8 Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Rental Mobil


Anginbisniss.com - Rahasia sukses yang ampuh untuk menjalankan bisnis rental mobil agar cepat berkembang akan kita bahas disini. Sebenarnya cara ini tak banyak diketahui oleh orang lain. Jika anda serius memulai bisnis dalam penyediaan jasa seperti sewa/rental mobil, maka harus memiliki target yang besar. Jika target anda sudah tertanam dalam hati maka pasti konsep pemasaran yang baik akan selalu ada.

Diketahui bahwa bisnis usaha rental mobil ini sudah banyak dibuktikan oleh orang lain. Kebanyakan dari mereka sudah berhasil setelah menekuni usaha ini. Rental mobil hanya bermodal utama kendaraan saja, dimana tak akan anda matinya. Diketahui usaha rental mobil semacam ini merupakan bisnis yang memiliki prospek jangka panjang dan peluang yang besar untuk kedepannya.Tak heran, bisnis ini semakin berkembang pesat di indonesia.

Tahukah anda setiap saat hampir orang lain membutuhkan kendaraan untuk berpergian. Lihat peluang bisnis rental mobil saat menjelang hari raya idul fitri sudah pasti ramai dicari konsumen. Saat mudik lebaran tiba banyak di antara mereka memilih untuk rental mobil.

Bayangkan saja jutaan pemudik lebih identik menyewa/rental mobil agar lebih puas liburan. Disini dapat kita lihat bahwa bisnis penyedia jasa rental sangat bagus dan cukup menjanjikan dan dipastikan setiap saat para konsumen terus meningkat.

Tips Aman Memulai Bisnis Rental Mobil

Untuk memulai, setidaknya kita harus mempunyai mobil dulu. Tak perlu anda memaksakan diri jika sebagai pemula. Cukup dengan modal seadanaya saja yang penting fokus. Cari amannya jalankan terlebih dahulu dengan menggunakan 2-3 kendaraan, dengan berjalannya waktu serta di iringi dengan tekad anda bisa menambah kendaraan anda dengan hasil keuntunganya kedepan.

Namun, sebelum anda memulai untuk menjalankan bisnis jasa rental mobil, anda ketahui terlebih dulu beberapa tips berikut ini.

1. Tentukan Lokasi Dan Target Pasar.

Yang perlu anda ketahui sebelum menjalankan bisnis jasa rental mobil, anda menentukan target pasar dan lokasi terlebih dulu. Apakah tempat yang sudah anda tentukan tersebut di sekitarnya akan membutuhkan jasa rental mobil atau tidak.

Untuk menentukan lokasi sebaiknya cari lokasi yang strategis, karena ini juga akan berpengaruh dalam menentukan kelancaran bisnis atau tidak. Perlu anda pahami bahwa dalam pemilihan Lokasi wajib cari yang strategis. Contoh seperti di pinggir jalan yang ramai dengan lalu lalangnya kendaraan. Selaiin itu, anda juga dapat membuka usaha bisnis rental mobil langsung ditempat tinggal.

2. Perhatikan Kebutuhan Konsumen.
Setelah kita menentukan target pasar dan lokasi diatas, selanjutnya memperhatikan kebutuhan konsumen, jenis mobil seperti apa yang biasanya banyak di minati oleh para konsumen dan sesuaikan dengan tarifnya.

Jika menurut survei yang telah saya lakukan di daerah saya, dari beberapa tempat rental mobil. Mobil yang paling banyak di minati para konsunen adalah jenis mobil, avanza, xenia, dan innova. Ini diikarenakan, selain bahan bakarnya yang irit. Bawakan mobilnya juga terasa nyaman saat di bawa berpergian.

3. Hindari Mobil Bekas.
Menggunakan mobil bekas sebenarnya tidak jadi masalah untuk dijadikan modal bisnis. Tapi anda perlu waspada jangan sampai tidak dilakukan perbaikan mesian secara total agar tidak terjadi hal buruk seperti macet ditengah jalan, mogok, dan lainya.

Jika keadaan tersebut terjadi, maka semua pelanggan pasti merasa kecewa, sehingga tidak akan pernah lagi memakai jasa dari bisnis rental anda. Ini yang harus dihindarkan, jangan sampai hal ini terjadi dengan anda. Namun, sebagai saran jika anda memiliki banyak modal tak salahnya jika membeli mobil baru. Tapi jika tidak, pakai saja mobil anda lainnya yang masih bagus.

Misalkan anda membeli mobil yang baru, maka kelebihannya dapat mengurangi biaya perawatan selama beberapa tahun ke depan ,di bandingkan jika membeli mobil bekas. Selain itu, konsumen sudah pasti lebih memilih mobil yang baru dibanding yang bekas, karena masih nyaman dan namanya baru jadi keberuntungan.

4. Gencarkan Promosi.
Untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak lagi, meskipun bisnis jasa rentalan anda tidak pernah sepi, perlu anda lakukan selalu sistem promosi terus menerus. Ini bertujuan agar lebih banyak orang mengetahuinya.

Cara promosi juga berbagai versi, bisa langsung dan tidak langsung. Contoh promosi langsung yaitu: Sistem promos yang dapat di mulai dari orang-orang terdekat di kantor, komunitas, rekan bisnis, dengan membuatkan poster yang banyak. Kemudian contoh promosi tidak langsung yakni dengan memanfaatkan sosial media, dan media cetak maupun elektronik.

Jangan lupa agar lebih cepat berkembang, jalin kerjasama dengan event-event perlombaan. Dimana bisnis anda yang langsung menjadi sponsor tambahannya, atau juga kerjasama dengan pihak biro trevel yang disesuiakan pada kontrkak perjanjiannya.

5. Hindari Tindak Kejahatan.
Ini merupakan suatu hal yang penting untuk selalu anda ingat, agar bisnis anda terhindar dari tindak kejahatan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab. Tidak hanya sekali saja terjadi hal seperti ini oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab, karena kelalaian kita sendiri.

Perlu anda ingat bahwa bisnis ini memiliki resiko yang berbeda dari usaha lainnya yakni resiko yang cukup besar. untuk itu, anda harus terus selalu waspada disaat melihat identitas, dokumen asli atau palsu . Untuk cara pencegahan lainnya, jangan lupa pasang sistem GPS pada mobil, ini bertujuan agar anda lebih leluasa mengontrolnya langsung menggunakan smartphone setiap saat.

6. Tentukan Harga yang sesuai.
Harga menjadi sesuatu yang harus di perhatikan juga dalam bisnis jasa rental mobil ini. Sebaiknya, tentukan harga yang tepat dan sesuai berlaku secara umum. Hindari mempermainkan harga yang tak menentu, ini akan merusak pasaran dan otomatis pelanggan anda tidak akan memakai jasa anda lagi.

Jika pada umumnya untuk harga di hitungan perharinya dimulai dari waktu per 6 jam, per 8 jam, dan 12 jam, hingga 24 jam. Itu semua di luar biaya sopir dan BBM. Untuk masalah perawatan mobil itu diluar tanggung jawab konsumen. Untuk info harga, anda wajib selalu update selalu tiap saat. Seringlah berkomunikasi terhadap rekan-rekan anda yang juga memiliki bisnis rental mobil yang sama.

7. Asuransikan Semua Mobil.
Perluanya di asuransikan, karena kita tidak akan pernah tau watak dan tujuan konsumen secara keseluruhan. Selain itu, untuk menangani apabila mobil tersebut terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Seperti contoh kecelakaan, terjadi pencurian mobil oleh konsumen, dan bencana alam lainya.

Lakukan segera pendaftaran untuk di asuransikan. Seandainya terjadi sesuatu dengan mobil maka anda bisa mengajukan klaim langsung pada perusahaan asuransi. Begitu pula jika terjadi kerusakan biaya maka akan di tanggung pula oleh pihak asuransi tersebut.

8. Pilih sopir yang tepat.

Diketahui tidak semua konsumen pengguna jasa rental mobil yang memilih untuk mengendarai mobil sendiri. Seperti pada bisnis rental mobil pada umumnya dimana, biasanya ada juga para konsumen yang membutuhkan jasa sopir. Disini anda harus cermat dalam merekrut sopir, jangan sampai memiliki yang membahayakan konsumen, maka pilihlah sopir yang memiliki dokumen atau identitas mengendara yang masih berlaku dan jelas.

Rekrut sopir yang sudah jelas karakternya dan memiliki tingkat emosi yang rendah. Pilih sopir yang mengutamakan kenyamanan dan keselamatan, terutama bagi para konsumen. Sebelum memulai memberlakukan sopir sebagai pilihan yang tepat dari anda, maka lakukan pencerahan terlebih dahulu, berikan komitmen yang kuat dan tanamkan sikap profesionalitas.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas maka kesuksesan bisnis rental mobil anda  segera berhasil dan lancar. Cara tersebut sudah banyak dibuktikan oleh para pembisnis rental mobil yang sudah menikmati keberhasilannya dna sudah memiliki cabang yang banyak. Semoga bermanfaat, terimakasih. (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel