Modal Awal Buka Usaha Tempat Gym Bagi Pemula


Anginbisniss.com - Modal Bisnis Usaha Tempat Gym dapat anda simak pada artikel ini. Membuka usaha tempat olahrag Gym banyak manfaatnya. Sebuah trend baru dalam gaya hidup masyarakat perkotaan belakangan ini adalah sadar akan pentingnya kesehatan dan prilaku hidup sehat.

Sekarang tempat fitnes mulai berkembang di berbagai tempat di perkotaan besar maupun di daerah-daerah. Setiap laki-laki maupun mepempuan pasti menginginkan memiliki postur tubuh yang ideal, tinggi, dan berotot. Tentunya hal itu harus diimbangi dengan latihan yang rutin dan teratur. Baca juga: Cara Usaha Gym Di Kampung Dengan Alat Seadanya

Di dalam pusat kebugaran kita tidak hanya membentuk tubuh, tetapi juga berbagai olahraga lain yang menyehatkan seperti sepeda, angkat beban dan lain-lain. Ternyata, bisnis pusat kebugaran ini merupakan bisnis yang cukup menjanjikan karena menyajikan pasif income atau pendapatan pasif dengan biaya operasional yang tidak terlalu besar.

Tips Usaha Tempat Gym Bagi Pemula

Sebelum anda mulai membuka bisnis ini, maka perhatikan beberapa tips ampuh berikut ini:

1. Membeli peralatan fitnes
Bisnis fitnes membutuhkan modal yang cukup besar di awal, karena sudah seharusnya Anda membeli peralatan fitnes dengan kualitas yang baik. Membeli alat yang home use adalah kesalahan untuk Anda yang ingin membuka usaha fitnes dengan biaya operasional bulanan atau tahunan yang kecil.

2. Memilih lokasi

Lokasi yang Anda butuhkan sebenarnya tidak terlalu besar. Hanya dengan 65 sampai 80 meter persegi Anda sudah bisa membuka tempat fitnes dengan delapan sampai tiga belas alat yang tersedia. Untuk lokasi usaha fitnes akan lebih baik jika usaha fitnes Anda bertempat di perkotaan yang dekat dengan pemukiman penduduk atau perkantoran.

 Hal ini dimaksudkan agar para pelanggan usaha fitnes Anda nanti tidak merasa kejauhan, apalagi bagi jika jarak tempuh lokasi gym yang jauh dari tempat tinggal seseorang. Pasti akan mencari yang lebih dekat. Lokasi ini mencari tempat yang pantas. Jadi, para pelanghan tidak akan terlalu repot saat ingin berolahraga di tempat usaha fitnes Anda.

3. Desain dan fasilitas
Desain atau layout tempat fitnes juga sangat penting. Usahakan alat-alat fitnes tidak berkumpul di suatu tempat dan membiarkan tempat lain kosong. Akan lebih baik jika alat-alat fitnes tersebar diseluruh ruangan, tanpa melupakan ruang tunggu ataupun ruang istirahat dan kamar ganti. 

Perlu dipasang cermin besar di bagian utama tempat fitnes, dan cermin-cermin stAndar yang dipasang di berbagai sudut ruangan. Ini supaya aura ruang fitnes terbentuk. Cermin itu juga bisa berfungsi untuk mengukur seberapa besar hasil latihan pelanggan selama ini dalam membentuk postur tubuh mereka.

4. Tehnik Promosi
Promosi adalah hal dasar yang semestinya dilakukan oleh semua orang yang menginginkan bisnisnya menjadi berkembang dengan penghasilan yang terus meningkat. Promosi ini bisa lewat media apapun seperti media cetak ataupun media elektronik. 

Paling awal, Anda perlu memasang banner atau papan nama berukuran besar di depan tempat usaha ini. Papan nama ini dibuat agak besar dan diberikan tulisan yang berisi ajakan yang simpel saja angara lain, tampilkan logo usaha jika ada, nama tempat usaha, lalu alamat, slogan, dan kontak person yang bisa dihubungi. Ini merupakan informasi dasar bagi para pelanggan ketika mereka melewati tempat usaha gym Anda.

5. Inovasi yang unik

Seperti bisnis lain, Anda perlu inovasi untuk membuat pelanggan selalu ingat tempat usaha Anda dan memilihnya daripada tempat usaha lain. Begitu juga di bisnis fitnes, Anda perlu membuat inovasi yang beda dari tempat fitnes biasa. Inovasi yang bisa diberikan adalah berupa penyelenggaraan lomba-lomba fitnes, promo penyewaan alat, diskon member dan sebagainya.

6. Operasional waktunya
Jam Operasional sebuah gym biasa terdiri dari 2 shift. Shift pertama mulai dari jam 7:00 – 14:00, kedua dari 14:00 -21:00. Anda bisa menyesuaikan lagi dengan target member gym.

7. Staf sebagai kariyawan
Staff anda harus terlatih dan memiliki keramahan yang sangat tinggi. Staff yang tidak ramah dapat memberikan atmosfer yang tidak baikdi tempat anda. Anda membutuhkan 4 orang staff yang terdiri dari 2 orang trainer, 2 orang pengelola. Akan lebih sempurna bila ditambah 1 orang lagi sebagai petugas kebersihan.

Analisa Modal Awal Usaha fitnes/Gym 

Perhatika lebih jelas tentang persipan tahap awal yakni Investasi sebagai modal, yakninl sebagai berikut:
  • Peralatan fitness Rp. 65.000.000,-
  • Kelengkapan tambahan Rp. 29.500.000,-
  • Papan nama usaha Rp. 2.800.000,- +
Total investasi awal Rp 99.300.000,-
Proyeksi sebagai Pendapatan anda disetiap bulan:
  • Pendaftaran 45 member bar+ iuran bulan pertama @ Rp 145.000,- Rp. 6.525.000,-
  • Biaya Iuran bulana 50 orang @ Rp 95.000,- Rp. 4.750.000,-
  • Walk in guest 20 orang @ Rp 20.000,- Rp. 1.200.000,-
  • Penjualan minuman, suplemen,
  • Merchandise @ Rp 100.000,-/hari Rp. 3.000.000,- +
Total proyeksi pendapatan/bulan Rp. 15.475.000,-

Proyeksi untuk rincian biaya operasional:
  • Gaji instruktur senam Rp. 2.475.000,
  • Gaji supervisor fitness Rp. 1.000.000,-
  • Gaji kasir dan staff Rp. 2.200.000,-
  • Biaya listrik, telepon, dan air Rp. 700.000,-
  • Biaya lain-lain Rp. 1.000.000,- +
Proyeksi pengeluaran bulanan Rp. 7. 375.000,-
Setelah membahas rincian modal dan biaya operasionalnya, Mari simak pendapatan yang anda raih.

Ini Total Pendapatan Bersih Anda:
Rp 15.475.000,- – Rp 7.375.000,- = Rp 8.100.000,-/bulan

MEMUKUL:
Rp. 99.300.000,- : Rp. 8.100.000,-/bulan = 12,6 bulan

Bagaimana apakah anda tertarik untuk memulai peluang bisnis ini, ini bisnis yang tepat karena semakin meningkatnya pertumbuhan penduduk di indonesia yang terus bertambah, dimana waktu sebagian orang terkadang banyak di habiskan untuk bekerja di perkantoran sampai tak banyak memiliki waktu cukup untuk berolahraga.

Dengan adanya tempat gym tersebut sudah dipastikan akan menjadi tempat mereka membakar dan mengurangi kalori pada tubuhnya. Percayalah tempat gym atau fitnes sangat laris selalu dan tak pernah sepi. Mengingat sistem yang diterapkan melalui konsep member, jadi akan selalu ramai untuk tempat berolahraga. (*)
Baca juga:
- Cara Mengembangkan Usaha Fitnes/Gym
- Peluang Usaha Jus Buah, Rincian Modal dan Detail Keuntunganya
- Cara Buka Usaha Bengkel Motor Untuk Pemula Besera Rincian Modalnya
- Cara Buka Bisnis Apotek Bagi Pemula dan Keuntungannya
- Cara Cepat Mengembangakan Bisnis Apotek Agar Lebih Maju

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel