Peluang Usaha Pembuatan Tahu Yang Menguntungkan

Anginbisniss.com - Tahu makanan yang banyak mengandung gizi dan protein tinggi. siapa yang tidak kenal dengan bahan makanan yang satu ini hampir di seluruh pelosok indonesia mengenalnya, tahu yang berbahan dasar dari kacang kadelai yang telah di permentasi, sehingga menjadi bahan makanan favorit bagi masyarakat indonesia dan banyak di gemari oleh berbagai kalangan.

Tidak dapat di pungkiri Meskipun di setiap kota atau daerah terdapat pabrik tahu, namun untuk memulai peluang usaha pembuatan tahu masih sangat menguntungkan untuk anda tekuni melihat permintaan konsumen setiap harinya semakin meningkat seiring pertumbuhan jumlah penduduk.

Bahan Persiapan Mebuat Tahu
Untuk memulai usaha pembuatan tahu dengan modal yang secukupnya tidaklah susah hanya saja kita perlu ketekunan untuk memulai nya dan mengetahui cara membuat tahu yang dibutuhkan oleh konsumen. Berikut kami akan berbagi informasi tentang bahan serta peralatan yang di butuhkan dan cara pembuatan tahu.

▪ Bahan
Bahan utama yang di butuhkan dalam pembuatan tahu yaitu kadelai, pilihlah kadelai yang bermutu atau yang bagus, kondisi kadelai yang bagus akan membuat tahu lebih kenyal dan bergizi.

▪ Peralatan
Pelatanatan yang anda butuhkan untuk pembuatan tahu diantaranya panci, kayu pengaduk, baskom, ember, pasu, gayung, blender, tutup pengepres, cetakan tahu, kain blacu atau mori dan saringan. Di anjurkan untuk membeli peralatan yang berkualitas atau yang tidak berkarat. Untuk ukuran peralatannya sendiri anda bisa menyesuaikan dengan sekala produksi usaha anda.

▪ Cara Pembuatan
Pilih bahan kedelai yang berkualitas bagus. lakukan penyortiran pada kedelai untuk menyingkirkan kotoran-kotoran pada kedelai seperti batuan-batuan kecil, daun-daun atau kedelai yang cacat dan lain-lain.  Setelah selesai penyortiran lalu rendam kedelai dengan memakai air bersih lebih kurang selama 5 jam.

Setelah selesai perendaman cuci kembali kedelai dengan menggunakan air bersih yang mengalir agar lendir pada kedelai terbawa hingga bersih, kedelai yang sudah di cuci lalu di giling hingga halus, kedelai yang sudah di giling akan menjadi seperti susu kedelai, selanjutnya lakukan perebusan pada kedelai yang sudah di haluskan sampai mendidih, lakukan pengadukan terus menerus selama perebusan.

Jika rebusan kedelai yang sudah di haluskan mendidih lalu lakukan penyaringan menggunakan kain yang halus, endapan yang di saring di tampung di bak yang sisi dalamnya dilapisi bahan stainless.
Lalu lakukan pengepresan atau pemerasan hingga sari kedelai terpisah, selanjutnya jika proses pemerasan selesai pisahkan ampasnya, sari kedelai yang sudah tertampung lalu beri air dan tambahkan 3 ml asam cuka untuk 1 liter sari kedelai, tambahkan sedikit demi sedikit sembari di aduk perlahan. Tujuan pencapuran cuka pada sari kedelai menolong dalam pengumpalan sari kedelai.

Setelah pencampuran cuka selesai Kemudian diamkan kurang lebih selama 30 menit maka dengan sendiri sari kedelai akan terpisah menjadi calon tahu. Kemudian saringlah massa tahu dengan menggunakan serbet atau kain halus, dan peras hingga airnya keluar.

Kemudian susun pada cetakan dan tindih dengan pemberat untuk mengeluarkan semua air. Biarkan proses penindihan atau pemerasan kurang lebih selama 15 hingga 20 menit. Maka Tahu selesai dibuat dan sudah bisa untuk dipotong sesuai dengan selera, selanjutnya anda bisa melakukan pemasaran pada tahu buatan anda.

Untuk memasarkan usaha pembuatan tahu, anda bisa melakukannya dengan 3 cara yang efektip Yaitu :

▪ Menggandeng Agen atau Pedagang Pasar. Dengan cara ini anda tidak perlu repot mengantar tahu. Tentu mereka yang akan mengambil dari tempat produksi. Sehingga akan membuat biaya pemasaran relatif lebih sedikit.

▪ Memasok tahu pada Warung Sayur. Namun cara ini tidak efektif. Karena biasanya warung sayur hanya membutuhkan beberapa biji. Namun tidak ada salahnya anda melakukan pemasaran jenis ini.

▪ Memasok Pedagan Aneka Gorengan Tahu. Melihat banyak sekali cemilan yang terbuat dari tahu. Seperti tahu bulat, tahu krispi, tahu sumedang dan lain-lain. maka Anda juga bisa memasok para pedagang tersebut. Biasanya mereka membutuhkan pasokan yang kontinyu setiap hari dan jumlahnya yang cukup banyak.

Hal yang perlu di perhatikan saat memulai usaha pembuatan tahu adalah Strategi usaha Pembuatan Tahu anda, Jika ingin usaha pembuatan tahu anda dapat berjalan dengan lancar dan maksimal maka cara pengolahan membutuhkan peralatan yang berkualitas, selain itu juga rekrut karyawan yang mampu membuat olahan tahu dengan maksimal dan berkualitas.
Menjalankan usaha pembuatan tahu membutuhkan banyak strategis agar tahu yang kita jual disukai banyak kalangan. Permintaan akan semakin meningkat jika Anda mampu memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen.

Itulah sedikit info mengenai peluang usaha pembuatan tahu, semoga bermanfaat buat anda yang sedang merencanakan untuk memulai usaha pembuatan tahu yang sedang anda jalankan. Terimakasih. (Ed)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel