus kita pikirkan adalah menentukan lokasi dan stategi penjualan. Penentuan lokasi akan berengarus keberlangsungan usaha kamu, kamu bisa memilih strategi penjualan.

2. Memahami usaha nasi goreng.
Buat kamu sebagai pemula yang ingin terjun ke usaha nasi goreng, sebaiknya kamu bekali terlebih dulu tentang seluk beluk menjalankan usaha nasi goreng, setidak nya kamu mengetahui tentang teknik memasak nasi goreng yang baik dan benar. Serta resep-resep nasi goreng.

3. Menentukan waktu penjualan.
Nasi goreng akan terasa lebih enak jika di nikmati pada saat malam hari dengan suasana yang dingin, jika kamu ingin berjualan nasi goreng maka sebaiknya jalankan pada saat malam hari, dimana pada malam hari merupakan waktu yang tepat untuk masyarakat indonesia keluar malam, mencari makanan, dikarenakan pada saat siang hari mereka akan sibuk dengan pekerjaan mereka masing-masing.

4. Kombinasi usaha nasi goreng.
Tidak semua masyarakat yang datang hanya untuk mencari nasi goreng saja, kamu bisa mengkombinasikan usaha kamu dengan menu kuliner lain dengan sejenisnya, seperti menjual capcay, menjual mie yamin, dan kuliner sejenis lainnya. Hal seperti ini biasa di lakukan oleh para pedagang nasi goreng, baik di pedesaan maupun di perkotaan.

5. Persaingan usaha nasi goreng.
Seperti yang kita lihat sendiri bahwa persaingan usaha nasi goreng baik di perkotaan maupun di pedesaan sangat tinggi, bisa dengan mudah kita temukan di setiap sudut kota yang berjualan nasi goreng baik dengan sistem grobak maupun warung.

Nah, untuk mengatasi hal ini agar usaha kamu tetap berjalan, harus kretif dalam memikat pelanggan, seperti memberika menu nasi goreng yang unik. Misalnya nasi goreng jablay, nasi goreng pedes gila, nasi goreng spesial, nasi goreng jawa, dan nama nasi goreng unik lainnya.

6. Pelayanan yang baik.
Salah satu hal yang mempengaruhi kelancaran usaha dari bisnis seseorang ialah keramahan dalam melayani pembeli. Anda wajib pasnag wajah yang ramah, ceria, dan akrab. Agar anda lebih mudah mengingatnya maka terapkan 3s yakni senyum, sapa, salam. Dijamin pelanggan anda akan mabuk kepayang jika belanja nasi goreng di tempat anda.

7. Menjaga kualitas nasi goreng.
Menjaga kualitas tidak kalah penting juga dalam usaha nasi goreng, baik dalam menjaga kualitas rasa nasi goreng, kualitas pelayanan. Dan kenyamanan konsumen saat makan nasi goreng.

8. menjaga kebersihan tempat usaha.
Kesehatan konsumen adalah yang utama, perhatikan kebersihan di sekitar tempat kamu berjualan nasi goreng, agar para konsumen menjadi langganan kamu.

9. Menerima masukan yang diberikan oleh pelanggan.
Setiap orang memiliki selera rasa yang berbeda-beda, jika kamu ingin memiliki pelanggan tetap maka kamu harus menerima setiap masukan yang di berikan dari para pelanggan.

Nah setelah 9 tips di atas kamu baca, sekarang kita masuk ke analisa modal usaha nasi goreng, untuk memulai usaha nasi goreng bisa di bilang tidak terlalu besar namun memiliki ke untungan yang lumayan menjanjikan.

Yang perlu kamu perhatikan dalam penghitungan modal ini saya menggunakan harga di daerah saya, besar kemungkinan untuk harga beda daerah beda wilayah akan beda juga harga modal untuk menjalankan usaha nasi goreng.

Berikut analisa modal yang di butuhkan :

  • Gerobakjualan  Rp.1.250.000
  • Tenda jualan Rp.250.000
  • Peralatan memasak Rp.500.000
  • Peralatan makan Rp.300.000
  • Meja dan kursi Rp.500.000
  • Peralatan lainnya Rp.300.000

Maka total modal awal yang akan kamu butuhkan untuk mulai menjalankan usaha nasi goreng senilai Rp.3.100.000. Perhitungan ini masih terhitung dalam hitungan kasar, artinya bisa lebih dan bisa juga kurang dari itu.

Selain modal awal, masih ada biaya pengeluaran setiap bulan untuk pembelian bahan-bahan resep pembuatan nasi goreng seperti beras, bumbu pelengkap, daging kambing, minyak goreng, telur ayam, serta bahan-bahan pendukung lainnya. Besarnya biaya bulanan ini tergantung juga jumlah porsi nasi goreng yang akan kamu jual.

Potensi keuntungan bersih yang bisa didapatkan ketika menjalankan bisnis makanan dalam bentuk berjualan nasi goreng cukup besar. Jika harga per satu porsi nasi goreng kamu jual dengan harga Rp.10.000, Maka simak rincian keutungannya:

- 1 bulan mampu menjual sebanyak 600 porsi, berarti 10.000 x 600 porsi= Rp.6.000.000. (Enam juta rupiah). Ini akan anda dapatkan dalam 1 bulan, bisa saja lebih tergantung banyaknya pelanggan.

- Jika biaya bulanan yang dugunakan untuk membeli kebutuhan bahan, sekitar Rp.1.000.000 dan Gaji karyawan anda sekitar Rp.700.000, maka pengeluaran menjadi 1,7 juta.

Maka terjadi: Rp 6.000.000 - Rp 1.700.000 = 4.300.000. ini adalah penghasilan bersih selama satu bulan.
Bagaimana dengan penghasilan 4,3 juta ini, apa anda masih ragu-ragu untuk memulai usaha nasi goreng ?..hehee hanya anda yang tau jawabanya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..!! (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel