Cara Buka Usaha Restoran Bagi Pemula


Anginbisniss.com - Cara Membuka usaha restoran harus dengan cara yang bagus dalam mengatur konsep dan membuat strategi yang baik agar dapat memberikan kelancaran untuk kedepannya. restoran sebuah usaha dibidang kuliner yang menyajikan berbagai jenis makanan dengan varian rasa yang lezat dan enak.

Disaat ingin membuka restoran sendiri, seringkali yang ada di pikiran kita adalah ‘membutuhkan modal yang tinggi dan harus meiliki pengalaman banyak’. Hal ini sebenarnya tidaklah selalu benar, walaupun ada juga orang lain membuka usaha hanya dengan sistem kerjasama dan sebagainya.

Bisnis Restoran dan Perkembangannya Jika kita lihat dari perkembangannya, usaha restoran, café, resto atau sejenisnya memang sangat mengiurkan, kenyataan ini membuat banyak orang yang ingin menerjunkan dirinya secara langsung untuk memulai bisnis restoran ini, dimulai dari jenis warung, café, resto hingga memiliki restoran yang mahal dengan tatanan/konsep dan memiliki keunikan tersendiri.

Perkembangan bisnis ini memang sangat luar biasa cepat, kita dapat dengan mudah menemukan sebuah warung yang semula di kelola dengan sangat sederhana, kemudian suatu waktu menjelma menjadi usaha yang cukup besar sehingga sukses dan membuka cabang-cabang baru di berbagai kota lain. Nah…kejadian seperti inilah yang menjadi salah satu pendorong pertumbuhan bisnis restoran di pelosok kota di Indonesia menjadi cukup tinggi.


Anda juga dapat melihat perkembangan bisnis makanan dan minuman yang sangat maju di kota kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung atau dikota lainnya, Anda mungkin juga dapat merasakan perkembangan bisnis ini ketika Anda berada di beberapa pusat perbelanjaan atau Mall yang berdiri di setiap kota di Indonesia, dan begitu juga jika Anda melihat begitu menjamurnya usaha makanan di beberapa jalan strategis di kota Anda.
Berikut ini beberapa tips dalam memulai usaha restoran :

1. Tujuan anda
siapapun orangnya dalam memulai suatu bisnis atau usaha harus mempunyai tujuan yang jelas ( defined goal ) yang ditanamkan dalam hati, karena dengan tujuan inilah, seseorang yang sukses menjalani setiap langkahnya menuju tujuan tersebut. Mereka harus tetap fokus pada tujuan yang akan di capai.

2. Persiapan Mental
Menjadi pengusaha restoran yang sukses memang dibutuhkan mental yang besar. Dimana dalam menerjuni bisnis restoran, mental dibutuhkan ketika beberapa tantangan dan masalah mengintai usaha yang dijalankan.

Maka Anda harus memiliki mental yang kuat, dimana harus pantang menyerah, tidak takut gagal serta harus percaya diri dalam setiap keadaan dan setiap menjalankan usaha. untuk itu lakukan dalam memulai bisnis Anda dengan persiapan yang matang.

3. Buat Nama Restoran Menarik
Sebuah restoran akan mudah dikenal oleh banyak orang dari nama yang dimilikinya. Untuk itu buatlah nama restoran Anda semenarik mungkin dimana orang mudah mengingatnya. Buatlah nama restoran beberapa dari restoran lainnya. Sebisa mungkin memberikan nama restoran yang unik dan bagus serta memiliki cirihas tersendiri.

4. Jaga Kualitas Masakan
Menu-menu yang dihidangkan tentu harus tetap dijaga kulitasnya. Dimana kepuasan konsumen akan semakin lebih jika kualitas masakan pada restoran anda terus dijaga dan diperhatikan. 

Dimulai dari pembelian bahan baku masakan yang harus segar, berkualitas dan baik. Selanjutnya proses memasak yang harus sesuai dengan kriteria memasak terbaik dimana tetap menjaga kualitas rasa, kehigienisan, kesehatan makanan serta segi keamanan makanan.

5. Tentukan Pasar
Menentukan target pasar akan menjadi kunci bagi Anda untuk memposisikan “kelas” usaha restoran Anda. Jangan sampai Anda salah target, seperti harga yang ditawarkan tidak sesuai dengan “kantung” target pelanggan.

6. Lokasi
Dalam pemilihan lokasi ini merupakan hal yang paling penting dalam berbisnis, termasuk usaha restoran atau kuliner. Penentuan lokasi akan sangat menentukan kesuksesan pada usaha Anda.

7. Promosi
Jangan lupa untuk menyiapkan strategi promosi dan pemasaran untuk restoran Anda. Untuk menarik pengunjung pada saat pertama kali usaha Anda berjalan, bisa Anda siapakan media promosi melalui spanduk, pamflet, brosur ataupun melalui media digital.

Jangan lupakan juga, promosi dari mulut ke mulut merupakan promosi yang paling ampuh. Oleh karena itu, pelayanan yang memuaskan akan membuat pelanggan merekomendasikan tempat usaha Anda.

8. Manajemen Reastoran
Manajemen restoran sudah harus disiapkan sejak Anda melakukan perencanaan untuk membuka usaha ini, bahkan untuk jenis usaha restoran atau kuliner kecil sekalipun. Mengatur persediaan dan keuangan operasional adalah keharusan karena ini akan berpengaruh terhadap siklus hidup bisnis Anda. Gunakan software keuangan dan akuntansi untuk memudahkan mengelola usaha Anda atau bisa juga menggunakan excel.

Semoga beberapa dari tips diatas dapat membantu Anda dalam memulai usaha restoran ataupun usaha kuliner Anda. dan usaha lainnya. Semoga sukses. (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel