Tips Sukses Usaha Steam Motor Dan Analisa Modal Awal


Anginbisniss.com - Ada beberapa cara untuk membuat usaha steam motor lancar, sebuah Rahasia sukses yang telah dibuktikan oleh banyak orang khususnya bagi pengusaha bisnis steam motor. Paha seperti steam motor ini layak untuk dipertahankan mengingat hampir setiap orang memiliki motor dan pasti membutuhkan pencucian melalui steam motor.
Menekuni usaha steam motor ini tidaklah sulit karena posisi bisnis ini hanya sebatas menyediakan jasa untuk membersihkannya saja. cara membersihkannya juga bisa dilakukan oleh anak-anak dan orang dewasa. Jika anda tertarik untuk membuka usaha steam motor ini terlebih dahulu ada memperhatikan apa saja perlengkapan yang harus dibutuhkan. Perlu Anda ketahui bahwa bisnis usaha steam motor sangat berbeda dengan usaha bengkel motor. Letak perbedaannya jika steam motor hanya fokus kepada pembersihannya saja jadi tidak menerima servis dan lain-lain. kecuali bengkel motor yang menyediakan jasa steam untuk steam motor.

Usaha semacam ini sangat menjanjikan, ditambah dengan kemajuan zaman penduduk yang semakin meningkat pengguna motor pun semakin banyak. Itu artinya anda jangan diam diri untuk segera mengambil peluang ini yakni membuka usaha bisnis steam motor.

Agar anda lebih semangat dan memahaminya. Untuk itu, mari simak persiapan yang harus anda perhatikan berikut ini:

1. Lokasi yang tepat sasaran.
Lokasi ini sangat menentukan keberhasilan sebuah usaha, termasuk bisnis steam motor yang anda jalankan. menacari tempat harus benar-benar teliti agar lebih strategis seperti di pinggir jalan, di sekitaran kampus, di tempat keramaian yang dekat dengan Pasar, yang pasti sangat mudah dijangkau oleh masyarakat luas.

2. Sistem pelayanan.
Setiap konsumen yang datang pasti menginginkan pelayanan yang baik, maksimal, dan memiliki kesan yang memuaskan. Jangan sampai ketika Anda melayani konsumen yang datang dengan wajah yang cemberut, cuek, bicara tak adanya, ditambah dengan hasil cucian motor yang kurang maksimal.

Hal yang harus anda tanamkan adalah memberikan pelayanan yang optimal dengan cara sopan, ramah, dan selalu memberikan senyum ceria. Apabila anda melakukan hal-hal yang membuat konsumen tidak nyaman dan dirugikan, siap-siap saja lama semakin lama usaha bisnis steam motor Anda akan mati. Ingat pembeli adalah raja Jadi anda wajib melayaninya dengan sebaik mungkin.

3. Fasilitas yang mumpuni.
Membuka sebuah usaha termasuk steam motor maka anda sediakan fasilitas yang nyaman. Ini bertujuan agar konsumen merasakan kenyamanan di saat melakukan steam motor di tempat anda. Salah satu caranya persiapkan tempat duduk khusus konsumen, memberikan hasil cucian yang bersih.

Untuk memanjakan konsumennya sedang menunggu motor sampai selesai dicuci, sediakan majalah atau koran di meja agar bisa oleh pemilik motor selanjutnya wifi gratis khusus untuk konsumen anda. Dengan cara ini pasti Konsumen akan betah berlama-lama dan pasti memilih steam motor Anda untuk dijadikan tempat langganannya.

4. Kualitas dan promosi yang baik.
Agar kualitas Anda terjamin maka di saat melakukan pencucian motor dan hasil yang bersih dan kinclong karena bagi konsumen sendiri kualitas selalu menjadi kepercayaan tersendiri. Selain itu para konsumen juga tidak memperdulikan masalah harga Mahal atau murah ya karena yang paling utama adalah kualitasnya, jika mereka puas pasti akan jadi langganannya.

Cara itu dapat menunjang keberhasilan dan kelancaran dari usaha steam motor Anda maka yang harus anda lakukan adalah memberikan promosi yang semaksimal mungkin. Baik itu melalui banner ataupun poster yang disebarkan melalui komunitas dan masyarakat, atau melalui iklan di termasuk memanfaatkan sosial media. Jangan lupa pasang banner sebaik mungkin dan sejelas mungkin agar banyak orang.

Demikian tips sukses menjalankan bisnis steam motor agar cepat berhasil. saatnya giliran anda membuktikanya. (*)

Modal utama untuk memulai usaha cuci motor
▪ Sewa tempat Rp. 1.500.000
▪ Renovasi untuk penempatan alat operasional 1.000.000
▪ Biaya beli alat operasional Rp. 8.300.000
(Yang terdiri dari).
-mesin jet cleaner
-kompresor angin
-mesin salju + selang
-Lap microfiber dua buah
-Single post lift motor
-Sepatu boot dua buah
-Spanduk
-Brosur
-Kanebo
-Sarung tangan dua buah
-Banner kecil 10 pcs
-Sikat, spon, kuas, lap, ember
-Banner Vertikal
-Kopler, Selang angin 10 meter,
-Air duster
-Kaos seragam
-Stempel
-Nota
-Kartu anggota
-Survey Lapangan
-Biaya lain-lain
TOTAL Rp. 10.800.000

▪ Biaya pengeluaran perbulan Rp.
(Yang terdiri dari ).
-Isi ulang salju
-Clear snow shampo
-Obat poles bodi
-Semir poles ban
-Sabun colek
-Air
-Listrik
-Bensin
-Biaya lain-lain
-Gaji karyawan dua orang Rp. 1600.000
TOTAL Rp. 4.385.000

▪ Keuntungan
Jika biaya jasa cuci motor anda jual dengan harga 8000/motor, selama 1 jam anda bisa mencuci 4 motor maka selama 8 jam bisa mencuci 32 motor, dan dalam sehari anda mendapatkan uang Rp. 256.000

Jika dalam satu bulan anda kerja selama 26 hari anda dapat menghitung pendapatan anda Rp. 256.000 x 26 hari maka anda dalam saru  bulan dapat mengumpulkan uang Rp. 6.656.000

Dalam satu bulan anda bisa mendapatkan uang Rp. 6.656.000 - biaya pengeluaran Rp. 4.185.000 = 2.471.000

Dalam satu bulan penghasilan bersin anda Rp. 2.471.000 dan anda hanya tinggal menggaji karyawan anda.

Cukup menjanjikan bukan, nah itulah informasi mengenai tips dan asumsi modal untuk memulai usaha cuci motor, yang perlu di perhatikan untuk harga alat operasional yang akan kita gunakan menyesuaikan dimana tempat anda tinggal dan kualitas yang anda gunakan karena beda wilayah akan beda pula harganya, semoga bermanfaat, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel