Rahasia Merawat Tanaman Bonsai Biar Laku Mahal


Anginbisniss.com - Tanaman Bonsai sering kita temukan ditempat penjualan tanaman hias. Bonsai berupa tanaman kerdil, indah, unik, lucu dan bernilai seni Bonsai juga mampu hidup sampai berumur puluhan bahkan ratusan tahun. Merawat tanaman bonsai tidak sembarangan dimana membutuhkan vitamin pupuk sebagai vitamin.

Pada kegiatan pemupukan bonsai jelas berbeda saat kita memupuk tanaman dikebun atau dipekarangan rumah. Pemberian pupuk yang salah dapat mmebuat bonsai tumbuh terlalu subur atau tidak subur total. Harus menjaga bentuk dan ukuran bonsai. Jika berubah ukuran, maka tidak ada lagi nilai seni pada bonsai yang umumnya kerdil malah berbentuk aneh.

Cara Merawat Tanaman Bonsai Agar Tetap Mahal

Pohon bonsai ini bisa menyimpan cadangan oksigen yang cukup banyak sehingga ketika anda merawatnya, rumah anda terasa segar dan sejuk. Bonsai salah satu tanaman hias yang banyak digemari masyarakat indonesia.

Namun karena harga Bonsai ini cukup mahal sehingga biasanya Bonsai dimiliki  oleh kalangan menengah ke atas. Lalu bagiamana cara merawat tanaman bonsai agar tetap mahal?

 Lakukan perawatan rutin agar Bonsai dapat terus tumbuh serta tidak cepat mati. Anda harus rutin mengecek bagaimana pertumbuhan cabang, dahan, ranting dan juga batangnya. Jika terlihat dahan dan cabang tumbuh berlebihan, lakukan pemangkasan agar tidak menyimpang dan merusak kecantikan bentuk Bonsai.

1. Untuk Bonsai yang ditanam di Pot. Pot perlu diganti setidaknya setahun sekali. Penggantian pot bertujuan untuk mendorong pertumbuhan akar baru. Dalam pemilihan pot pilih Pot yang lebih besar untuk mengakomodasi pertumbuhan Bonsai perhatikan juga lubang yang memungkinkan kelebihan air untuk mengalir keluar dari pot, sehingga akar Bonsai tidak terendam air.

2. Bonsai harus disiram secara rutin, siram Bonsai dengan air secukupnya agar tidak mengakibatkan tumbuhnya jamur atau akar busuk. di sisi lain, Bonsai juga tidak boleh kekeringan.

3. Perawatan selanjutnya adalah pemberian pupuk, anda juga harus rutin memberikannya pupuk baik pupuk kimia, pupuk kompos, pupuk kandang, ataupun bahan organik lainnya. dalam setahun sebanyak 3 kali untuk pupuk kimia.

4. Bonsai harus mendapatkan keseimbangan yang tepat antara penyiraman dan paparan sinar matahari, karena terlalu banyak paparan sinar matahari malah dapat merusak Bonsai.

5. Tehnik Pemangkasan
Tidak ada yang bisa menjamin tumbuhan  bonsai akan selalu terlihat mempesona, dan enak dilihat. Ada kalanya disekitar bonsai ditumbuhi rumput liar yang bersarang, tumbuh cabang yang banyak, sehingga keberadaannya mengganggu bonsai baik bentuk dan pertumbuhanya. Tumbuhan sekitar bonsai tak terawat akan  ikut memakan nutrisi dari unsur hara pada tanah.

Untuk itu, perawatan tanaman bonsai  cukup penting diperhatikan secara detail.  Bersihkan rumput-rumput atau gulma yang tidak berguna sedini mungkin.

Penyiangan bisa dilakukan hanya dengan mencabut rumput liar dengan tangan. Jika Anda tidak ingin bonsai ditumbuhi rumput liar di sekitarnya, ada baiknya untuk meletakkan lumut hijau atau mos agar mengahalang tumbuhnya rumput lain.

Anda bisa mengambil lumut tersebut di tepi-tepi dinding parit atau selokan, kadang di pagar juga ada. Selain mencegah rumput tumbuh, lumut juga bisa menjadi indikator tingkat kelembaban tanah. Jika warna lumut kecokelatan, maka artinya tanah kurang lembab sehingga perlu disiram.

Itulah beberapa ulasan yang dapat kami bagikan semoga dengan adanya ulasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda, karna merawat Bonsai adalah suatu bentuk seni agar Bonsai tumbuh indah memukau dan enak di pandang. Terima kasih (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel