Cara Memendekkan URL Atau Link Menggunakan Bit.ly

Anginbisniss.com - Pada artikel tutorial saya kali ini saya akan berbagi tutorial mengenai cara untuk memendekkan Link Atau URL Shortener. URL Shortener merupakan sebuah situs yang memberikan layanan untuk mengubah alamat atau memendekkan alamat situs baik website, blog, youtube, facebook, twitter, intagram, whatsApp dan lain sebagainya.

Alamat situs tadinya yang panjang dapat diubah menjadi lebih pendek dan simple. Salah tujuannya adalah agar alamat situs anda lebih simple dan mudah diingat. Apakah anda merasa kesulitan mengubah Link URL menjadi Bit.ly ? Mungkin karena pemahaman anda yang masih kurang dan perlunya refrensi tutorial yang tepat.

Nah, sebagai contohnya saya mempunyai URL atau Link yang panjang, seperti berikut ini: https://anginbisniss.com.html lalu akan diubah menjadi lebih pendek sangat gampang. Setelah dilakukan pengeditan menggunakan URL Shortener maka url yang tadinya panjang akan menjadi pendek seperti ini: bit.ly/2ILTYO dan kemudian selain itu, anda bisa mengedit URL yang panjang tadi menggunakan nama anda sendiri atau sesuai dengan keinginan anda seperti berikut ini: bit.ly/2angin_bisnis.

Sebenarnya ada banyak situs penyedia layanan jasa untuk memendekkan url seperti: goo.gl ada juga is.gd selain dari dua situs tersebut ada juga bit.ly anda bisa menggunakan situs layanan tersebut secara gratis alias tanpa biaya.

Untuk situs layanan jasa url Shortener yang satu ini. Tanpa memiliki akun dari bit.ly jika anda hanya ingin memendekkan link atau url saja, tanpa harus melihat detail statistik atau jumlah klik URL yang anda buat dan tanpa mengedit alamat url. situs url Shortener dari bit.ly juga bisa anda gunakan.

Namun jika anda ingin melihat secara detail jumlah klik url yang telah di share atau jika anda ingin mengedit alamat url yang telah di sediakan oleh situs bit.ly atau pilihan lain anda ingin menggantinya dengan alamat situs anda dan lain sebagainya, maka anda harus mendaftar atau membuat akun bit.ly terlebih dahulu. Bagaimana caranya?

Berikut cara untuk mendaftar atau membuat akun URL Shortener (bit.ly)

1. Kunjungi situs bit.ly melalui browser, opera mini, mozilla, chrome, dan lain sebagainya yang anda punya, lalu klik sign up for free.
2. Maka anda akan di alihkan ke menu berikutnya, disana anda bisa memilih mau mendaftar melalui google+, facebook, twitter, atau email. Jika anda ingin mendaftar melalui email maka anda harus mengisi username, email, password. Jika semuanya sudah di isi kemudian klik Create Account.
Sekarang anda sudah mempunyai Akun di Bit.ly, Lalu selanjutnya anda bisa menggunakan salah satu dari situs penyedia jasa URL Shorten (bit.ly). Jika sudah selesai akan tampil seperti pada gambar dibawah.
Untuk cara menggunakannya anda bisa login dengan akun yang telah anda daftarkan sebelumnya. Setelah anda Login lalu Klik Create Bitlink seperti tanda panah pada gambar di atas lalu akan muncul Pop up baru seperti gambar di bawah, Lalu anda Copy Paste url atau link yang ingin anda pendekkan.
Setelah anda Copy Paste URL yang tadi, berikutnya Klik Create dan anda akan mendapatkan URL yang sudah di pendekkan. Selanjutnya anda bisa Copy URL yang sudah anda pendekkan atau anda juga bisa langsung Share ke Facebook, Twitter, email, dan Social Media lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa edit Url dengan menggunkaan nama produk yang anda punya, tanpa menghilangkan bit.ly/ setelah itu tinggal klik simpan. Bagaimana sangat mudah bukan? Silahkan coba sesuai petunjuk diatas. Jika anda merasa info ini bermanfaat silahkan bagikan ke rekan-rekan anda ya. Selamat mencoba !


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel