Tips dan Modal Awal Buka Usaha Studio Musik

Anginbisniss.com - Dalam merintis sebuah bisnis dengan membuka usaha studio musik perlu mengetahui beberapa tips sukses dan perkiraan modal awalnya. Studio musik adalah usaha yang menjanjikan karna saat ini dunia musik terus berkembang.

Hampir semua orang pasti menyukai musik dari banyak kalangan baik dari yang muda sampai yang tua. Akhir-akhi ini pula banyak bermunculan band-band baru mulai dari band yang terkenal hingga band yang didirikan dari hanya sekedar hobi saja.

Studio musik merupakan sebuah tempat yang sering di gunakan untuk latihan bermusik, biasanya tempat itu di gunakan oleh band band pemula. Karena band terkenal biasanya mereka sudah memiliki studio musik sendiri. Namun prospek usaha studio musik ini masih cukup cemerlang.

Maka untuk membuat studio musik diperlukan ruangan yang luas, karena membutuhkan banyak ruang untuk alat musik serta perlengkapan pendukung lainnya, Ukuran untuk sebuah studio musik yang ideal setidaknya membutuhkan lahan sekitar 4×5 meter.

Sebelum memulai usaha ini, anda harus mempersiapkan modal baik itu modal uang maupun modal ilmu, karena anda di tuntut benar-benar mengerti alat musik sebelum memulai usaha studio musik . Dan berikut ini bebera hal yang perlu di ketahui untuk memulai usaha studio musik.

Berikut adalah rincian biaya alat musik untuk membuka usahanya:
  • 1 Buah AC Rp. 2.500.000,-
  • 1 Set Drum Rp. 3.500.000,-
  • 1 Gitar Rythm Rp. 1.500.000,-
  • 1 Gitar Melody Rp. 1.800.000,-
  • 1 Gitar BassRp. 1.700.000,-
  • 2 Amplifier untuk Gitar @ Rp.1.000.000 = Rp. 2.000.000,-
  • 1 Amplifier untuk Bass Rp. 2.000.000,-
  • 1 Amplifier untuk Vocal Rp. 1.000.000,-
  • 2 Mic @ Rp. 50.000, = Rp. 100.000,-
  • 2 Efek Distortion untuk Gitar @ Rp. 200.000 = Rp. 400.000,-
  • Jack dan Kabel Audio Rp. 200.000,-
  • Peredam Rp. 2.000.000,-
  • Karpet Rp. 500.000,-
  • Stand Mic 2 buah @ Rp. 150.000 = Rp. 300.000,-
  • Stand Gitar 3 Buah @ Rp. 150.000 = Rp. 450.000,-
TOTAL Rp 20.050.000,-

1. Lokasi yang Strategis

Pemilihan lokasi merupakan salah satu hal yang penting dalam merintis suatu bisnis. Untuk menghemat biaya, Anda bisa memanfaatkan sebagian besar ruangan tempat tinggal Anda untuk dijadikan studio musik, namun jika Anda tidak memiliki ruangan Anda bisa menyewanya.

Pilihlah lokasi yang strategis, lokasi yang dekat dengan para konsumen seperti di sekitar kampus atau sekolahan, anda juga harus menyediakan tempat parkir ruang tunggu dan lain sebagainya.

2. Perlengkapan Alat Musik Untuk Studio Anda

Hal penting berikutnya yang harus anda perhatikan adalah spesifikasi alat musik yang akan anda gunakan. Ada tiga pilihan yang bisa anda pilih dalam membeli alat musik yaitu alat musik lokal (biasa), berlisensi atau original. Jangan terburu-buru dalam membeli alat musik, akan lebih baik anda sesuaikan dulu dengan budget yang anda miliki.

3. Promosi

Promosi merupakan hal yang sangat penting untuk memulai usaha. anda bisa promosikan studio anda dengan cara memberikan harga promo yang cukup murah, melalui banner, brosur pamflet, dan strategi promosi lainnya agar menarik minat konsumen. Promosi baiknya dilakukan tiap 1 bulan sekali untuk mencari pelanggan baru.

4. Ruangan

Jika membahas mengenai ruangan maka banyak yang harus anda perhatikan. Suara-suara di sekitar rumah sangat mempengaruhi kualitas musik yang dihasilkan, karena itu diperlukan peredam suara untuk studio musik. Pemilihan bahan peredam suara juga harus diperhatikan, karena kesalahan pemilihan dapat menimbulkan suara di mana-mana. 

Perhatikan juga pemilihan AC, karena suara yang ditimbulkan AC dapat mengurangi kualitas musik yang dihasilkan. Sebagai pelengkap kenyamanan, tambahkan studio dengan beberapa jenis furnitur furnitur minimalis, Sediakan juga sofa-sofa, meja dan bangku-bangku kecil yang nyaman dengan meja di sekitar studio.

5. Manajemen

Dalam menjalankan suatu bisnis sistem manajemen haruslah dilaksanakan dengan rapi, terutama itu dalam memanage keuangan. ini dikarenakan agar pemasukan dan pengeluarannya terlihat jelas.

Contohnya, pengaturan biaya penyusutan peralatan studio musik, operasional perawat musik, seperti penyediaan cadangan senar gitar, senar bass, stick drum dan lain-lainnya. Dan biaya telpon serta biaya listrik perbulannya. Semua ini sangatlah perlu di atur dalam satu manajemen yang teratur. selamat mencoba. (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel