Tips Sukses Menjalankan Usaha Bunga Papan


Anginbisniss.com - Tips Sukses Menjalankan Bisnis Bunga Papan harus dengan strategi yang baik. Bisnis ini termasuk kategori jangka panjang mengingat barang dan pernak pernik nya tidak mudah rusak. Sulitnya mencari pekerjaan yang tidak terikat dengan waktu dan perusahaan saat ini sangat sulit untuk di temukan.

Sehingga membuat banyak orang bingung untuk memilih dan memutuskan pekerjaan apa yang harus di lakukan. apa lagi jika tidak di bekali dengan kemampuan atau skill. Tentu akan semakin susah untuk mememukan pekerjaan yang cocok, karena harus bersaing dengan yang lainnya, yang memiliki kemampuan dan skill.

Tidak banyak juga yang putus asa dan ada juga yang lebih memilih untuk berwirausaha, berwirausaha dan memiliki usaha sendiri di usia muda merupakan keinginan bagi setiap orang, banyak anak muda akhir-akhir ini yang lebih memilih untuk berwirausaha, hingga menghasilkan keuntungan perbulan nya mulai dari belasan hingga puluhan juta.

Tips Sukses Menjalankan Usaha Bunga Papan atau Karangan Bunga

Banyak usaha yang bisa di jalankan, hanya dengan modal yang minim, namun memiliki ke untungan yang sangat menjanjikan. Salah satu diantaranya adalah usaha bunga papan, bahasa kerennya florist atau di sebut juga dengan karangan bunga. Usaha ini menjadi solusi bagi mereka yang memiliki modal yang minim dan solusi sebagai pengusaha pemula. Dikarenakan untuk mumulai nya pun bisa dibilang tidak terlalu rumin, serta bahan bakunya pun mudah di dapatkan.

Seperti yang kita ketahui papan bunga merupakan sebuah rangkaian kata-kata atau kalimat yang di buat dari karangan bunga. Papan bunga ini pasti akan sangat di butuhkan dalam banyak acara, bahkan penggunaan bunga papan sudah menjadi tradisi dalam setiap acara, seperti acara pernikahan, wisuda, peresmian kantor atau perusahaan, ucapan bela sungkawa ketika ada kerabat yang meninggal, dan masih banyak lagi penggunaannya yang lain-lain.

Untuk memulai usaha bunga papan ada beberapa faktor yang perlu anda perhatikan agar usaha anda tetap berjalan dengan sempurna dan meraih kesuksesan pada usaha bunga papan yang akan anda jalankan, berikut akan saya jelaskan beberapa faktor tersebut di bawah ini.

1. Tentukan Target Pasar

Meski usaha bunga papan cocok untuk dilakukan di setiap wilayah baik di pedesaan maupun di perkotaan, namun akan lebih cocok jika di lakukan di perkotaan, dimana di perkotaan sering melakukan banyak acara. Seperti acara pernikahan, wisuda, seminar, pelantikan dan peresmian.

Jika melihat dari jenis acara seperti di atas, maka target pasar yang di pilih merupakan masyarakat dengan kelas ekonomi menengah ke atas, dimana masyarakat nya tidak terlalu sensitif denan masalah harga yang tinggi, tentunya juga sesuai dengan kualitas yang anda tawarkan.

2. Cara Merangkai Bunga

Yang perlu anda ketahui dalam menjalankan usaha bunga papan, maka anda harus tahu setidaknya mengerti cara merangkai bunga, jika memang anda belum tahu cara untuk merangkai bunga anda bisa kursus. Atau jika ingin lebih menghemat biaya, anda bisa pempelajarinya secara otodidak melalui internet atau video tutorial.

3. Mempunyai Kreativitas

Selain di butuhkan. tidak hanya sekedar bisa merangkai bunga saja, namun anda di tuntut juga untuk bisa merangkai bunga menjadi suatu rangkaian bunga yang indah, menciptakan kreativitas atau inovasi-inovasi baru, sehingga pesanan dapat di terima dengan baik oleh para konsumen.

Dalam merangkai bunga setiap pemesanan, sebaik nya anda tanya terlebih dulu tentang tema apa yang akan di bawakan, jika tema nya tentang pernikahan maka sesuaikan bunga dengan khas pernikahan, dan jika tema nya tentang wisuda maka anda bisa berimajinasi membuat rangkaian bunga sesuai dengan tema yang di bawakan. sehingga konsumen pun merasa puas.

4. Pengiriman Bunga

Usahakan dalam melakukan pengiriman di lakukak dengan tepat waktu, sebelum acara di mulai, karena tujuannya agar bunga-bunga tersebut bisa di lihat oleh rekan-rekan mereka yang mengadakan acara. Maka jika perlu lakukan pengiriman bunga sehari sebelum acara di mulai. Untuk menghindari hal yang tidak di inginkan di jalan atau tempat penempatan bunga penuh sehingga tidak memiliki tempat yang strategis.

5. Pemilihan Bunga

Keberhasilan dalam usaha bunga papan, tidak hanya terletak pada penempatan kata-kata yang pas. Namun juga dalam pemilihan bunga yang akan di pasangkan harus di perhatikan juga mulai dari warna dan kualitas serta berbagai macam jenis bunga.

6. Konsep Rekrut Karyawan

Jika memang anda tidak bisa melakukannya dengan sendiri, dan harus membutuhkan karyawan baik dalam pengiriman bunga maupun dalam merangkai bunga. Sebaiknya cari lah karyawan yang bisa untuk anda percayai. Rekrut karyawan yang anda kenal mulai dari keluarga maupun tetangga tempat anda tinggal.

Jika anda merekrut karyawan untuk merangkai bunga sebaiknya cari yang sudah pandai dan ahli dalam merangkai, agar anda tidak perlu melatihnya lagi. Nah jika karyawan yang di rekrut tidak bisa dan baru pertama, maka anda harus mengajar nya terlebih dulu.

7. Sistem Promosi

Setiap usaha yang di jalankan hingga mencapai puncak ke suksesan yang kita ketahui saat ini. tidak terlepas dari yang namanya promosi. Anda bisa melakukan promosi pada setiap usaha anda setiap bulan nya secara rutin. Banyak cara yang bisa di lakukan di era teknologi ini.

Simak Video Resiko Usaha Bunga Papan/Florist:
Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi. Mulai dari facebook, instagram, website atau blog dan lain sebagainya. Anda juga dapat bekerjasama dengan event-event perlombaan yang akan menjadi sponsor langsung untuk mengenalkan bisnis ini.

Demikan tips menjalankan usaha bunga papan diatas, selamat mencoba, jangan lupa informasikan tips ini kepada rekan-rekan anda agar mereka juga dapat menjadikan refrensi tambahan untuk mengembangkan usaha bunga papan mereka. Semoga bermanfaat (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel